Equipment APP.
Business Technology Top News

Indotruck Command & Data Center: Terobosan Layanan Berbasis Digital di Dunia Alat Berat

PT Indotruck Utama meluncurkan Indotruck Command and Data Center (ICDC), yakni sebuah fasilitas yang mengintegrasikan seluruh data operasional cabang dan alat berat terkait penjualan, purna jual, administrasi, monitoring unit break down, layanan purna jual dan administrasi, serta berbagai data lain yang akan menjadi dasar bagi perusahaan untuk melakukan penanganan dan perbaikan.

Ruangan “Indotruck Command and Data Center (ICDC)”. Foto: ITU

Setelah tahun lalu memperkenalkan aplikasi ITU Connect yang menjadi sarana para  pelanggan melakukan transaksi dengan PT Indotruck Utama (ITU) bahkan untuk terhubung dengan unit-unit truk dan alat berat mereka, ITU kembali meluncurkan fasilitas berbasis teknologi digital yang canggih, yaitu Indotruck Command and Data Center (ICDC) pada Rabu (12/7/2023) di Jakarta.

ICDC merupakan fasilitas yang mengintegrasikan seluruh data operasional cabang dan alat berat terkait penjualan, purna jual, administrasi, monitoring unit break down, layanan purna jual dan administrasi, serta berbagai data lain yang akan menjadi dasar bagi perusahaan untuk melakukan penanganan dan perbaikan. ICDC juga teritegrasi dengan layanan Call Center ITU di nomor hotline 150488 (150-ITU) untuk memastikan setiap pertanyaan, masukan dan keluhan pelanggan termonitor hingga penyelesaiannya.

Fitur-fitur yang ada pada ICDC, antara lain, adalah koneksi ke truk-truk dan alat-alat berat milik para customer melalui jaringan seluler dan satelit. ICDC juga terhubung dengan sistem ERP yang ada di ITU. Seluruh data ini dikirim ke ICDC untuk dianalisis dan dibuat dalam berbagai laporan (dashboard) untuk selanjutnya memberikan rekomendasi kepada ITU dan para pelanggan tentang hal-hal yang perlu ditindaklanjuti atau diperbaiki.

Data-data yang disajikan berupa telematics, GPS Tracking, konsumsi bahan bakar, running hours, productivity, alert & warning dan error codes. Sedangkan untuk layanan purna jual, para user dapat mengakses spare parts order tracking, mechanic dan service job tracking, pengiriman alat berat, hingga status penagihan (billing).

Baca Juga :  CNH dan HD Hyundai Umumkan Program Inovasi Bersama

“Teknologi digital sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi digital harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kepuasan para pelanggan,” kata Bambang Prijono, President Director PT Indotruck Utama saat peluncuran Indotruck Command and Data Center ini.

Peresmian ICDC ini juga dihadiri oleh para petinggi Volvo Trucks Corporation (VTC) dari Swedia, yaitu Roger Alm (President of Volvo Trucks), Per-Erik Lindstrom (SVP Volvo Trucks International) dan Jonas Nilsson (VP Sales – Volvo Trucks India & Indonesia)

Berita Terkait