28 C
Jakarta
Jan 28, 2020.
Image default

Mengenal Telescopic Conveyor Jebsen & Jessen

Dukung efisiensi dalam proses pengangkutan batubara dari stockpile ke dalam kapal tongkang, Jebsen & Jessen memperkenalkan telescopic conveyor, teknologi penanganan material yang sangat fleksibel.

Kondisi industri batubara yang masih lesu saat ini menjadi kesempatan bagi perusahaan-perusahaan tambang untuk meningkatkan efisiensi dalam operasi mereka. Untuk penanganan material (material handling), misalnya, mereka harus beralih dari penggunaan truk-truk besar ke teknologi yang lebih efisien, yang nilai investasi dan ongkos operasinya tidak mahal, namun hasil kerjanya optimal.

 “Saat kondisi industri tambang batubara sedang menurun, ini menjadi kesempatan bagi customer untuk beralih dari peralatan material handling yang besar ke teknologi yang lebih efisien, yang bisa mengurangi nilai investasi, biaya operasi dan pemeliharaan, tetapi hasil kerjanya maksimal. Solusi itulah yang kami tawarkan,” kata Michael Nielsen, President Director PT. Jebsen & Jessen Technology Indonesia saat ditemui pada acara Mining Indonesia 2019 di Jakarta International Expo Kemayoran, Jumat (20/09).

Solusi yang dimaksudkan adalah dry bulk handling di sektor pertambangan. Salah satu solusi inovatif Jebsen & Jessen Technology untuk penanganan  material tambang adalah telescopic conveyor untuk pengangkutan (pemuatan) material tambang seperti batubara dari stockpile ke dalam tongkang.  Alat ini juga menyasar sektor-sektor semen, pembangkit listrik (power generation) serta terminal & pelabuhan.

Michael mengungkapkan bahwa Jebsen & Jessen menawarkan beberapa solusi terintegrasi untuk industri pertambangan, yang meliputi solusi-solusi dari fixed plant ke mobile plant, dump truck ke conveyor, dump truck ke telescopic conveyor, dari proses basah ke proses kering serta solusi-solusi after-sales service dari sistem unit terintegrasi hingga service monitoring system product secara otomatis.

Jebsen & Jessen Technology, kata dia, berkomitmen untuk terus berinovasi dan memperluas jajaran produknya, bekerja sama dengan merek-merek terkemuka di seluruh dunia, sehingga dapat menawarkan berbagai peralatan baru dan bekas pakai seperti produk-produk mobile & fixed crusher, mobile screen, telescopic conveyor, dan spare & wear parts.

Tidak hanya menggandeng Striker Crushing, Shaorui Heavy Industries (SRH-Metso), dan Hoverdale UK sebagai partner, Jebsen & Jessen Technlogy juga memperluas portofolio produk-produknya dengan memasok produk-produk seperti trommel screens dari MDS International, telescopic conveyors dari Thor Global, ship loading technology dari Bedeschi S.p.A dan belt scanning technology dari H-Sensortechnik.

Telescopic conveyor

Micahel mengatakan, yang terjadi selama ini, kebanyakan perusahaan tambang menggunakan alat-alat besar (truk) untuk mengangkut batubara, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Penanganan batubara dari stockpile ke tongkang, misalnya, banyak perusahaan menggunakan truk. Solusi yang ditawarkan PT. Jebsen & Jessen Technology Indonesia memungkinkan proses pemuatan yang cepat dari stockpile ke dalam lambung kapal (kapal tongkang), yang sering menjadi operasi yang mahal dan sulit selama ini.  

“Setiap kali Anda menggunakan truk-truk besar untuk mengangkut material, biaya operasionalnya mahal sekali karena Anda harus menyediakan banyak suku cadang, termasuk ban, menggaji banyak pekerja seperti operator serta mekanik dan sebagainya. Jumlah truk yang digunakan juga harus banyak, dan itu berarti nilai investasinya makin tinggi. Anda bisa mengurangi biaya-biaya ini dengan investasi teknologi telescopic conveyor yang kami tawarkan,” ungkapnya berpromosi.

Michael mencontohkan keterlibatan Jebsen & Jessen dalam salah satu proyek Dry Nickel Processing di Sulawesi. Di sektor batubara, perusahaan ini sudah memasang conveyor system pada sebuah proyek di Banjarmasin untuk memuat batubara dari stockpile langsung ke dalam tongkang. Bentuknya bisa fixed (fixed plant) dan juga mobile, bergantung pada kebutuhan pelanggan. Untuk yang mobile, panjang maksimal conveyor 60 meter, sementara kalau fixed conveyor bisa lebih panjang dari itu.

Jebsen & Jessen Technology Indonesia, dia melanjutkan, membuat teknologi Dry Bulk Handling selalu tersedia di Indonesia yang dapat membantu para customer meningkatkan efisiensi dan output usaha mereka. Teknologi yang ditawarkan tersedia di Indonesia, termasuk parts dan services serta tenaga-tenaga ahli lokal.

Dalam hal after-sales services, Michael menjelaskan, Jebsen & Jessen memiliki tiga keunggulan utama. Pertama, ketersediaan spareparts, baik yang fast moving maupun yang slow moving, semuanya tersedia di Indonesia.  Kedua, Jebsen & Jessen memiliki kantor-kantor cabang yang memberikan servis di Indonesia. “Mengapa kami membangun jaringan servis di berbagai kota, karena kami ingin berada semakin dekat dengan para customer. Kami memiliki cabang di Medan, Padang hingga Timika di ujung Timur. Kami  hadir di seluruh wilayah Indonesia karena pelanggan-pelanggan kami tidak hanya berada di Jakarta tetapi banyak yang berada di daerah-daerah terpencil yang jauh dari Jakarta. Kami harus selalu berada dekat dengan para pelanggan,” dia menjelaskan.

Ketiga, Jebsen & Jessen menawarkan contract maintenance. Kalau pelanggan membutuhkan contract maintenance, kata Michael, mereka bisa pilih dari berbagai opsi yang tersedia. “Kalau mereka minta mesin-mesinnya di-overhaul setiap tiga bulan, kami bisa sediakan jasa itu, dan seterusnya. Jadi, Jebsen & Jessen tidak hanya menjual mesin melainkan menawarkan berbagai berbagai solusi yang membuat para pelanggan nyaman menjadi mitra bisnis dan benar-benar menjadi investasi yang menguntungkan.”

Michael menyimpulkan, para pelaku industri tambang di Indonesia sudah saatnya mengutamakan efisiensi dalam proses pengangkutan batubara maupun mineral dengan menggunakan teknologi yang lebih simple tetapi sangat produktif seperti telescopic conveyor ketimbang truk-truk besar. Telescopic conveyor dapat mengurangi banyak biaya karena ukurannya kecil sehingga penggunaannya sangat fleksibel, dan satu unit telescopic conveyor dapat menggantikan banyak truk. 

Telescopic conveyor adalah investasi yang sangat menguntungkan karena proses instalasinya tidak serumit seperti pemasangan conveyor konvensional, dan tidak memerlukan banyak infrastruktur seperti jika customer mengoperasi banyak unit truk. Solusi yang kami tawarkan ini dapat dengan cepat dan mudah memindahkan material tambang dari stockpile ke lambung kapal,” kata Michael menyimpulkan. #

Related posts