Alat Berat
Business Construction EQ Press Release Top News

Hyundai Resmi Beli Divisi Peralatan Konstruksi Doosan

Doosan Infracore sudah secara resmi diakuisisi oleh Hyundai Heavy Industries sekarang ini, yang berpotensi mendorong perusahaan gabungan itu menjadi 10 produsen peralatan konstruksi teratas secara global.

Doosan Infracore akan menjadi anak perusahaan dari grup Hyundai Genuine baru. Hyundai Construction Equipment juga akan menjadi anak perusahaan. Kedua anak perusahaan konstruksi Hyundai dan Doosan yang berbasis di Korea Selatan akan beroperasi secara independen, kata Doosan.

Hyundai mengakuisisi 30% saham pengendali di Doosan senilai 850 miliar won ($722,5 juta), menurut The Korea Herald, Kamis (19/8). Kesepakatan itu mencakup semua peralatan konstruksi Doosan, kecuali Bobcat, yang diakuisisi Doosan pada 2007. Doosan Bobcat dan Doosan Infracore Amerika Utara memisahkan bisnis mereka pada 2018.

Anak perusahaan Doosan dan Hyundai akan secara mandiri “tumbuh bersama, saling melengkapi, bahkan bersaing dengan itikad baik di semua bidang, termasuk teknologi, produksi, pembelian, penjualan, dan kualitas,” kata sumber Doosan. “Hal ini akan memungkinkan bisnis kami untuk berkembang dan berhubungan dengan perusahaan-perusahaan lain yang dioperasikan oleh seluruh grup HHI.”

Doosan mengatakan tidak ada niat untuk menggabungkan anak-anak perusahaan Hyundai dan Doosan. “Penting untuk dicatat bahwa akuisisi ini dilakukan oleh HHIH (Hyundai Heavy Industries Holdings), dan bukan Hyundai Construction Equipment (HCE),” sebut pernyataan Doosan sebelumnya. “Berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam transaksi ini, tujuan akuisisi ini adalah agar Doosan Infracore dan HCE beroperasi sebagai perusahaan independen di bawah HHIH. Saat ini tidak ada rencana untuk menggabungkan HCE atau Doosan Infracore. Kedua perusahaan itu, bersama dengan orang-orang, jaringan-jaringan dealer, dan brand-brandnya, akan tetap independen satu sama lain setelah penjualan selesai.”

Doosan menyatakan pihaknya berencana untuk fokus pada komersialisasi Concept-X, yang menggabungkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan teknologi informasi dan komunikasi, serta memajukan teknologi lain, seperti excavator listrik, paket baterai, dan sel bahan bakar hibrida.

“Secara bersama-sama, kedua merek akan bergabung sebagai pemain top global, menempatkan kami lebih dekat untuk mencapai tujuan menjadi pemain top 5 global,” kata sumber Doosan.

Pembelian Doosan Infracore dapat memperkuat posisi grup Hyundai Genuine baru ke posisi keenam secara global untuk penjualan peralatan konstruksi, dengan pangsa pasar 4,9% dari total penjualan global, berdasarkan Yellow Table KHL 2021.

Doosan saat ini memiliki penjualan $7,1 miliar dan berada di peringkat kesembilan, sementara Hyundai memiliki penjualan $2,3 miliar dan berada di peringkat ke-22, menurut Yellow Table.

Kesepakatan itu terjadi setelah induk Doosan Infracore, Doosan Heavy Industries & Construction, berusaha menjual segmen konstruksinya untuk melunasi hutang besar yang telah dikeluarkannya. Satu batu sandungan untuk kesepakatan itu adalah perselisihan hukum dengan pemegang saham minoritas Doosan Infracore China. Perusahaan baru-baru ini membeli kembali 20% saham di anak perusahaan China untuk menyelesaikan perselisihan dan membuka jalan bagi kesepakatan Hyundai. (Sumber: The Korea Herald)

Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More