34.8 C
Jakarta
Nov 26, 2020.
Equipment Construction EQ Top News

Mengintip PC200-8M1 – Excavator Tangguh Untuk Pekerjaan Material-handling

Excavator Komatsu PC200-8M1 dirancang untuk mampu menangani beragam aplikasi di sektor konstruksi, termasuk pekerjaan material handling.

Komatsu PC200-8M1, excavator handal untuk pekerjaan Material Handling (Sumber: UT)

PT United Tractors mendukung penuh bisnis para pelanggan di sektor konstruksi dengan menghadirkan mesin yang handal dan tangguh. Excavator Komatsu PC200-8M1, misalnya, dirancang untuk mampu menangani beragam aplikasi di sektor konstruksi, termasuk untuk pekerjaan material handling. Penanganan material merupakan salah satu pekerjaan yang cukup penting pada sektor konstruksi.

Material Handling adalah pekerjaan mengangkat dan menurunkan beban (lifting/lowering), membawa (carrying), dan menahan (holding). Contohnya adalah pekerjaan mengangkat pipa, mesin dan kontainer – untuk menyebut beberapa di antaranya.

Bagaimana excavator kelas 20 ton Komatsu ini bisa menjadi andalan dalam aktivitas penanganan material? Melansir ulasan laman unitedtractors.com (16/9/2020), Excavator Komatsu PC200-8M1 dilengkapi dengan L mode (lifting mode) dengan beban maksimal 10,350 kg pada jangkauan 3 m dan ketinggian angkat 3 m, sedangkan jangkauan terjauh yaitu pada jarak 7.5 m dari swing centre di ketinggian 3.5 m dengan beban maksimal 3,850 kg.

Selain itu, Komatsu PC200-8M1 memiliki desain kabin yang nyaman dan dilengkapi dengan kursi operator yang bersuspensi, serta visibilitas yang leluasa dari kabin yang memudahkan operator melihat posisi material yang akan diangkat. Kenyamanan dan keamanan ini menjadikan Komatsu PC200-8M1 mampu bekerja optimal dan efektif pada pekerjaan material handling.

Komatsu PC200-8M1 memiliki tenaga yang besar, sehingga sangat cocok untuk menangani material. Excavator ini memiliki boom dan arm yang sudah diperkuat sehingga tangguh saat menghendel muatan yang berat.

Salah satu contoh aplikasi PC200-8M1 untuk material handling adalah pada operasi pembangunan bendungan. Sebagaimana diketahui, tahapan konstruksi bendungan dimulai dengan kegiatan land clearing (pembersihan lahan kerja) di sekitar area kerja pembangunan bendungan serta area aliran sungai. Tahapan selanjutnya adalah pekerjaan pembuatan diversion channel (saluran pengalihan) yang dibangun di sisi sebelah sungai, serta pembuatan tanggul untuk mengalihkan aliran sungai.

Dalam pekerjaan ini, tanah hasil galian akan dimuat kembali dengan dump truck dan dibuang ke disposal area sebagai cadangan untuk material timbunan dengan jenis spesifikasi tanah yang sesuai. Apabila saat proses penggalian ditemukan lapisan tanah yang keras, akan dilakukan pekerjaan galian batu yang biasanya menggunakan metode drilling dan blasting.

Blasting atau proses peledakan akan menyisakan bongkahan-bongkahan batu yang masih berukuran besar (boulder). Oleh karena itu, setelah proses peledakan (blasting), bongkahan yang besar itu harus diurai menjadi material yang lebih kecil menggunakan excavator Komatsu PC200-8M1.

Komatsu PC200-8M1 juga optimum digunakan untuk pekerjaan galian di area spillway (saluran pelimpah), main dam (bendungan utama), maupun saddle dam (bendungan kecil di tempat rendah).

Hal lain yang patut dicatat, excavator Komatsu PC200-8M1 dilengkapi dengan dengan bucket berkapasitas besar, konsumsi bahan bakar irit, serta harga yang terjangkau. Komatsu PC200-8M1 merupakan excavator idaman yang sangat cocok untuk aplikasi konstruksi bendungan.

Layanan Purna Jual Prima

Ilustrasi excavator Komatsu PC200-8M1 dalam pekerjaan pembangunan bendungan (Sumber: UT)

PT United Tractors Tbk sebagai distributor alat berat yang telah berpengalaman selama lebih dari 45 tahun tidak hanya menjual alat tetapi juga menyediakan layanan purna jual prima atau yang biasa disebut UTGPS. UT GPS akan memberikan kepastian terkait pengiriman suku cadang, mekanik dan lama waktu perbaikan.

UT juga memilik jaringan distribusi yang sangat luas dengan memiliki 177 titik layanan di seluruh Indonesia, termasuk 20 kantor cabang, 22 kantor site support, 14 kantor tambang, dan 10 kantor perwakilan. United Tractors juga menyediakan layanan contact center 24 jam melalui UT Call yang dapat diakses melalui nomor 1 500 072. (Sumber: unitedtractors.com)

95 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Related posts