29.5 C
Jakarta
Dec 7, 2019.
Image default

Multicrane Perkasa Perkenalkan Mini Crane Maeda

PT Multicrane Perkasa memperkenalkan produk baru, Mini Crane Maeda, yang dapat membantu para kontraktor untuk penanganan material dalam pengerjaan proyek-proyek konstruksi, seperti pembangunan gedung-gedung tinggi. Principal asal Nagano, Jepang ini menawarkan dua model mini crane untuk pasar Indonesia, yakni Spider Crane dan Mini Crawler Crane.

Adrianus Hadiwinata, Direktur PT Multicrane Perkasa, menjelaskan beberapa keunggulan produk Maeda  ini. “Banyak aplikasi Spider Crane yang sangat cocok di Indonesia. Untuk pembangunan gedung tinggi, misalnya, alat ini bisa digunakan untuk pemasangan fasad. Spider Crane bisa digunakan untuk menggantikan fungsi tower crane,” terangnya. Spider Crane bisa juga dipasang di dalam gedung. Alat ini mempunyai akselerasi wings dan wire rope yang bisa turun sampai 100 meter ke bawah sehingga bisa bekerja untuk 10 lantai sekaligus.

Selain untuk pembangunan gedung baru, Spider Crane ini juga bisa diaplikasikan pada area-area kerja yang sempit yang susah dijangkau. Dia mencontohkan pembangunan fasilitas petrochemical dan pembangkit tenaga listrik. Biasanya pembangunan fasilitas seperti ini memerlukan banyak pipa dan kabel, sehingga penggunaan crane besar tidak cocok. Crane kecil seperti Maeda ini cocok digunakan dalam pekerjaan seperti ini. 

Beralih ke Mini Crawler Crane, Adrianus mengatakan desainnya sangat compact sehingga aplikasinya cocok digunakan pada konstruksi di terowongan. “Lubang terowongan biasanya kecil. Diperlukan alat-alat yang compact tetapi tetap aman digunakan,” terangnya seraya menambahkan alat tersebut juga bisa diaplikasikan pada konstruksi pabrik.

Dibandingkan dengan tower crane, kata dia, Maeda Mini Crane lebih mudah diinstal dan proses pemasangannya cepat. “Tinggal pasang kaki, panjangin boom, sudah bisa langsung turun wire rope-nya,” ujar Adrianus.

Menurutnya, waktu yang dibutuhkan untuk menginstal Maeda Mini Crane bisa hanya 10 menit. Sedangkan, kalau tower crane bisa berjam-jam, bahkan membutuhkan waktu sehari atau dua hari. “Kalau tower crane harus pakai fondasi, dipasang satu-satu kayak lego.  Maeda Mini Crane tidak demikian. Dalam tempo sekitar 10 menit sudah bisa terpasang. Sangat cepat,” ungkapnya meyakinkan. @

 

 

Related posts