27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Volvo Boyong Mesin-mesin Terbesar dan Terbaik ke MINExpo 2021

Volvo Group akan memboyong serangakaian peralatan dan teknologi elitnya di sektor pertambangan mulai dari loader, rigid hauler hingga excavator terbesar

R100E Rigid Hauler. Foto: VCE

Pameran tambang berskala internasional, MINExpo 2021, dipastikan akan kembali digelar di Las Vegas pada pertengahan September ini. Pameran industri tambang selalu menjadi tontotan yang menarik  karena mesin-mesin yang ditampilkan berpostur besar, bahkan sangat besar, dan selalu menampilkan tren-tren teknologi baru. Elektrifikasi dan otomatisasi, contohnya, sudah menjadi bagian integral dari industri tambang selama lebih dari satu dekade terakhir. Lingkungan di mana peralatan tambang beroperasi memerlukan penggunaan mesin-mesin bertenaga listrik. Tidak hanya lebih efisien, mesin-mesin elekterik juga berguna untuk meningkatkan keselamatan kerja, khususnya dalam aplikasi pertambangan bawah tanah.

Pertambangan juga merupakan suatu industri yang ideal untuk operasi peralatan otonom karena lokasi-lokasi tambang biasanya berada di daerah udik (remote), sehingga membatasi jumlah kendaraan-kendaraan lain yang akan berada di area kerja itu. Kondisi seperti ini sangat memungkinkan untuk penggunaan armada peralatan yang beroperasi secara otonom.

Salah satu produsen yang akan tampil komplit pada acara MINExpo 2021, 13-15 September, adalah Volvo Group. Perusahaan ini akan memboyong serangkaian peralatan dan teknologi elitnya di sektor pertambangan mulai dari mesin-mesin loader, rigid hauler hingga excavator terbesar buatannya.

Salah satu jagoan teranyar pabrikan asal Swedia ini adalah Rigid Hauler Volvo R100E yang dibuat untuk menurunkan biaya operasi bagi para pelanggan dengan meningkatkan produktivitas, waktu kerja (uptime), dan kenyamanan operator.

Alat yang berpostur bongsor ini ditenagai oleh engine Tier 4 Final 783 kW (1.050 hp) premium, dengan drivetrain gabungan untuk menghasilkan kemampuan torsi tinggi, kinerja tarikan yang tak tertandingi, dan tenaga tarik terdepan di kelasnya untuk waktu tempuh yang optimal.

Para customer juga dapat menghemat pengeluaran per pengangkutan berkat bodi berbentuk V berkapasitas 60,4 m3 untuk menahan beban yang optimal dan meminimalisir material yang tertinggal di dalam bak truk ini.

Desain baknya memungkinkan operator untuk memenuhi target payload rata-rata secara konsisten, sementara sistem kemiringan bak truk memastikan waktu siklus yang cepat untuk mencapai performa yang efisien secara menyeluruh.

Excavator EC950F

Crawler excavator Volvo EC950F bersiap-siap untuk memuati articulated hauler Volvo A60H. Foto: VCE

Contoh lainnya adalah crawler excavator Volvo EC950F 90t (100 ton), yang terbesar di rangkaian excavator Volvo. Mesin pengeduk ini ditenagai oleh engine Volvo D16 Tier 4 Final 450 kW (603 hp) yang menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah, sehingga ideal untuk produksi di lokasi secara cepat dan efisien.

Berpasangan dengan articulated hauler Volvo A60H, excavator EC950F memungkinkan para pelanggan merealisasikan potensi produktivitas yang ekstrem. EC950F mengisi truk angkut 55t (60 ton), 33,6 m3 hanya dalam empat lintasan (pass) bucket, dengan waktu siklus rata-rata 20-25 detik.

Faktor pendorong efisiensi lainnya dari operasi excavator ini adalah ECO Mode unik Volvo yang membantu EC950F mencapai efisiensi bahan bakar yang luar biasa. Sedangkan mode kerja terintegrasi memungkinkan para operator memilih pendekatan terbaik untuk pekerjaan yang sedang dihadapi: pilih dari I (Idle), F (Fine), G (General) dan H (Heavy).

Wheel Loader Volvo L350H

Wheel loader Volvo L350H. Foto: VCE

Dan, akhirnya, wheel loader Volvo L350H dilengkapi dengan hidroulik generasi baru dan ditenagai oleh engine Tier 4 Final D16J yang menghasilkan torsi tinggi pada rpm rendah. Mitra ideal untuk produksi quarry, L350H kini hadir dengan rock bucket berkapasitas 7,3 m3 yang lebih tinggi untuk kinerja maksimum.

Sistem hidrolik baru yang dapat mendeteksi muatan pada wheel loader L350H bekerja selaras dengan drivetrain, meningkatkan waktu respons serta kecepatan menaikkan dan menurunkan bucket yang dirancang baru, menghasilkan waktu siklus hingga 5% lebih cepat. Sistem hidrolik dan peningkatan drivetrain, ditambah dengan teknologi engine Volvo terbaru, membuat L350H lebih hemat bahan bakar hingga 10% jika dibandingkan dengan front end loader L350F yang digantikannya.

Wheel loader ini juga dilengkapi dengan teknologi terbaru yang didedikasikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi engine. Sistem Fully Automatic Power Shift (FAPS) Volvo memungkinkan operasi alat pada gigi hemat bahan bakar yang optimal sesuai dengan kecepatan, kick-down, dan pengereman engine, yang meningkatkan efisiensi bahan bakar. (Sumber: Volvo Group)

Related posts