Alat Berat
Business Construction EQ Feature Press Release Top News

Semua Solusi Peralatan Anda Ada di Scanina.com

Tampilan layar Scanina.com (Foto: EI)

PT Surya Cakra Anugerah Nusantara (SCEN), anak usaha dari Astra Internasional melalui PT Sedaya Multi Investama dan PT Marubeni Indonesia, meluncurkan sebuah produk digital yang mengusung nama Scanina.com. Scanina.com merupakan sebuah marketpace khusus untuk jual beli alat berat bekas maupun baru serta sewa alat berat. “Jadi, semua kebutuhan ekosistem alat berat Anda dapat ditemukan di website ini,” kata Mitondo, Direktur Pemasaran Scanina.com saat meluncurkan marketplace ini secara digital baru-baru ini.

Mitondo menuturkan, Scanina.com dirintis sejak lima tahun lalu. Hingga kini lebih dari 1.000-an unit alat sudah terjual melalui aplikasi tersebut ini dan lebih dari 100 unit peralatan yang berhasil disewakan. Sebagian besar dari unit-unit tersebut merupakan aset dari SCEN sendiri.

Mengapa SCEN meluncurkan marketplace Scanina.com?  Supriyanto, Presdir SCEN menjelaskan bahwa Scanina.com diperkenalkan untuk menyederhanakan seluruh proses sewa menyewa alat berat yang selama ini sangat rumit. “Kami mengerti bahwa peralatan berat dan ekosistemnya merupakan barang modal, sehingga proses jual beli dan sewa menyewa maupun proses pengecekan alat menjadi keyword terpenting dalam billing transaksinya. Kami menghadirkan Scanina.com dan fitur-fitur unik untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan para customer,” ungkapnya.

Dia mencontohkan fitur SCEN Lube Assurance dan SCEN Used Equipment Certified dalam pengecekan alat berat yang masuk dalam listing Scanina.com sehingga memberikan gambaran alat berat yang detail dan faktual kepada para pelanggan.

Industri alat berat bekas merupakan industri yang sangat menarik, kata Mitondo. Pada tahun 2022 ini, SCEN mengestimasikan size industri alat berat bekas mencapai 3.000-an unit dengan total transaksi sekitar Rp 1,3 triliun. Kebutuhan alat berat yang disewa pun terus meningkat. Kondisi ini tentu tidak bisa dilayani oleh satu perusahaan alat berat saja. Di sisi lain, lanjutnya, keterbatasan informasi dari buyer, atau perusahaan yang akan menyewa alat berat juga terbatas. Rentetan persoalan inilah yang coba dijawab oleh Scanina.com.

“Kami memiliki pengalaman dan jaringan. Kami memiliki knowledge tentang alat berat, dan kami memiliki sistem dan teknoogi, plus situasi pandemi yang mengharuskan kita bekerja secara online. Kalaupun bertemu, kita harus terapkan prokes ketat dan menjaga jarak. Kondisi ini mendorong kami untuk melakukan terobosan-terobosan sehingga tugas-tugas kami dalam pemasaran dapat dilaksanakan dengan baik dan efisien. Scanina.com hadir sebagai jawaban untuk kegiatan pemasaran sebagai multi-channal marketing yang mempertemukan para pemilik alat dan para pembeli secara digital,” paparnya.

Namun, lebih jauh dari itu, Scanina.com merupakan bentuk inovasi. Mitondo mengatakan bahwa marketplace ini akan menghasilkan big data yang nantinya membantu pengambilan keputusan secara cepat, memberikan respons yang baik dan cepat terhadap pasar. “Hubungan kita akan makin lancar, makin dekat dan mampu menjangkau kawan-kawan SCEN di seluruh nusantara. Kawan-kawan SCAN bisa membuka pasar-pasar baru, chanelling ke pelanggan-pelanggan baru, para buyer dan penyewa alat berat dengan cara-cara yang jauh lebih cepat di mana saja dan kapan saja. Dengan cara-cara baru ini diharapkan kegiatan pemasaran akan lebih efisien dan menghemat biaya-biaya operasional.” 

Dalam dua bulan terakhir, menurut Mitondo, Scanina.com sudah dikunjungi rata-rata 500 user per bulan dan Scanina.com memposisikan diri sebagai trusted marketplace alat berat dengan produk-produk yang berkualitas dan layanan-layanan yang terpercaya.

Dia meyakini marketplace ini akan dapat meningkatkan layanan pelanggan. Namun, apapun programnya, jika para pelanggan tidak bisa dilayani dengan baik, maka hal itu tidak ada artinya. “Kami akan terus memberikan pelayanan yang prima kepada para customer atau para pengguna marketplace ini,” ujarnya. Untuk itu, pihaknya akan menawarkan reward dan loyalty program yang disediakan bagi para pelanggan untuk mendapatkan diskon-diskon khusus saat mereka bertransaksi menggunakan Scanina.com.

Di sisi lain, SCEN juga ingin terus memperkuat Scanina.com sebagai satu brand pada industri alat berat di Indonesia, SCAN for Indonesia. “Kami ingin menjadikan Scanina.com sebagai sebuah tempat bernaung bagi komunitas dunia usaha alat berat di Indonesia. Semangat kami adalah dapat menyediakan product listing peralatan berat dan kendaraan-kendaraan, baik yang bekas maupun yang baru, untuk disewakan maupun jual beli,” terangnya.

Scanina.com memberi kesempatan kepada berbagai pihak, baik sebagai pemiliki alat berat bekas maupun baru, untuk menjalin kerja sama sebagai mitra untuk ditampilkan pada marketplace ini. “Kami akan terus  melakukan kegiatan pemasaran, melakukan digital marketing sehingga produk-produk para mitra dapat dijangkau secara nasional. Area-area yang selama ini masih tertutup alias belum mengetahui mesin-mesin yang Anda miliki, akan semakin terbuka tidak hanya secara regional, nasional tapi juga global. Kami berharap, Scanina.com menjadi inspirasi bagi para pelanggan agar menjadi customer experience yang lebih baik melalui digital transformation dan terus tumbuhnya trust kepada  kami.”

Scanina-com sudah mendapat ISO 27001 untuk security management system sehingga menjamin keamanan data dan sistem yang kredibel. 

Dengan adanya marketplace Scanina.com ini yang bisa diakses kapan dan di mana saja bisa para mitra akan terus bertumbuh dan berkembang. “Kami persembahkan Scanina.com sebagai trusted marketplace alat berat yang menghadirkan produk-produk dan servis-servis yang berkualitas. Dengan dukungan dari seluruh shareholder, ekosistem bisnis ASTRA dan dukungan-dukungan dari para pelanggan setia kami, kami yakin Scanina.com akan menjadi marketplace ekosistem peralatan berat di Indonesia yang bisa menjawab kebutuhan-kebutuhan pasar dan bisa berkontribusi pada indusri ini secara lebih luas pada masa mendatang,” pungkas Supriyanto.

Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More