27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Mitsubishi Fuso Luncurkan Model Baru Heavy Duty Super Great

Truk Super Great model baru dari Mitsubishi Fuso (Foto: Mitsubishi Fuso)

Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) mengumumkan peluncuran truk Super Great model baru untuk aplikasi heavy-duty, yang dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi pertama di Jepang. Kendaraan-kendaraan model baru ini akan tersedia melalui perusahaan-perusahaan penjualan MFTBC dan unit-unit penjualan regional di seluruh Jepang mulai Juni tahun ini. MFTBC merupakan salah satu produsen kendaraan komersial terkemuka di Asia di bawah payung Daimler Trucks Asia.

Salah satu fitur pintar yang dibenamkan pada truk Super Great yang baru ini, dilansir dari rilis Mitsubishi Fuso (4/6/2021), adalah Emergency Stop Assist yang memungkinkan truk ini mampu mengurangi kecepatan dan berhenti di jalurnya jika terjadi keadaan darurat. Fitur ini diklaim sebagai yang pertama di pasar saat ini.

Dijelaskan bahwa dengan memasang Emergency Stop Assist pada Super Great baru, MFTBC telah mampu memajukan teknologi dukungan mengemudi otomatis SAE level 2 truk ini ke level terdepan di pasar. Dengan Emergency Stop Assist, support system mengemudi otomatis Active Drive Assist kini ditingkatkan menjadi Active Drive Assist 2.

Selain fitur-fitur yang memungkinkan kendaraan ini tetap berada di jalurnya saat terjadi kondisi darurat dan adaptive cruise control, para pengemudi kini didukung oleh teknologi baru yang mendeteksi anomali-anomali pada aktivitas roda kemudi. Ketika roda kemudi tetap tidak aktif selama 60 detik saat Active Drive Assist 2 aktif, sistem mengeluarkan peringatan pada layar dashboard serta alarm audio, sambil mengurangi kecepatan dan membawa kendaraan ke pemberhentian darurat di jalur yang sama. Perlambatan ini diharapkan akan sangat bermanfaat dalam skenario di mana pengemudi mengalami perubahan-perubahan mendadak karena gangguan pada kemudi. Oleh karena itu, Active Drive Assist 2 tidak hanya menawarkan pengangkutan yang tidak terlalu melelahkan melalui pengendaraan yang stabil, tetapi juga meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan kendaraan-kendaraan di sekitarnya.

Fitur baru lain yang dipasang pada truk Super Great model baru ini adalah Active Sideguard Assist 1.0, yang pertama untuk truk-truk di Jepang, yang meningkatkan pencegahan kecelakaan belok kiri dengan sebuah sistem pengereman mitigasi kerusakan.

Active Sideguard Assist 1.0 memperingatkan pengemudi dengan lampu ketika radar mendeteksi objek di sisi kiri kendaraan, yang cenderung menjadi titik buta bagi sopir. Sistem ini juga membunyikan alarm ketika setir diputar ke kiri atau sinyal belok kiri diaktifkan.

Selain peringatan-peringatan audio-visual, model baru ini menyediakan sistem keselamatan lain dengan sistem pengereman mitigasi tabrakan yang mengurangi kecepatan dan membuat kendaraan berhenti darurat ketika mendeteksi risiko tabrakan dengan objek-objek yang bergerak paralel dengan kendaraan ini. Hal ini dilakukan ketika kecepatan mengemudi di bawah 20 km/jam.

Sesuai dengan regulasi-regulasi terbaru, Super Great yang baru ini juga telah diperbarui dengan berbagai fitur lainnya. Selain perangkat Rear Underrun Protection (RUP) untuk membatasi kerusakan akibat benturan, kaca spion bagian dalam truk kini dilengkapi dengan struktur peredam kejut. Selanjutnya, sebelum regulasi-regulasi yang baru berlaku di Jepang, kendaraan ini dilengkapi dengan lampu-lampu berjalan siang hari untuk meningkatkan visibilitas selama siang hari dan sebuah fitur yang mengaktifkan lampu-lampu depan secara otomatis saat senja tiba.

Super Great juga kini hadir dengan tangki bahan bakar yang sesuai dengan standar-standar regulasi terbaru untuk pencegahan kebocoran bahan bakar. Terakhir, indikator sabuk pengaman co-driver juga telah diperkenalkan untuk meningkatkan keamanan yang lebih baik di dalam kabin.

Active Driver Assist 2 dan fungsi penghentian daruratnya juga akan tersedia pada Mercedes-Benz Actros tipe heavy-duty mulai Juni 2021.

MFTBC akan terus mengembangkan teknologi otomasi kendaraan komersial melalui jaringan global Daimler Truck, yang dibangun pada pusat-pusat kompetensi di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat. Daimler Trucks sedang bekerja untuk merealisasi truk yang bergerak sendiri SAE Level 4 dengan anak perusahaannya TORC Robotics serta melalui aliansi dengan Waymo, yang mengembangkan teknologi mengemudi otonom. MFTBC hendak membawa teknologi mengemudi otonom Level 4 ke pasar-pasar FUSO dengan memanfaatkan pengembangan kolaboratif dan keahlian bersama Daimler Group. (Sumber: Mitsubishi-Fuso)

Related posts