26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Pabrik Netral Karbon Pertama Komatsu

Anak usaha Komatsu, Komatsu Forest, memulai proses produksi di pabrik ramah lingkungannya yang baru di Umea, Swedia.

Kiri: Panel surya pabrik baru; Kanan: Forwarder pada AGV

Komatsu Forest AB (Komatsu Forest), anak perusahaan Komatsu yang bergerak di bidang manufaktur dan penjualan mesin-mesin kehutanan yang berbasis di Umea (Swedia), memulai produksi di pabrik barunya, yang menggabungkan beberapa pabrik lama yang letaknya tersebar di Umea. Kehadiran fasilitas baru ini mengoptimalkan proses produksi dan tata letaknya.

Fasilitas produksi yang baru ini, seperti dilaporkan Komatsu, Rabu (18/8), sudah mengadopsi rekayasa manufaktur baru, yang meliputi jalur perakitan otomatis dengan automated guided vehicles (AGV) untuk pertama kalinya di Komatsu, mencapai peningkatan produktivitas 30% dibandingkan dengan pabrik-pabrik lama.

Selain itu, pabrik baru ini telah mencapai netralitas karbon, untuk pertama kalinya di pabrik-pabrik Komatsu, melalui pengurangan substansial volume konsumsi daya dengan mengadopsi fasilitas-fasilitas pasokan energi terbarukan, seperti panel surya yang menutupi sekitar 19.000 m2 atap dan peralatan pemanas yang menggunakan energi panas bumi.

Dengan proses produksi yang ramah lingkungan, Komatsu Forest akan berkontribusi dalam menciptakan komunitas lokal yang berkelanjutan. Dalam target jangka menengah, Komatsu akan mengurangi emisi CO2 sebesar 50% dari produk-produk yang digunakan dan dalam produksi masing-masing pada tahun 2030 dari tahun 2010. Sebagai target yang menantang, Komatsu berupaya untuk menjadi netral karbon pada tahun 2050.

Sebagai bagian dari upaya-upayanya, Komatsu menjunjung tinggi kehutanan berkelanjutan dalam bisnis mesin hutan, yang mencakup tidak hanya pemanenan tetapi juga penanaman dan pertumbuhan pohon. Pabrikan ini juga berkontribusi pada operasi kehutanan yang aman dengan mekanisasi pekerjaan pemanenan dan mempromosikan kehutanan pintar di mana Komatsu Forest menganalisis potensi hutan berdasarkan data survei drone untuk pengelolaan hutan berkelanjutan.

Sejak tahun 2004 ketika diakuisisi oleh Komatsu, Komatsu Forest telah memainkan peran sentral dalam bisnis mesin kehutanan Komatsu sebagai basis inti pengembangan dan produksi mesin. Dengan meluncurkan produksi di pabrik baru, Komatsu Forest akan mempercepat upaya netral karbon, karena pabrikan ini bekerja untuk memperkuat dan memperluas bisnis mesin hutannya.

Sambil melanjutkan komitmennya terhadap Kualitas dan Keandalan dan bekerja untuk memaksimalkan nilai perusahaannya, Komatsu bekerja untuk mewujudkan tempat kerja masa depan yang aman, sangat produktif, cerdas, dan bersih melalui DANTOTSU Value (solusi-solusi ESG dan peningkatan pendapatan melalui penciptaan nilai pelanggan). (Sumber: Komatsu)

Related posts