26.4 C
Jakarta
Okt 20, 2020.
Machines Tools Top News

Dorong Manufaktur Pintar, Industri Machine Tools Taiwan Cari Mitra Lokal

Perusahaan-perusahaan peralatan mesin (machine tools) asal Taiwan mencari mitra-mitra lokal untuk menerapkan manufaktur cerdas (smart manufacturing) demi mendorong pertumbuhan industri manufaktur di Indonesia.

Industri peralatan mesin (machine tools) Taiwan menjadi tamu istimewa di ajang Manaufacturing Indonesia 2019 yang digelar awal Desember silam. Diorganisir oleh Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI), sebuah delegasi yang terdiri dari 33 perusahaan berpameran pada event berskala internasional yang diselenggarakan oleh PT Pamerindo Indonesia itu. Mereka menempati pavilion yang mengusung tema “Taiwan Smart Manufacturing – Your Intelligent Partner”.

Sepanjang empat hari pameran, 4 – 7 Desember 2019, perusahaan-perusahaan ini menggelar berbagai kegiatan seperti jumpa pers dan seminar. Beberapa eksibitor melakukan presentasi dan demo produk yang disaksikan oleh para pelanggan maupun calon pelanggan mereka. Perusahaan-perusahaan ini menghadirkan berbagai solusi, berupa teknologi dan mesin, seperti teknologi untuk pemotongan dan pembentukan logam, dari mesin-mesin CNC, precision tools hingga berbagai asesoris dan komponen.

Presentasi produk dan diskusi panel (Kredit foto-foto: EI)

Produk-produk peralatan mesin asal Taiwan tidak terlalu asing di kalangan para pelaku industri manufaktur Indonesia. Sudah banyak pabrik yang menggunakan mesin-mesin made in Taiwan. Namun, pangsa pasarnya masih kalah dari brand-brand terkemuka asal Jepang dan Jerman.

Tujuan utama keikutsertaan delegasi Taiwan dalam Manufacturing Indonesia 2019 adalah meningkatkan kontribusi manufaktur cerdas Taiwan dalam memajukan industri manufaktur di Indonesia. Sebagaimana diketahui, industri machine tools Taiwan sudah lama menjadi pesaing kuat dengan raksasa industri global, seperti Jerman dan Jepang. Menurut data Taiwan Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia, pada tahun 2018, industri mesin negara itu mengalami kenaikan tingkat produksi tahunan ke rekor tertinggi sekitar USD 39,2 miliar.

Krist Y.B Yen, Deputy Executive Director dari Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) mempresentasikan perkembangan industri peralatan mesin Taiwan saat jumpa pers.

Krist Y.B Yen, Deputy Executive Director dari Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) menyebut Indonesia sebagai salah satu pasar paling potensial untuk peralatan mesin Taiwan. “Taiwan merupakan salah satu pemasok utama peralatan mesin untuk pasar Indonesia dan akan terus melayani sebagai mitra terbaik bagi Indonesia,” ungkapnya saat jumpa pers, Rabu (4/12/2019) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Dia merujuk pada impor mesin dari Taiwan ke Indonesia dalam dua tahun terakhir. Impor peralatan mesin dan aksesoris buatan Taiwan pada 2018 mencapai USD 85 juta, naik 23,56% dibandingkan periode yang sama tahun 2017, dan menjadi pemasok mesin ketiga terbesar di Indonesia, menyumbang 11,79% dari total impor tahunan, yang senilai USD 724 juta.

John C. Chen, Duta Besar Taiwan dan Krist Y.B Yen, Deputy Executive Director dari Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) berfoto bersama beberapa eksibitor asal Taiwan seusai jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/12)

Dilaporkan, dari total mesin bubut dan mesin pembentuk logam (turning machine) yang diluncurkan pada periode Januari hingga Desember 2018, Indonesia menyerap sekitar USD 63 juta. Taiwan menyumbang 14,93% dari total senilai USD 9 juta. Untuk machining center, Indonesia mengimpor USD 55 juta selama periode yang sama dan Taiwan memasok 16% atau sekitar USD 9 juta. “Ekspor produk-produk machining center dari Taiwan ke Indonesia merupakan yang tertinggi kedua tahun 2018, sedangkan ekspor mesin bubut dan mesin pembentuk logam berada di peringkat ketiga tertinggi pada tahun ini,” paparnya. 

