Equipment APP.
Business Mining Press Release Top News

Sandvik akan buka pabrik Loader dan truk bawah tanah di Malaysia

COntoh truk bawah tanah Sandvik. Foto: Sandvik

Sandvik sedang membangun unit produksi baru di Malaysia untuk memproduksi mesin-mesin loader dan truk bawah tanah. Produksi mesin-mesin itu direncanakan akan dimulai pada kuartal keempat tahun ini. Ekspansi ini akan membantu Sandvik Mining and Rock Solutions menjawab permintaan yang terus meningkat untuk alat-alat bertenaga listrik baterai (battery-electric vehicles  atau BEV).

Meski produk-produk BEV yang akan menjadi fokus utama, fasilitas ini juga akan memproduksi mesin-mesin loader dan truk konvensional serta kerangkeng-kerangkeng baterai. Kapasitas produksi tahunan pabrik ini direncanakan meningkat secara bertahap menjadi 300 loader dan truk serta 500 kerangkeng baterai pada tahun 2030.

Pabrik baru Sandvik ini berada di kawasan bisnis Sendayan TechValley seluas 445 hektar ini, sekitar 70 kilometer selatan ibu kota Malaysia Kuala Lumpur dan 15 kilometer barat ibukota negara bagian Seremban. Pabrik tersebut terletak 90 kilometer tenggara Port Klang, pelabuhan laut terbesar Malaysia dan salah satu terminal peti kemas tersibuk di dunia.

“Malaysia adalah salah satu negara dengan teknologi paling maju di Asia Tenggara dan memiliki tenaga kerja terampil yang melimpah, pemasok industri lokal yang kuat, dan infrastruktur yang andal,” kata Mats Eriksson, Presiden Sandvik Mining and Rock Solutions, dikutip Jumat (10/3/2023). “Pelanggan-pelanggan pertambangan di Asia Pasifik akan menikmati waktu tunggu yang lebih singkat untuk peralatan yang diproduksi dengan standar kualitas dan keamanan yang sama dari Sandvik.”

Pabrik baru ini akan membentang lebih dari 8.000 meter dan mencakup 15 ruang perakitan serbaguna. Fasilitas ini akan mendukung pembuatan semua model peralatan muat dan angkut Sandvik dan tidak bergantung pada rantai pasok yang ada. Peningkatan produksi akan dimulai pada akhir tahun ini dengan loader Toro™ LH517i diikuti oleh Toro™ LH518iB, loader listrik-baterai yang siap otomatisasi dari Sandvik, pada Q2 2024.

Baca Juga :  Honeywell Garrett Turbochargers

“Permintaan untuk mesin-mesin loader dan truk Sanvik melebihi kapasitas produksi kami saat ini di pabrik-pabrik yang ada,” kata Patricio Apablaza, Presiden divisi Load and Haul Sandvik Mining and Rock Solutions. “Pembentukan unit produksi baru kami di Malaysia akan memungkinkan manufaktur yang fleksibel untuk peralatan pertambangan diesel konvensional dan baterai-listrik.” Sumber: Sandvik

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy