27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

SmartCap: Solusi Untuk Membuat Para Pekerja Tetap Terjaga

Teknologi SmartCap hendak membantu para pengemudi dan operator terhindar dari kemungkinan tertidur di belakang kemudi.

Bagaimana membuat para pekerja selalu terjaga saat sedang bekerja? Persoalan inilah yang dipecahkan oleh SmartCap Technologies lewat sebuah aplikasi, SmartCap LifeBand.

Awalnya, teknologi ini dikembangkan untuk menjamin keselamatan para pekerja di industri pertambangan Australia. Divisi Wenco International Mining Systems dari Hitachi Construction Machinery pada Mei 2021 mengakuisisi teknologi ini dan mulai merambah pasar di negara-negara lain, seperti Amerika Utara. Meski SmartCap akan tetap tersedia sebagai produk mandiri, Wenco juga mengintegrasikannya ke dalam rangkaian produk manajemen armadanya.

Apa itu SmartCap? 

Dikembangkan delapan tahun lalu oleh Cooperative Research Center for Mining yang berbasis di Brisbane, Australia, SmartCap menyoroti “kesenjangan serius dalam ruang teknologi kelelahan,” kata Dan Bongers, direktur penjualan dan sistem keselamatan teknis Wenco, dikutip dari EquipmentWorld, Selasa (15/6/2021).

Meski sebagian besar teknologi hanya mendeteksi kejadian-kejadian microsleep (episode singkat hilangnya perhatian karena kelelahan), para pengembang SmartCap hendak membantu para pengemudi dan operator terhindar dari kemungkinan tertidur di belakang kemudi.

SmartCap mengukur kewaspadaan dan kelelahan dengan menganalisis aktivitas otak, sering disebut sebagai EEG. Skor kewaspadaan, peringatan dini, dan alarm kelelahan dikirimkan melalui aplikasi smartphone yang diinstal pada perangkat-perangkat tangguh.

Pemantauan secara real-time dimungkinkan jika tersedia jaringan internet. Jika ada konektivitas internet, peringatan secara real-time tersedia melalui portal berbasis cloud khusus yang juga menyediakan kemampuan analitik untuk mengungkapkan wawasan-wawasan yang dapat ditindaklanjuti.

“Kemampuan unik untuk menyediakan pemantauan kelelahan yang akurat secara real-time ini memungkinkan pencegahan microsleep — penyebab nomor satu tabrakan di tempat kerja — memberikan manfaat keselamatan yang substansial bagi para pengguna dan mengurangi risiko perusahaan,” kata Bongers.

“Tim SmartCap memecahkan problem yang tampaknya mustahil dalam memetakan gelombang otak ke keadaan waspada dan kelelahan dengan cara mengakomodasi perbedaan-perbedaan individual sambil menghilangkan kebutuhan akan kalibrasi apa pun,” kata Bongers.

Disematkan ke dalam perangkat yang dapat dikenakan, teknologi ini memberikan peringatan dini dan alarm kelelahan kepada pengemudi dan operator, baik mereka yang berada di belakang kemudi truk-truk di jalan raya maupun yang bekerja di luar jalan raya seperti pertambangan. Sampai saat ini teknologi ini telah digunakan di berbagai industri, termasuk truk, kereta api, pertambangan dan konstruksi jalan.

Wenco mengatakan perusahaan-perusahaan yang mengalami sukses dengan SmartCap menggunakan peringatan dini dan alarm kelelahan dari sistem itu untuk menambah kontrol manajemen kelelahan yang ada daripada menggantinya. Ini juga membantu para pelanggan mendukung karyawan-karyawan yang mungkin berjuang dengan kelelahan, yang mengarah ke “metrik-metrik kesehatan yang lebih baik dan kepuasan karyawan,” tambah Bongers.

“Setiap pelanggan SmartCap yang telah menerapkan kebijakan dan prosedur yang direkomendasikan telah menghilangkan insiden kelelahan dari bisnis mereka.”

Bongers menambahkan, penggunaan sistem peringatan ini menyebabkan para pekerja lebih waspada. “Manfaat sekunder dari peningkatan kewaspadaan tenaga kerja meliputi pengurangan 84% dalam insiden gangguan, pengurangan 61% dalam insiden kesalahan manusia dan pengurangan 1,4% dalam konsumsi bahan bakar.”

Para pengguna dapat memilih jenis penutup kepala (1) dan memasang SmartCap LifeBand (2). Dengan menggunakan aplikasi itu (4), mereka kemudian dapat melihat peringatan-peringatan secara real-time untuk mencegah mereka mengalami microsleep (ketiduran). (Sumber: Wenco)

“Sebagai bagian dari Hitachi, SmartCap sekarang dapat mengeksplorasi integrasi yang lebih dalam dengan teknologi ini di semua industri, mendorong peningkatan keselamatan dan operasional di pasar yang secara tradisional tidak terjangkau oleh teknologi kelelahan,” kata Gavin Juhasz, manajer penjualan global Wenco. Selain digunakan pada kendaraan-kendaraan yang menggunakan jalan raya, rangkaian teknologi ini dapat diterapkan pada operasi-operasi non jalan raya, seperti pasar pertambangan maupun non-pertambangan.

Saat ini terdapat sekitar 5.000 pengguna SmartCap yang dilaporkan secara global. (Sumber: Equipment World)

Related posts