26.2 C
Jakarta
24 Jan, 2021.

Wheel Loader Listrik Besar XCMG Dengan Payload 35 Ton

XCMG telah meluncurkan sejumlah produk untuk industri tambang pada pameran bauma China 2020 di Shanghai, 24 – 27 November silam. Mesin-mesin tambang itu termasuk XTZ3200, yaitu mesin bor jumbo dengan tiga boom pintar dan dikendalikan dari jarak jauh yang pertama di China untuk aplikasi tambang dan pembuatan terowongan. Alat ini memiliki “sistem penglihatan kedalaman jarak jauh”, seperti dilaporkan im-mining.com (27/11).

XCMG juga memperkenalkan wheel loader terbesar sejauh ini, XC9350, yang bertenaga listrik dan dengan payload 35t.  Selain itu, pabrikan ini meluncurkan roadheader terbesar yang pernah dibuat untuk aplikasi-aplikasi tambang dan pembuatan terowongan, XTR8/500.

Hingga kini belum banyak informasi lebih lanjut yang diberikan tentang mesin-mesin bor jumbo maupun roadheader tersebut, namun XCMG mengatakan bahwa XTZ3200 dapat membuat terowongan ukuran 8,9 m kali 10,2 m dan telah digunakan di terowongan kereta api Sichuan-Tibet, sementara XTR8/500 dapat menangani kekerasan batuan dengan pemotongan maksimal 150 MPa.

Khusus untuk XC9350, XCMG mengklaim alat ini sebagai “wheel loader bertenaga listrik domestik pertama dengan tonase terbesar, yang memiliki kemampuan me-recovery energi, hemat energi dan sangat efisien.” XC9350 memiliki berat 150 t dengan kapasitas bucket 18 m3.

Wheel loader XC9350 juga digambarkan sebagai alat pemuat bertenaga listrik yang menjadi pilihan terbaik untuk mendukung truk tambang 130-200 t, terutama cocok untuk penambangan terbuka di mana terdapat transportasi jarak pendek untuk pemuatan. Alat ini memiliki engine dengan tenaga 970 kW dengan dimensi 17,26 m x 5,7 m x 6,5 m.

Komponen-komponen utama wheel loader ini telah menjalani uji pasar yang ketat untuk mencapai masa pakai yang lama, biaya perawatan yang rendah, dan keandalan yang tinggi. Alat ini memiliki sistem hidraulik arus positif yang dikontrol secara elektronik, teknologi hemat energi, sensor beban, dan sistem kemudi & penanganan yang dikontrol secara elektronik.

Dengan sistem penggerak listrik tegangan tinggi AC-DC-AC, wheel loader ini menawarkan keandalan tinggi, teknologi canggih, operasi yang reliable, dan perawatan yang mudah. Sistem rem elektro-hidrolik yang terintegrasi dapat secara efektif mengurangi keausan pengereman mekanis.

“Sistem hidrolik kerja arus positif kontrol elektrik, yang dilengkapi dengan teknologi kontrol daya konstan, meningkatkan penghematan energi, memungkinkan respons alat yang cepat dan kemampuan manuver sistem hidrolik yang menghasilkan efisiensi operasional yang tinggi dari loader ini.” Kabin ROPS & FOPS yang dirancang secara ergonomis sesuai dengan standar ISO dan aman serta nyaman. (Sumber: im-mining.com)

Related posts