26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Mengapa Dayasakti Tertarik Pasarkan Excavator LOVOL?

Jika ada yang mengatakan pasar alat konstruksi Indonesia sudah penuh, sehingga tidak perlu lagi memperkenalkan brand-brand baru, Anda jangan lekas percaya. Para pemain industri ini meyakini kondisi pasar barang-barang modal tersebut sangat dinamis dan fluktuatif. Pasang surutnya sering tidak menentu. Pergerakannya mudah sekali terpengaruh oleh kondisi perekonomian secara keseluruhan.

Untuk dapat menangkap peluang-peluang pasar, Anda harus pandai membaca tanda-tanda zaman. Saat pandemi Covid-19 menjalar liar pada awal tahun 2020, contohnya, industri alat konstruksi tidak berdaya karena hampir semua proyek infrastruktur berhenti. Ketika tidak ada lagi proyek-proyek yang digarap, alat-alat yang ada kehilangan pekerjaan alias menganggur. Penjualan unit-unit baru maupun bekas terbengkalai. Kegiatan produksi pun ikut seret,  bahkan berhenti.

Saat tekanan pandemi itu mulai longgar pada pertengahan tahun 2021 ini, secara berangsur-angsur pasar alat berat konstruksi mulai membaik seiring dengan kembali pulihnya proyek-proyek konstruksi dan berbagai peluang pasar di sektor-sektor lainnya. Namun, situasi pasca krisis cenderung ditandai oleh ketidakpastian alias belum stabil. Kondisi ini dimanfaatkan oleh para pemain industri alat berat untuk memperkenalkan brand baru yang dianggap lebih sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

PT Dayasakti Mitra Mandiri (Dayasakti), misalnya, pada pertengahan tahun ini memperkenalkan brand excavator baru, yaitu Lovol. Sebetulnya, pabrikan asal Cina memproduksi beragam jenis alat berat, namun Dayasakti memutuskan untuk fokus pada excavator.

“Kami lihat masih ada peluang untuk memasarkan mesin-mesin excavator ke pasar Indonesia, terutama untuk mendukung berbagai industri yang sedang tumbuh pesat di  tanah air dewasa ini,” kata Sukur Sutrisno, Nasional Sales Manager Dayasakti kepada Equipment Indonesia beberapa waktu lalu.

Lovol memproduksi beragam model excavator mulai dari kelas mini hingga medium. Tipe yang paling kecil adalah mini excavator FR18E2-u (2-ton), FR60E2-H (6-ton) dan FR80E2 (8-ton). Sedang untuk kelas medium tersedia mulai dari FR150D (13-ton), FR220D (20-ton) hingga FR330D (33-ton). Untuk aplikasi-aplikasi Heavy Duty, tersedia FR 350E2-HD (35-ton), FR480E2-HD (48-ton) dan FR510E2-HD (51-ton).

Sukur menjelaskan bahwa produk-produk Lovol ini menggunakan komponen-komponen utama yang sudah sangat umum di pasaran, sehingga para pengguna tidak perlu mengkhawatirkan ketersediaan suku cadangnya. Komponen-komponen yang dimaksudkan adalah engine, main pump, main valve dan swing motor. Sementara merek-merek engine yang menggerakkan excavator-excavator Lovol ini beragam. Mini excavator, misalnya, menggunakan engine Yanmar 4TNV94L. Sedangkan excavator kelas 13-ton ditenagai oleh engine Isuzu dan excavator kelas 20 hingga 51 ton menggunakan engine Cummins dan Isuzu. Untuk main pump, main valve dan swing motor, tersedia dua opsi, yaitu Kawasaki dan Doosan. Untuk travel motor, yang digunakan adalah merek Nabtesco/Doosan.

“Produk-produk Lovol sangat bagus dan Lovol sudah menggunakan sistem managemen mutu serta administrasinya standar internasional,” jelas Sukur mengenai alasan Dayasakti tertarik untuk memasarkan produk-produk Lovol ini.

Selain itu, ia menambahkan, mesin-mesin Lovol sudah didukung dengan kesiapan aftermarket support. “Apalagi komponen-komponen utama yang digunakan sudah sangat umum di pasaran, sehingga sangat mudah untuk mendapatkan pasokan suku cadang untuk komponen-komponen seperti engine, main pump, main valve dan swing motor.”

Untuk mendukung pemasaran produk-produk Lovol di Indonesia, Dayasakti menyediakan gudang suku cadang dan menyediakan layanan-layanan terbaik bagi para pelanggan dengan memberikan servis langsung kepada para customer maupun dengan memberikan pelatihan bagi tim teknisi customer.

 Dayasakti akan memasarkan produk-produk Lovol ini ke seluruh wilayah Indonesia melalui cabang-cabangnya yang tersebar di berbagai kota penting mulai dari Jakarta, Surabaya, Semarang,  Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Makassar, Medan, Pontianak, Samarinda, Denpasar hingga Banjarmasin. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi: www.dayasakti.net.

Related posts