34 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
Top News Truck

SANY Kembangkan Truk Tambang Otonom

Truk tambang bertenaga listrik dan berbadan lebar SANY beroperasi tanpa awak (pengemudi)

Menangkap peluang untuk mengembangkan metode penambangan pintar, SANY Heavy Equipment mengatakan pihaknya sedang fokus mengembangkan peralatan tambang permukaan tanpa awak, yang meliputi truk-truk, sistem penempatan, dan platform cloud.

Pada pertengahan Juni 2020, dua unit truk tambang SKT90E tanpa awak bertenaga baterai listrik berhasil mewujudkan koneksi dan koordinasi dengan excavator dan platform cloud yang dikendalikan 5G menggantikan operator-operator yang bekerja di pit, melakukan operasi tambang tanpa awak yang lebih aman dan efisien.

Dua truk tambang SKT90E yang berbadan lebar itu mendemonstrasikan kemampuan mereka mengidentifikasi lingkungan dan kapasitas pemosisian tingkat tinggi. Mereka dapat melakukan pengambilan keputusan tepat waktu dan perencanaan rute-rute yang akurat di area operasional. Deviasi kontrol horisontal dari operasi tanpa awak dapat dijaga di bawah 30 cm. Truk-truk tersebut dapat secara mandiri menyelesaikan pelacakan rute, memuat dan menurunkan material, serta parkir.

Adopsi sistem tenaga listrik untuk truk-truk tambang tersebut memecahkan potensi masalah kekurangan bahan bakar di tambang-tambang daerah terpencil seperti di daerah ketinggian dan teknologi mengemudi tak berawak membuat operasi lebih aman di daerah rawan longsor.

Dengan dukungan integrasi berbagai teknologi penginderaan yang  terdiri dari radar gelombang milimeter, radar laser dan sensor visual, truk-truk ini dapat melakukan pemindaian dan pelacakan rintangan dalam jarak 150 m dan juga dapat menerapkan jarak jangkau dan identifikasi dalam 100 m sebagai respons terhadap kondisi cuaca yang berbeda di musim yang berbeda.

Pemosisian yang akurat menggunakan: sistem navigasi inersia tingkat sentimeter GNSSRTK; pemindaian tiga dimensi secara real time untuk lokasi dan peta; dan pemosisian yang tepat untuk ruang yang ditargetkan secara spesifik.

Sedangkan proses pengambilan keputusan yang cerdas meliputi: penciptaan secara otomatis peta tiga dimensi rute-rute di tambang dengan radar laser; perencanaan rute-rute; menghindari rintangan sendiri (independen) dan mengemudi mengikuti trek; serta optimalisasi rute-rute mengemudi dengan simulasi dinamis.

“Dalam menghadapi keterlibatan mendalam dari teknologi-teknologi cerdas dengan industri pertambangan, SANY akan terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan solusinya dengan fokus pada teknologi-teknologi cerdas dan tak berawak untuk membantu para pelanggan memastikan lingkungan kerja yang lebih aman dan menjaga efisiensi tinggi tetapi biaya turun,” tulis SANY dalam rilisnya.  (Sumber: Sany Global)

382 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Related posts