Dalam pameran ini, Taiwan ingin memperkenalkan solusi manufaktur cerdas kepada para mitra manufaktur Indonesia. Untuk itu, produsen machine tools Taiwan bekerja sama dengan Perangkat Otomasi Mesin Tunggal dan Smart Set-Top Box mempresentasikan konsep “Visualisasi Produksi”  kepada para mitra manufaktur di Indonesia.

Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di antara produsen  Indonesia tentang bagaimana menerapkan kecerdasan tunggal mesin untuk meningkatkan kualitas manufaktur dan efisiensi pengolahan, mengotomatiskan periferal,  mengurangi SDM dan meningkatkan stabilitas, menerapkan pemantauan energi layanan di seluruh pabrik melalui aliran informasi produksi dan pada akhirnya meningkatkan kesadaran manufaktur untuk industri manufaktur pengolahan  lokal.

Adapun perusahaan-perusahaan machine tools Taiwan yang tampil pada pameran Manufacturing Indonesia 2019 ini, antara lain ATOP, HIWIN, ICP DAS, Golden Asia Industrial, Victor Taichung, CHUMPOWER, dan TOPKING.

ATOP memamerkan sistem conveyor cerdas dan robot yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI technology). Pabrikan yang sudah memiliki perwakilan di Jakarta dan Surabaya ini menyediakan serangkaian produk untuk otomasi industri.

HIWIN menampilkan solusi dan teknologi inovatif yang terdiri dari  manufaktur cerdas (jalur produksi otomatis) dan Torque Motor Rotary Table. Pabrikan ini telah mengembangkan serangkaian produk dan solusi yang melayani kebutuhan-kebutuhan industri manufaktur di Indonesia. Dengan solusi robot yang serba otonom, dan berbagi produk HIWIN lainnya yang bekerja secara sinkoron, pekerjaan-pekerjaan yang berulang sseperti bongkar/muat, pengelasan, pengecatan, inspeksi dan banyak lagi dapat dikerjakan secara efektif, efisien dan konsisten. Solusi ini meminimalkan kesalahan dan mencegah pemborosan.

ICP IDAS fokus pada akuisisi data, kontrol industri dan komunikasi sebagai salah satu solusi sistem yang lengkap, dengan lini produk yang paling luas dan kaya pengalaman aplikasi teknis. Perusahaan ini menawarkan enam solusi tematik untuk aplikasi pabrik sebagai dasar untuk Industri 4.0, termasuk “Pemeliharaan Prediktif, Keselamatan Industri, Pemantauan Lingkungan, Manajemen Energi, Efektivitas Peralatan Keseluruhan serta Keterlacakan”.

Golden Asia Industrial adalah produsen professional mengasah tabung mulus dan poros kromium untuk mesin-mesin berat, industri hidrolik, mesin-mesin pertambangan dan pertanian.

Victor Taichung adalah produsen machine tools terbesar Taiwan yang mengkhususkan diri dalam machining center, mesin bubut, dan mesin cetak injeksi plastik. Kemampuan integrasi vertikal Victor Taichung yang kuat membedakannya dari para pembuat mesin presisi lainnya. Perusahaan ini diklaim sebagai satu-satunya yang berbasis di Taiwan yang kemampuannya meliputi pengecoran, pengerjaan lembaran logam, permesinan dan perakitan. Sedangkan CHUMPOWER adalah produsen spesialis untuk alat chuck seperti bor chuck, tap chuck, penjepit dan sistem perkakas.

Yang terakhir adalah TOPKING yang memproduksi berbagai jenis dan fitur presisi mesin penggiling seperti mesin giling centerless, penggiling, penggiling silinder, penggiling internal, pusat lubang penggiling. #

342 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts