26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Dua alasan mengapa Zoomlion menguat di pasar di luar negeri selama semester 1-2021

Pasar Zoomlion di luar negeri menguat selama semester pertama tahun 2021 berkat performa produk yang kuat dan strategi lokalisasi.

Zoomlion unggul di pasar luar negeri pada paruh pertama 2021 berkat kinerja produk yang kuat dan strategi lokalisasi. Foto: Zoomlion

Zoomlion Heavy Industry Science & Technology Co., Ltd. (Zoomlion) melaporkan pertumbuhan yang kuat di pasar internasional pada paruh pertama tahun 2021, mencapai sukses besar di pasar-pasar kunci, yang mendukung tren tersebut.

Pabrikan ini telah mengekspor mesin-mesin konstruksi dan pertanian dalam jumlah besar ke pasar Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, Asia Tenggara dan Afrika, di mana proyek-proyek konstruksi besar sedang berlangsung, mengutip laporan Zoomlion, Jumat (9/7).

Pada bulan April lalu, delapan unit tower crane bertonase besar Zoomlion, TC8039-25, berhasil melakukan misi penting, yakni terlibat dalam pekerjaan menutupi atap Stadion Lusail, tempat Piala Dunia FIFA Qatar 2022™ akan digelar. Stadion ini memecahkan rekor dunia karena menggunakan bangunan atap tunggal berupa jaring kabel dengan bentang terbesar dan jarak kantilever terbesar dalam sistem jaring, serta struktur membran terbesar mencapai 45.000 m2.

Menurut perwakilan Zoomlion, iklim gurun tropis Qatar, dengan suhu tinggi, angin kencang, dan cuaca berdebu menantang operasi tower crane, dan memasang struktur-struktur baja di ketinggian 70 meter tidak diragukan lagi seperti “menari di ujung pisau”. Namun, alat-alat angkat Zoomlion ini berhasil menuntaskan pekerjaan itu dengan baik.

Pada bulan Maret lalu, crawler crane Zoomlion ZCC9800W berhasil menyelesaikan instalasi beberapa generator turbin angin dengan rentang antara 120 hingga 150 meter untuk proyek pembangkit listrik tenaga angin di Vietnam. Demi kenyamanan para pelanggan dalam mengoperasikan mesin-mesin Zoomlion, pabrikan ini melakukan strategi lokalisasi. Zoomlion menawarkan layanan-layanan lokal, bahkan mengubah bahasa layar (di kabin), kunci-kunci, skala crane, dan manual operasional ke dalam bahasa Vietnam. Sebuah tim layanan teknis juga melakukan perjalanan ke sana untuk melatih para operator lokal.

Pada bulab berikutnya, April 2021, Zoomlion mengirim 100 unit peralatan pemindah tanah ke negara-negara Belt and Road Initiative (BRI) di Asia Tenggara, yang akan berkontribusi pada berbagai proyek pembangunan infrastruktur di kawasan itu.

Pabrikan ini juga menandatangani beberapa pesanan di pasar Eropa dan Amerika Utara, di mana permintaan pasar untuk peralatan yang ramah lingkungan telah meningkat pesat karena persyaratan emisi yang makin ketat.

Alat-alat akses (boom aerial work platform) bertenaga listrik dari Zoomlion dengan keunggulan seperti waktu operasi yang lama, pengisian daya yang cepat, bobot yang ringan dan bebas kebisingan, mencatat lonjakan penjualan. Pabrikan ini bekerja tanpa henti untuk mengembangkan dan memproduksi produk mesin kerja udara dengan energi hijau.

Tower Crane 5G Zoomlion

Seorang karyawan Zoomlion mendemonstrasikan cara kerja Remote Intelligent Control System dari Tower Crane 5G pada Changsha International Construction Equipment Exhibition (CICEE) 2021. Foto: Zoomlion

Zoomlion juga mengembangkan mesin-mesin pintar. Salah satu contohnya adalah demonstrasi Remote Intelligent Control System dari Tower Crane 5G pada acara Changsha International Construction Equipment Exhibition (CICEE) 2021 beberapa waktu lalu, dilansir dari rilis Zoomlion Selasa (17/8). Tower crane 5G Zoomlion ini merupakan alat angkat pintar yang dikendalikan dari jarak jauh.

Zoomlion sukses mendemonstrasikan sistem (“System”) kontrol jarak jauh cerdas dari tower crane 5G ini di Zhengzhou (Cina) beberapa waktu lalu dan menyelesaikan pengangkatan pertamanya pada pembangunan Sekolah Zhengzhou Jiangshan. Pengembangan produk ini berdasarkan proyek tower crane tanpa awak Zoomlion dengan dukungan teknologi 5G yang canggih dari Henan Telecom.

System ini memungkinkan kontrol yang cerdas dari jarak jauh, yang menggantikan operasi-operasi sebelumnya yang dilakukan di ketinggian atau permukaan tanah. Teknologi ini telah mengisi celah dalam pengangkatan tower crane cerdas dari jarak jauh, mendorong  restorasi tower crane, memodifikasi metode konstruksi, meningkatkan lingkungan kerja operator dan mengurangi intensitas tenaga kerja untuk menjamin keselamatan para pekerja.

Sistem ini terdiri dari empat sistem mutakhir. Pertama, sistem pengawasan menyeluruh dengan menggunakan video, dengan melakukan pengamatan menyeluruh dan dari berbagai sudut pergerakan crane dan area sekitarnya (termasuk titik-titik buta), yang meningkatkan kenyamanan operasi dan memastikan keselamatan konstruksi.

Kedua, visualisasi sistem penelusuran cerdas terhadap hook (pengait) tower crane, yang terdiri dari kamera-kamera inframerah dan peralatan penginderaan digital, sehingga meningkatkan akurasi pengangkatan dan secara efektif mengurangi bahaya-bahaya keselamatan tersembunyi selama proses pengangkatan.

Ketiga, sistem pemantauan status tower crane secara digital dengan memanfaatkan beragam sensor yang dapat memonitor dan menampilkan semua parameter yang meliputi tinggi boom, kecepatan angin, suhu dan kelembaban dan dapat memprediksi arah pergerakan tower crane untuk menghindari bahaya dan melindungi keselamatan operator.

Keempat, sistem pengangkatan anti-tabrakan dan cerdas, dengan memanfaatkan latensi rendah dan stabilitas jaringan 5G, mengadopsi kamera-kamera teropong dan menggabungkan teknologi-teknologi kecerdasan buatan (AI) dan penglihatan komputer untuk memperoleh deteksi rintangan dalam jarak 10 meter dari hook.

Digerakkan oleh strategi “Product 4.0A” Zoomlion, pabrikan ini telah berhasil menerapkan teknologi 5G pada tower crane, crane, truk pompa dan excavator, serta pembaruan jalur-jalur produksi pintar dan pabrik-pabrik cerdas.

Pada masa mendatang, Zoomlion akan terus bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan 5G terkemuka untuk mempercepat transformasi dan pembaruan digitalnya dalam upaya membangun pabrik-pabrik pintar kelas dunia dan semakin mendorong pembaruan pintar produk-produknya. (Sumber: Zoomlion)

Related posts