26 C
Jakarta
11 Apr, 2021.

Pabrik Pintar Zoomlion Mulai Meluncurkan Excavator

Zoomlion telah memproduksi mesin-mesin excavator pertama pada fasilitas produksi pintarnya di Changsha, Provinsi Hunan, Cina.

Fasilitas produksi baru Zoomlion menggunakan 100 robot untuk mengirim spareparts selama proses produksi (Foto: Zoomlion)

Excavator pertama Zoomlion meluncur dari jalur perakitan pada 31 Desember 2020 dari fasilitas produksi pintarnya, Intelligent Excavator Manufacturing Park di Zoomlion Smart Industrial City di Changsa, Cina. Excavator-excavator seberat 20 ton dan 48 ton diproduksi pada pabrik seluas 36.000m2.

Apa yang membedakan fasilitas ini dari pabrik-pabrik Zoomlion yang lainnya? Mengganti penggunaan forklift konvensional, lebih dari 100 robot pengangkut pintar mengirimkan lebih dari 9.000 suku cadang secara instan di seluruh pabrik itu, serta menggunakan robot-robot industrial lainnya untuk meningkatkan otomatisasi dan produksi cerdas.

“Instalasi ini dirancang sesuai dengan standar-standar internasional tertinggi, sepenuhnya menerapkan konsep-konsep kecerdasan, digitalisasi, dan keberlanjutan yang ramah lingkungan dan memiliki pabrik-pabrik cerdas paling fleksibel, tepat dan pintar serta jalur produksi tak berawak,” kata Zhang Chunxin, chairman dan CEO Zoomlion dalam rilis perusahaan ini, Selasa (12/1).

“Kecerdasan yang tak terlihat” tercermin dalam proses produksi fasilitas tersebut, dari operasi dan manajemen hingga konvergensi logistik-logistik cerdas dan penjadwalan produksi, industrial AI, penggandaan digital, teknologi-teknologi internet industri dan big data dengan sistem manajemen dan kontrol kawasan industri ini.

Zoomlion mengatakan upaya tersebut akan mewujudkan manufaktur digital dan transparan serta memungkinkan pabrik-pabrik cerdas mengurangi siklus Litbang, biaya operasional, dan konsumsi energi sambil meningkatkan efisiensi produksi secara signifikan.

Fasilitas ini akan memberikan dukungan kuat untuk sektor mesin excavator Zoomlion dan setelah kawasan industri tuntas dibangun – senilai CNY30 miliar (US $ 45,87 miliar) – kapasitas produksinya akan mencapai 50.000 unit excavator dari semua jenis, dengan satu excavator keluar dari jalur perakitan setiap enam menit.

Zoomlion secara resmi meluncurkan proyek kluster pabrik Smart Industrial City pada Januari 2019 dengan total investasi 100 miliar yuan (US $ 15,29 miliar). Kawasan industri ini ditata dengan empat sektor mesin utama yang terdiri dari mesin beton (concrete machinery), crane konstruksi, platform kerja udara (aerial platform) dan penggalian, empat pusat suku cadang, enam platform inovasi nasional dan beberapa basis pengujian dan inkubasi untuk mesin-mesin pertanian cerdas, AI, dan program-program R&D lainnya. Intelligent Excavator Manufacturing Park adalah kawasan yang dibangun pertama di daerah itu.

Setelah rampung, Zoomlion mengatakan Zoomlion Smart Industrial City akan menjadi basis industri mesin konstruksi terbesar dan terlengkap di dunia, menjadi yang terdepan sebagai pabrik berefisiensi tinggi, pabrik ramah lingkungan dan kota industri pintar. (Sumber: Zoomlion)

Related posts

329744
Users Today : 949
This Year : 42204
Total Users : 329044
Views Today : 13875
Total views : 8372945
Who's Online : 18
Your IP Address : 34.204.185.54
Server Time : 2021-04-10