27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Mengintip Cara Kerja “Tomra Visual Assist”

Tomra memperluas servis-servisnya di sektor pertambangan dengan memperkenalkan perangkat Augmented Reality baru: Tomra Visual Assist. Bagaimana cara kerjanya?

Tomra Visual Assist (Foto: Tomra)

Tomra memanfaatkan potensi digitalisasi dengan menawarkan layanan digital untuk membantu operasi-operasi tambang meningkatkan efisiensi dan profitabilitas. Penawaran yang paling anyar adalah peluncuran perangkat augmented reality baru untuk bantuan jarak jauh, Tomra Visual Assist.

Kondisi pasar yang semakin menantang menuntut perusahaan-perusahaan tambang meningkatkan kinerja lingkungan, efisiensi, dan keselamatan dalam operasi-operasi mereka. Salah satu solusinya adalah beralih ke digitalisasi dan analitik canggih.

Data-data yang direkam di area tambang memberikan wawasan yang berharga, yang memungkinkan mereka membuat keputusan-keputusan strategis berdasarkan fakta, menyempurnakan berbagai proses, mengurangi waktu henti (downtime), menekan dampak lingkungan, dan meningkatkan keselamatan. Virtual Reality dan Augmented Reality terbukti berguna dalam pelatihan dan pemecahan masalah di tempat.

Sektor tambang sedang dalam tahap awal digitalisasi, tetapi krisis Covid-19 telah secara dramatis mempercepat proses tersebut karena perusahaan-perusahaan tambang telah mencari solusi-solusi untuk melindungi karyawan-karyawan mereka dan mengatasi pembatasan mobilitas untuk mempertahankan penjualan dan dukungan layanan yang efektif kepada para pelanggan.

Misalnya, pada Oktober 2020, perusahaan konsultan Manajemen McKinsey menulis bahwa perusahaan-perusahaan tambang yang berusaha mengurangi dampak pandemi telah mulai merelokasi sekitar 15 hingga 20 persen tenaga kerja dengan mendirikan “menara kontrol” untuk memfasilitasi kerja jarak jauh. Perusahaan itu mencatat minat baru pada pusat operasi jarak jauh yang dibangun di atas kemampuan kerja jarak jauh, dengan beberapa perusahaan menerapkan sistem berbasis cloud yang memungkinkan pengumpulan dan analisis data-data tambang untuk mendukung keputusan-keputusan yang akan diambil.

Proses digitalisasi akan terus berlanjut, karena semakin banyak perusahaan-perusahaan tambang yang menyadari potensi besar dalam keuntungan operasional dan finansial.

Tomra Sorting Mining

Tomra Visual Assist merupakan solusi digital dalam mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan data dengan aman mengikuti praktik terbaik keamanan data.

Tomra menerapkan pendekatan holistik untuk membantu para pelanggan membuka potensi digitalisasi, dengan layanan-layanan digital yang mencakup seluruh perjalanan pelanggan – mulai dari dukungan penjualan dan konsultasi teknis hingga layanan dan pelatihan jarak jauh. Semua solusi digitalnya mengumpulkan, mengelola, dan menyimpan data dengan aman mengikuti praktik terbaik keamanan data.

Platform data berbasis cloud, Tomra Insight, mengubah mesin sortir menjadi perangkat terhubung yang menghasilkan data proses yang berharga, yang dikumpulkan hampir secara real-time dan dapat diakses dengan mudah di komputer desktop atau perangkat mobile. Hal ini  mengubah penyortiran menjadi alat manajemen strategis yang membantu prosesor hampir secara real-time dan retrospeksi.

Di satu sisi, operator-operator mesin dapat mengambil tindakan cepat untuk menanggapi perubahan komposisi material di jalur. Di sisi lain, para manajer dapat membuat keputusan-keputusan operasional dan bisnis berdasarkan informasi yang lebih lengkap. Mereka juga dapat membuat perbandingan yang lebih akurat antara beberapa lokasi atau jalur, dan memantau operasi-operasi yang sulit dijangkau dari jarak jauh.

Tomra terus mengembangkan portofolio layanan-layanan digitalnya, dan sekarang memperkenalkan perangkat Augmented Reality baru untuk bantuan jarak jauh, Tomra Visual Assist. Perangkat ini memungkinkan pakar-pakar jarak jauh untuk memberikan dukungan spesialis kepada para pelanggan atau Field Service Engineer Tomra di lokasi.

“Tim servis kami mencakup area-area yang luas, umumnya dengan satu hub per benua, jadi memberikan pemecahan masalah, pemeliharaan, dan panduan dari jarak jauh bisa sangat membantu,” jelas Klaus Berns, Kepala Layanan di Tomra Sorting Mining.

“Ini memungkinkan kami menjadi lebih efisien dan memastikan respons yang cepat. Jika pakar teknis berada jauh, pelanggan tidak perlu menunggu feedback yang kualifait  dan mendetail. Beberapa tambang sangat sulit dijangkau, misalnya di dataran tinggi, 4.000 m di atas permukaan laut, atau di iklim yang keras dengan suhu di bawah nol. Dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan waktu 2 atau 3 hari perjalanan sampai ahli teknis tiba di lokasi. Tomra Visual Assist dapat menghemat waktu, dan perjalanan yang panjang dan sulit.”

Tomra Visual Assist dapat digunakan pada perangkat standar seperti ponsel atau tablet, tetapi juga dengan alat canggih seperti Smart Glasses (Kacamata Cerdas), yang memberikan pengalaman Augmented Reality, sehingga teknisi di lokasi dapat mengikuti panduan ahli jarak jauh, bekerja dengan keamanan maksimal.

“Tomra Visual Assist juga dapat membuat perbedaan besar untuk operasi-operasi berlian di mana peralatan berada di area merah, di mana ponsel atau kamera tidak diperbolehkan, karena kami dapat menggunakan headset yang terhubung ke jaringan lokal,” tambah Klaus Berns.

Tomra juga telah memanfaatkan teknologi digital untuk memberi perusahaan-perusahaan tambang Virtual Demonstration dan Test Solution untuk memungkinkan mereka menguji solusi-solusi penyortiran pada sampel-sampel  tanpa meninggalkan kantor mereka. Dengan memberi mereka akses jarak jauh ke Test Center di Wedel, Jerman, yang memiliki kemampuan untuk semua aplikasi, hal ini memungkinkan mereka mengidentifikasi solusi penyortiran terbaik untuk tambang mereka, mendiskusikan opsi-opsi dengan para pakar Tomra, dan membuat keputusan berdasarkan fakta.

Tomra juga secara proaktif terlibat dalam menyebarkan pengetahuan tentang potensi solusi-solusi penyortiran berbasis sensor dalam penambangan melalui webinar-webinar yang diselenggarakan secara reguler. Sesi ini mengeksplorasi berbagai teknologi, membahas aspek keuangan dan teknis, dan menganalisis bagaimana mereka dapat menambah nilai pada berbagai operasi penambangan yang berbeda. (Sumber: Tomra)

 

Related posts