25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Aftermarket Construction Mining Press Release Top News

HCE Kembangkan Excavator Berbahan Bakar Hidrogen

Hyundai Construction Equipment (HCE) telah mengumumkan rencana untuk bekerja sama dengan Hyundai Motor Group untuk mengembangkan apa yang dikatakannya sebagai peralatan konstruksi bertenaga hidrogen pertama di dunia.

Hyundai Construction Equipment akan bekerja sama dengan unit-unit bisnis untuk mengembangkan excavator dan forklift bertenaga hydrogen (Kredit foto: Hyundai)

Hyundai Construction Equipment telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) mengenai rencana pengembangan bersama peralatan konstruksi sel berbahan bakar hidrogen dengan Hyundai Motors dan Hyundai Mobis pada Mabuk Research Center di Yongin-si, Gyeonggi-do, Korea.

Ketiga perusahaan itu akan mengembangkan forklift bertenaga hidrogen dan excavator bertenaga hidrogen berukuran sedang/besar.

Berdasarkan MOU itu, Hyundai Motors dan Hyundai Mobis akan merancang dan memproduksi sistem sel bahan bakar hidrogen, termasuk paket daya, sementara HCE akan merancang, memproduksi, dan mengevaluasi kinerja excavator dan forklift. Tanggal target untuk produksi dan distribusi massal telah ditetapkan pada 2023.

Tidak seperti peralatan mesin diesel konvensional, peralatan konstruksi listrik berbasis hidrogen menggunakan listrik yang dihasilkan melalui reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen sebagai sumber tenaganya, yang berarti tidak ada emisi gas beracun ke udara.

Mengingat meningkatnya permintaan untuk peralatan ramah lingkungan di seluruh dunia, HCE berharap peralatan konstruksi berbasis hidrogen populer di pasar konstruksi global.

Menurut Hyundai, sel bahan bakar hidrogen jauh lebih mudah berkembang daripada baterai lithium, yang telah dirusak oleh isu-isu struktural yang membatasi berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas baterai. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih logis untuk forklift besar atau excavator.

Jajaran hydraulic excavator Hyundai yang ditampilkan pada acara Customer Gathering di Balikpapan tahun 2019 (Dok. EI)

Hwang Jong-hyun, kepala divisi R&D untuk Penanganan Material Hyundai di HCE, mengatakan, “Dengan perjanjian terbaru ini, kami telah menyiapkan sebuah yayasan di mana kami dapat mengamankan teknologi inti dalam peralatan konstruksi bertenaga hidrogen di depan para pesaing kami.

“Hyundai Construction Equipment akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi tantangan-tantangan yang ada di depan ketika negara-negara di seluruh dunia berupaya untuk menetapkan standar-standar global dalam hal mensertifikasi kinerja peralatan dan melegalkan undang-undang yang relevan untuk komersialisasi peralatan konstruksi bertenaga hidrogen, dan memainkan peran utama di pasr yang bergerak maju.”

Juga untuk penggarapan mesin-mesin konstruksi bertenaga hidrogen HCE mengatakan bahwa mereka akan terus fokus pada sumber-sumber daya alternatif lain, seperti excavator mini bertenaga listrik yang diproduksi perusahaan pada tahun 2018 bekerja sama dengan Cummins. (Sumber: HCE)

101 total views, 8 views today

Related posts