34.8 C
Jakarta
Nov 26, 2020.
Aftermarket Top News

Begini Proses Pembuatan High Pressure Hose Liebherr

Tahukah Anda bahwa Liebherr Indonesia Perkasa (PTL) menawarkan selang bertekanan tinggi (high pressure hose) dengan standar kualitas istimewa untuk peralatan tambang.

Optimalisasi performa alat berat tidak terlepas dari peran penting yang dimainkan oleh komponen selang hidrolik (hydraulic hose). Adapun kegunaan utama selang hidrolik adalah sebagai penghantar fluida seperti oli ke dalam pompa hidrolik untuk diolah lebih lanjut menjadi tenaga bertekanan. Cairan itu akan dialirkan ke seluruh bagian unit untuk menggerakkan aktuaktor.

Penggunaan hydraulic hose pada alat berat harus memenuhi tuntutan pekerjaan unit. Pada alat tambang, misalnya, hydraulic hose dituntut untuk bekerja dengan tekanan tinggi, suhu panas, serta harus menangani sejumlah besar cairan. Itu sebabnya selang hidrolik untuk mesin-mesin tambang harus mempunyai sifat tekanan tinggi. Artinya, hydraulic hose harus terbuat dari material karet yang didesain khusus untuk menahan tekanan suhu mesin.

Menyadari arti penting hydraulic hose pada peralatan tambang,  PT. Liebherr Indonesia Perkasa telah mengembangkan bisnis komponen selang hidrolik bertekanan tinggi sesuai standar suku cadang genuine Liebherr untuk ditawarkan kepada pelanggan-pelanggannya di Indonesia. Komponen-komponen selang bertekanan tinggi ini dibuat menggunakan mesin khusus yang sudah tersertifikasi pada fasilitas produksi milik PTL sendiri di Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Fasilitas pembuatan hose PTL terdapat di Balikpapan, Kalimantan Timur, yang dikerjakan oleh tenaga-tenaga profesional dan mengaplikasikan teknologi canggih,” kata Hadityo Sugiarto, General Manager Sales & Marketing, Mining PT. Liebherr Indonesia Perkasa kepada Equipment Indonesia baru-baru ini.

Ia menambahkan, komponen-komponen selang hidrolik bertekanan tinggi tersebut umumnya diproduksi untuk memenuhi kebutuhan mesin-mesin hidrolik merek Liebherr. PTL juga terus melakukan pengembangan berkelanjutan dengan konsep kualitas dan inovasi untuk memastikan pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

PTL yang didirikan pada tahun 1997 di Balikpapan ini memposisikan dirinya sebagai mitra dari pelanggan. Membangun  kerjasama intensif sebagai mitra pelanggan adalah bagian inti dari filosofi Liebherr. Perusahaan yang bertanggung jawab atas penjualan, distribusi dan servis mesin-mesin tambang merek Liebherr ini terus membangun kerjasama dengan beberapa pelanggannya di Indonesia. Berkat kerja sama ini, kata Hadityo, setiap pelanggan diberikan layanan yang sangat baik, konsultasi mendalam, dan waktu tunggu yang singkat untuk setiap produk high presure hose yang mereka butuhkan.

Sejak memulai bisnis high presure hose, basis pelanggan PTL meliputi perusahaan-perusahaan yang beroperasi di industri tambang, khusunya tambang batubara, tembaga dan emas.  “Melalui investasi berkelanjutan dalam penelitian dan pengembangan, rangkaian produk hose bertekanan tinggi Liebherr terus berkembang dan mampu menghasilkan jenis selang yang benar-benar baik kualitasnya. Berkat kombinasi durabilitas dan inovasi ini, PTL terus mendapatkan kepercayaan dari pelanggan-pelanggannya di Indonesia,” ujarnya.

Standar kualitas tinggi

Kualitas dan Keamanan Tertinggi adalah janji dari Liebherr untuk setiap produk dan layanannya. Untuk menjamin keamanan maksimal, ukuran serta jenis hose yang dibuat berdiameter DN20, DN 25, DN 32, DN 40 dan DN 50, yang terdiri dari enam (6) lapisan kawat dan empat (4) lapisan kawan. Semua jenis selang harus melalui beberapa uji teknis. Komponen-komponen selang ini diproduksi dengan standar industri dan dikontrol dengan ketat.

“Kepatuhan terhadap standar kualitas ini dipantau lansung dan dijamin oleh manajemen kami pada seluruh proses produksinya. Sebelum meninggalkan pabrik kami di Balikpapan, semua rakitan selang telah diuji tekanannya untuk menjamin bahwa hanya produk dengan kualitas terbaik yang dikirim,” Hadityo menjelaskan.

Ia menambahkan bahwa PTL menguji semua produk dengan menggunakan peralatan uji mutakhir, seperti perangkat pengukur untuk ekspansi volumetrik, peralatan uji untuk ketahanan eksternal, internal dan fleksibilitas.

Liebherr Indonesia Perkasa juga telah mendapatkan sertifikat standar dari Liebherr International untuk setiap rakitan selang yang akan dikeluarkan sehingga memastikan dokumentasi lengkap dari prosesnya.

“PTL menawarkan komponen-komponen selang bertekanan tinggi dengan kualitas premium – yang dibuat di Indonesia dengan mutu yang tersertifikasi dari Jerman – dikombinasikan dengan inovasi berwawasan ke depan dan layanan pelanggan yang luar biasa,” pungkasnya. #

114 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts