27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Tiga Langkah Sederhana Perpanjang Usia Pakai Undercarriage Excavator

Undercarriage merupakan salah satu bagian excavator yang cukup mahal untuk diperbaiki dan diganti. Dengan memastikan komponen-komponen undercarriage terpelihara dengan cara-cara yang memaksimalkan masa pakainya, para pemilik alat dapat menghemat banyak uang dan mengurangi downtime.

Jordan Troutman, presiden Pivot Equipment Parts, penyedia aftermarket undercarriage, menguraikan tiga cara sederhana yang harus dipertimbangkan setiap kontraktor untuk memperpanjang masa pakai undercarriage pada excavator mereka.

Membersihkan dan memeriksa kondisi track

Puing-puing yang terperangkap atau tertinggal pada sela-sela track dapat merusak bagian-bagian yang bersentuhan dengan kotoran-kotoran itu. Keberadaan puing-puing tersebut juga dapat memengaruhi performa.

“Para operator harus selalu memeriksa apakah ada puing-puing dan akumulasi kotoran-kotoran yang menempel pada track pada awal setiap shift serta setiap kali mereka memasuki kabin,” kata Troutman.

“Selain itu, jenis material (puing) memengaruhi bagaimana dan seberapa sering Anda perlu membersihkan undercarriage.”

Jika kotoran yang menempel pada komponen-komponen track excavator Anda berupa pasir dan kering, bersihkan dengan mengayunkan lengan alat itu ke satu sisi, tekan ke tanah hingga track lainnya terangkat dari tanah dan putar track yang ditinggikan itu ke depan dan ke belakang. Kemudian, lakukan hal yang sama pada track yang berlawanan.

Untuk kotoran-kotoran yang basah atau padat, cara terbaik untuk membersihkannya adalah menggunakan sekop dan undercarriage mungkin perlu lebih sering dibersihkan.

Saat para operator memeriksa bagian undercarriage untuk mengecek apakah ada puing-puing yang tertinggal atau tidak, mereka juga harus mencari tanda-tanda kerusakan pada komponen-komponen undercarriage lainnya (track pad, idler, roller, sprocket).

Operator-operator yang pintar memeriksa kondisi track tepat setelah keluar dari kabin atau sebelum memasuki kabin; mereka harus mencari kotoran-kotoran yang menempel pada bagian-bagian undercarriage atau tanda-tanda kerusakan. Satu track pad yang rusak akan merusak track pad yang lain dan seterusnya sampai Anda harus mengganti seluruh track.

Menyetel ketegangan track

Track adalah bagian penting dari undercarriage dan perlu disetel sesering mungkin. Seiring dengan perjalanan waktu, track cenderung kendor dan perlu dikencangkan. Seberapa sering track perlu dikencangkan tergantung pada aplikasi, lingkungan, dan operator. Hal ini bisa menjadi bagian dari pemeriksaan mingguan jika unit Anda jarang digunakan atau dapat diselesaikan setiap hari jika Anda melakukannya.

Track yang kendor akan cepat aus dibandingkan track yang dikencangkan dengan benar. Demikian juga, track yang terlalu kencang (tegang) juga akan lebih cepat aus. Jadi, ketegangan track harus optimal.

Track  harus sedikit mengendur pada bagian atas di antara kedua rol. Periksa manual mesin Anda untuk mengoptimalkan tingkat kekenduran track,” Troutman menyarankan.

Cara mengukur kelonggaran track akan bergantung pada apakah excavator Anda dilengkapi dengan single-top-roller undercarriage atau two-top-roller undercarriage. Untuk single-top-roller undercarriage, buka relief valve dari undercarriage. Antara front idler dan track carrier roller, injak dan tekan ke bawah. Hal ini akan membantu Anda melihat tingkat kelonggaran secara akurat. Tempatkan sesuatu dengan straight edge di atas track yang terbentang dari front idler ke track carrier roller. Temukan titik di mana track paling kendor. Ukur dari titik itu ke titik terdekat di straight edge. Bandingkan angka tersebut dengan angka yang ditentukan oleh pabrikan. Kencangkan hingga track mencapai spesifikasi standar pabrik.

Two-top roller undercarriage sedikit lebih mudah. Pertama, letakkan straight edge di atas track sehingga mencapai roller depan dan roller belakang. Kemudian, di titik tengah antara kedua roller, ukur jarak antara track dan straight edge,” kata Troutman.

Pengukuran dan perawatan undercarriage

Undercarriage terdiri dari banyak komponen dan komponen-komponen ini perlu sesekali diperiksa untuk mengetahui tanda-tanda keausan. Misalnya, memeriksa semua roller untuk mengetahui apakah ada kerusakan dan bagian-bagian yang aus. Roller harus bundar. “Jika ada bagian yang rata, itu berarti sudah terjadi keausan dan harus segera diganti,” kata Troutman.

Juga, periksa bagian bawah roller untuk melihat apakah ada tanda-tanda kelembapan. Ini bisa jadi pertanda kebocoran.

Gunakan kaliper untuk mengukur bagian bawah dan bagian atas roller dan catat hasil pengukurannya.

Periksa pin dan bushing untuk melihat apakah perlu diputar. Jika bagian atas bushing tampak aus, sekarang saatnya untuk memutarnya. Gunakan caliper untuk mengukur pin dan bushing dan catat pengukurannya.

Ukur lebar track shoe Anda dengan pita pengukur dan kedalamannya dengan pengukur kedalaman. Gunakan juga pengukur kedalaman untuk mengukur ketinggian rel dan idler.

Selanjutnya, bandingkan semua ukuran yang Anda temukan dengan ukuran yang ditentukan oleh pabrikan pada manual mesin.

“Menyisihkan sedikit waktu setiap hari untuk memeriksa dan merawat undercarriage dapat menghasilkan masa pakai kerangka bawah yang lebih lama serta menghemat waktu dan biaya dalam hal perbaikan dan penggantian undercarriage,” Troutman menyimpulkan. (Sumber: www.conexpoconagg.com)

Related posts