29.5 C
Jakarta
Dec 7, 2019.
Image default

Volvo Buka Jalan Untuk Tol Layang Pertama di Indonesia

Mesin paver P5320 ABG dari Volvo CE sedang membentang aspal pada jalan tol layang Jakarta – Cikampek (Dok. VCE)

Paver Volvo P5320B ABG sedang menyelesaikan pembangunan jalan tol layang di jalur Jakarta – Cikampek. Unit telah membantu mengurangi downtime dan para operator memuji kemampuan screed control-nya.Perusahaan kontraktor jalan, PT Multi Karya Cemerlang, menggunakan satu unit mesin paver P5320 ABG dari Volvo Construction Equipment (Volvo CE) pada proyek jalan tol layang Jakarta – Cikampek yang sedang dikebut pengerjaannya jelang akhir tahun 2019 ini.  Ruas jalan tol tersebut membentang mulai dari Cikunir di Bekasi Barat hingga Karawang.

Kalau sudah rampung, jalan tol sepanjang 36,4 kilometer itu akan menjadi jalan bebas hambatan satu-satunya yang dibangun pada ketinggian di Indonesia. Ruas jalan tol ini yang baru ini dibangun di atas jalan tol yang sudah ada di jalur Jakarta – Cikampek. Tiang-tiangnya yang kokoh kebanyakan didirikan di bagian tengah dua jalur jalan tol yang sudah ada. Pembangunan jalan tol elevated ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalulintas di jalur Jakarta-Cikampek dan sebaliknya sehingga memperlancar distribusi berbagai barang dan jasa dari dan menuju Jakarta serta ke berbagai belahan Indonesia.

Anggoro selaku manajer proyek dari PT Multi Karya Cemerlang mengatakan salah satu tantangan pada proyek Jakarta – Cikampek adalah para pekerja mengoperasikan paver ini pada saat lalulintas padat sepanjang waktu di jalur itu. Ditambah lagi, PT Multi Karya Cemerlang harus berkoordinasi dengan kontraktor-kontraktor lain pada proyek itu sehingga vital sekali bagi perusahaan itu untuk memilih peralatan yang akan membentang aspal secara efisien dan fleksibel.

“Paver P5230B ABG sudah terbukti mudah digunakan dan berkinerja tinggi,” ujar Anggoro. “Operator-operator kami mengatakan screed control paver ini sangat bagus. Plus, setiap fungsi pada mesin mudah dipahami hanya dengan melihat layar, sehingga mempercepat penyelesaian proyek dan mengurangi downtime.”

Berada di lokasi proyek sejak Agustus 2019, P5320B ABG membentang aspal di atas fondasi beton (concrete) sebagai bagian dari proyek jalan tol elevated itu. Bekerja tujuh hari seminggu selama rata-rata delapan jam setiap hari, alat ini membentang hingga 400 ton aspal setiap hari dan diperkirakan akan tetap berada di site hingga Desember 2019. Hingga akhir tahun, paver itu diperkirakan akan membentangkan sekitar 34.000 ton aspal.

P5320B ABG adalah mesin paver yang dilengkapi sensor dengan lebar bentang aspal dari 2,5 m hingga 7 m dan bisa membentangkan 600 ton aspal per jam. Ditenagai dengan engine Volvo 88 kW, paver ini menghasilkan performa tinggi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dan kurang bising. Mesin ini juga menggunakan load-sensing hydraulics yang menyesuaikan secara sempurna hydraulic output dengan semua komponen.

“Untuk proyek khusus ini, paver Volvo CE P5320B ABG sangat sempurna karena dilengkapi dengan sensor sonik dan tamper bar yang membantu menjaga kualitas pengaspalan konsisten,” kata Angorro.

Didirikan pada tahun 1998, PT Multi Karya Cemerlang memulai bisnisnya di bidang konstruksi jembatan. Pada tahun 2011, perusahaan ini memperluas usahanya dan mulai memproduksi aspal dan menyediakan jasa pembangunan jalan untuk berbagai sektor dari pengembang perkotaan hingga perumahan. Berkantor pusat di Jakarta, perusahaan ini pabrik di Jawa Barat.

“Terlepas dari fitur-fitur hebat mesin-mesin Volvo CE, kami juga memilih mereka karena dukungan dan layanan purna jual yang kami terima dari PT. Indotruck Utama, salah satu dealer Volvo CE Indonesia,” kata Anggoro. “Para teknisi selalu responsif dan bertindak cepat ketika kami membutuhkan bantuan mereka.” (Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi www.volvoce.com)

Related posts