Alat Berat
Construction EQ Press Release Top News

Caterpillar Global Operator Challenge Indonesia 2022: Kompetisi Mencari Operator Terbaik

Caterpillar Global Operator Challenge Indonesia 2022 merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap peran penting operator alat berat dalam proses pembangunan.  

PT Trakindo Utama telah mengumumkan operator terbaik hasil kompetisi ‘Caterpillar Global Operator Challenge (GOC) Indonesia 2022’ yang diselenggarakan di Pantai Cucukan, Gianyar, Bali pada 10-11 Agustus 2022. Gunawan dari Tanjung Enim, Sumatera Selatan, yang mewakili PT Satria Bahana Sarana, keluar sebagai pemenang dalam ajang kompetisi keterampilan operator alat berat Caterpillar di tanah air ini.

Kompetisi nasional ini merupakan bagian dari rentetan kompetisi global yang diadakan Caterpillar bersama dealernya, Trakindo, untuk mencari operator alat berat terbaik di dunia. Sebanyak 26 peserta dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam kompetisi ini. Operator alat berat terbaik akan mewakili Indonesia di kompetisi babak regional Asia Pasifik di Jepang pada Oktober mendatang.

Bagi Trakindo, kompetisi ini merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap peran vital operator alat berat. “Keahlian operator serta alat berat yang tepat sangat penting dalam upaya mencapai standar kinerja tertinggi di tengah upaya pemulihan ekonomi dan pembangunan infrastruktur yang tengah gencar dilakukan di Indonesia. Kami paham, tidak sedikit operator Indonesia memiliki kemampuan kelas dunia. Berbagai tantangan yang kami siapkan di kompetisi tahun ini adalah untuk menguji kemampuan mereka dalam menggunakan alat berat dengan cepat, tepat, akurat, dan tetap memperhatikan faktor keselamatan,” kata Derry Afifudin Adiwijaya, Manager Customer Experience & Marketing Communication Trakindo.  

Ia menambahkan, “Pengoperasian alat berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi pengoperasian dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Para peserta menyelesaikan berbagai tantangan dengan sangat baik, tapi kami mencari satu orang dengan nilai tertinggi untuk menjadi wakil Indonesia.”  

Alat berat berperan vital dalam keberhasilan pembangunan infrastruktur, serta penting pula dalam merangsang pemulihan ekonomi di berbagai sektor industri. Di sinilah, keterampilan operator alat berat menjadi salah satu kunci penentu, karena lewat kendalinya, alat berat dapat dioptimalkan fungsinya dan mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Di ajang GOC Indonesia 2022, para peserta harus menunjukan keahliannya menaklukkan berbagai tantangan dengan keahlian mereka. Pemilihan operator terbaik bertumpu pada hasil nilai akhir yang diberikan tim juri yang meliputi penilaian kemahiran pengoperasian alat berat, keahlian, dan kecepatan para peserta menaklukkan rintangan yang diberikan, serta faktor keselamatan. Faktor-faktor penilaian tersebut telah dirumuskan untuk mendapatkan operator alat berat terbaik.

Selama dua hari, keterampilan para peserta diuji dengan mengoperasikan tiga jenis alat berat, yaitu hydraulic excavator Cat 320 GX, mini excavator Cat 305.5E2, dan medium wheel loader Cat 966 GC. Untuk Cat 320 GX, peserta harus menghadapi beberapa tantangan, yaitu menjatuhkan rubber cone dan memindahkan beban dengan tepat dan cepat; lalu melakukan penggalian sesuai spesifikasi yang telah ditentukan.

Untuk mini excavator 305.5E2, peserta harus menjatuhkan bola dengan berbagai ukuran tanpa menjatuhkan rubber cone; dan mendorong bola ke gawang serta memasukkan bola ke dalam keranjang. Sedangkan untuk wheel loader Cat 966 GC, peserta diharuskan melalui rintangan dengan meliuk-liuk tanpa menyentuh rubber cone; dan loading material pada bucket secara maksimal. Aksi para peserta ini berhasil mengundang decak kagum dan aplaus dari khalayak.   

Setelah dinobatkan sebagai operator alat berat terbaik di Indonesia, Gunawan akan melanjutkan perjuangan menjadi wakil Indonesia di babak regional pada Oktober 2022 di Chichibu, Jepang. Pemenang babak regional akan berangkat ke Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat untuk memperebutkan gelar operator alat berat terbaik di dunia.

Apakah operator alat berat terbaik Indonesia ini mampu memprebutkan gelar sebagai operator terbaik Cat Asia Pasifik pada Oktober mendatang? Menurut Derry, peluang untuk bisa menang di kompetisi selanjutnya sama besarnya karena keterampilan operator-operator di Indonesia tidak kalah dari kolega-kolega mereka di negara-negara lain. Apalagi produk-produk Cat memiliki standar yang sama dan mereka juga menguasai teknologi. Meski demikian, Trakindo akan memberikan pelatihan khusus sekitar selama seminggu untuk operator yang akan bertanding pada babak regional di Jepang pada Oktober yang akan datang.

“Melalui kompetisi ini, kami berkesempatan memberikan fokus khusus pada operator alat berat dan menguatkan pentingnya peran operator yang terampil dan kompeten. Operator dengan kemahiran tinggi akan berkontribusi dalam produktivitas dan efisiensi melalui penggunaan alat berat Cat yang terpercaya. Hal ini merupakan wujud semangat Trakindo, Advancing You Forward untuk memajukan seluruh elemen dari stakeholder Trakindo. Kami optimis operator asal Indonesia akan mampu mengharumkan nama bangsa,” tutup Derry. #

Berita Terkait