27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Epiroc Luncurkan Collision Avoidance System Interface

Collision Avoidance System Interface memungkinkan sebuah PDS pihak ketiga untuk dipasang pada mesin Epiroc dan, bila diperlukan, mengambilalih kendali mesin guna mencegah insiden.

Epiroc baru saja meluncurkan sebuah penawaran untuk menunjang keselamatan di lingkungan tambang bawah tanah, RCS (Rig Control System) berbabsis Collision Avoidance System Interface.

Para pemasok Proximity Detection System (PDS), yang mematuhi Draft ISO 21815-2 Draft (Maret 2018) dapat berinteraksi dengan sebuah TMM (Trackless Mobile Machinery) Penanganan Material RCS Epiroc untuk mengaktifkan fungsi-fungsi yang memperlambat dan menghentikan mesin dalam kondisi yang dianggap berbahaya atau tidak diinginkan oleh PDS.

Antarmuka itu memungkinkan sistem pihak ketiga untuk berkomunikasi dengan Rig Control System (RCS) Epiroc,  dengan cara yang benar-benar baru. Hal ini memungkinkan PDS pihak ketiga yang ditambahkan pada mesin itu, bila diperlukan, mengambil kendali alat untuk mencegah kecelakaan.

Collision Avoidance System (CAS) Interface, bila digabungkan dengan PDS, membantu mendeteksi obyek-obyek di area yang berisiko terjadi tabrakan, mengevaluasi tingkat risiko tabrakan, dan mengambil langkah-langkah intervensi untuk menghindari potensi tabrakan.

Sistem ini bekerja dengan pemahaman bahwa semua mesin dan semua orang di area penambangan dilengkapi dengan tag atau sensor-sensor. Pemasangan CAS dimaksudkan untuk membantu persepsi operator tentang potensi bahaya di sekitar alat berat dan pencegahan potensi insiden di mana operator tidak dapat merespons tepat waktu, namun tanggung jawab keseluruhan untuk pengoperasian alat  yang aman tetap berada di tangan operator.

“Dengan mengutamakan keselamatan dan selalu berpikir tentang keselamatan, saya bangga melihat peluncuran Collision Avoidance System Interface ini, Sistem ini meningkatkan keselamatan operasi tambang bawah tanah dengan cara yang inovatif,” kata Daniel Sandström, Manajer Produk Global-Minetruck, di divisi Bawah Tanah Epiroc, dikutip dari rilis Epiroc, Senin (2/6/2021).

Antarmuka CAS sekarang dirilis dan dapat dipesan untuk armada loader RCS Epiroc yang komplit serta untuk Minetruck MT42 dan segera setelah itu untuk Minetruck MT65. Para pelanggan telah puas dengan kinerja dan fungsi Antarmuka Epiroc CAS dan mulai memahami besarnya pekerjaan yang terlibat dalam penerapan sistem semacam itu.

“Antarmuka RCS Collision Avoidance Epiroc yang tampil sesuai desain, menunjukkan konsistensi tinggi dalam kasus di mana Sistem Deteksi Kedekatan (PDS) memberikan sinyal-sinyal input yang andal,” kata Kumeshan Naidu, Integration Manager M&A Divisi Teknologi dan Digital Epiroc, dan melanjutkan, “Inisiatif CAS bukanlah solusi ‘Plug and Play’ dan harus disesuaikan, dengan lokasi tertentu. Kunti ketika menerapkan sisten ini adalah manajemen perubahan dan strategi mitigasi risiko di lokasi-lokasi tambang.”

Kumeshan Naidu mengatakan bahwa solusi-solusi seperti Mobilaris On-Board dapat meningkatkan upaya-upaya tambang untuk memastikan keselamatan, serta menciptakan kesadaran yang lebih “natural” yang dapat ditanggapi oleh operator TMM bawah tanah. Dengan antarmuka yang lebih familiar bagi operator, yang biasanya mengendarai kendaraan-kendaraan komersial (GPS, Waze, Google Maps), refleks mereka secara alami menghindari kemungkinan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan. Seorang operator atau pejalan kaki yang dilengkapi dengan informasi real-time tentang lingkungan di sekitar mereka, melalui sistem seperti MMI Mobilaris, On-board dan Pocket Mine, akan lebih cocok untuk mempromosikan lingkungan kerja yang aman. Salah satu di mana CAS memperlambat dan menghentikan fungsionalitas adalah upaya terakhir dalam mencegah peristiwa tabrakan.”

Epiroc adalah bagian dari kelompok kerja standar ISO di mana standar-standar baru sedang dikembangkan. Epiroc juga berpartisipasi dalam inisiatif Dewan Internasional untuk Pertambangan dan Logam (ICMM) untuk Interaksi Kendaraan. Epiroc akan mengubah antarmuka dari mendukung draft ISO 21815-2 (Maret 2018) menjadi lebih mendukung versi final ISO 21815-2 dalam waktu satu tahun setelah ISO 21815-2 dirilis. (Sumber: Epiroc)

Related posts