25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Agriculture Construction Construction EQ Equipment Industry Machines Tools Top News

Ini Keunggulan Forklift Hyster UT Series

PT DSL Indonesia, agen forklift brand Hyster di Indonesia, resmi meluncurkan Hyster Utility Series kepada para pelanggannya di Indonesia pada ajang Manufacturing Indonesia 2019 yang dihelat di Kemayoran, Jakarta awal Desember lalu. Kehadiran alat angkat anyar ini melengkapi dua model forklift terdahulu, yaitu Hyster HFT dan Hyster HXT. Tiga model forklift ini menyasar segmen pasar yang berbeda.

Hyster UT Series memiliki dua dua varian, yaitu kapasitas 1,5 ton dan 3,5 ton. Model yang terbaru ini  merupakan buatan Hyster-Yale Maximal Materials Handling Co., Ltd. (“HY Maximal”). Seperti diketahui, pada Desember 2017 lalu, Hyster-Yale Materials Handling, Inc. membeli 75% saham Zhejiang Maximal Forklift Company Limited. Perusahaan yang bermarkas di Hangzhou, China ini merupakan perusahaan yang fokus pada desain dan produksi peralatan material handling.

Agus Haryono, Asst. Sales Manager PT DSL Indonesia, menyebut beberapa keunggulan forklift Hyster UT Series. Pertama, forklift ini menggunakan mesin Yanmar dari Jepang. Jadi, meskipun dibuat oleh pabrikan asal China, tetapi engine-nya dari Jepang. Kedua, dari sisi desian, menurut Agus, forklift ini nyaman buat operator karena memiliki jok yang cukup lebar.

Ketiga, display atau dasbord  Hyster UT ini sudah digital  dan tidak analog lagi. Berbagai informasi terkait kondisi dan performa alat tercantum pada dasbord. “Informasi yang ada di display itu sebetulnya standar seperti bahan bakar, overheat dari radiator, hot atau cool. Selanjutnya ada informasi terkait kelistrikan, perawatan dan working hours,” ujarnya kepada Equipment Indonesia, Kamis (5/12/2019).

Seperti Hyster HFT dan Hyster HXT, Hyster UT ini juga sudah menggunakan transmisi matic. Agus mengatakan Hyster memang sejak awal tidak menggunakan transmisi manual. “Sekarang trennya memang matic, sama seperti mobil dan motor, semuanya menggunakan transmisi otomatis. Forklift Hyster UT ini pun demikian,” ujarnya.

Agus mengungkapkan, untuk peluncuran perdana hingga kuartal pertama tahun 2020, Hyster hanya memproduksi Hyster UT counterbalance engine diesel. “Tetapi nanti pada kuartal ketiga kami akan meluncurkan counterbalance yang elektrik,” ujarnya. Jenis baterai yang akan digunakan, menurut Agus, adalah lead-acid battery atau baterai basah.

 Ia menambahkan, kehadiran forklift Hyster UT elektrik bukan berarti yang diesel akan ditiadakan, tetapi baik yang elektrik maupun yang diesel akan dihadirkan bersamaan di pasar mulai kuartal ketiga 2020 nanti. “Jadi produk ini (Hyster UT diesel) tetap ada dan nanti diteruskan, tetapi mulai kuartal ketiga itu ada produk selanjutnya yang elektrik,” ujarnya.

Lantas bagaiman respons pasar Indonesia terhadap Hyster UT series ini? Agus mengatakan meski baru diluncurkan resmi pada Manufacturing Indonesia 2019, tetapi pada kuartal keempat 2019 sudah ada pre order sebanyak 8 unit. Ia mengatakan pihaknya memang tidak terlalu ambisius membuat target penjualan untuk tahun 2020. “Kami sadar kami masih melakukan penterasi pasar. Kami  hanya menargetkan 40 unit pada tahun 2020,” tutupnya. #

(Baca informasi selengkapnya pada Majalah Equipment Indonesia edisi Januari 2020)

 

52 total views, 1 views today

Related posts