Equipment APP.
Technology Top News

Kalmar Perkenalkan Collision Warning System

Unit-unit Straddle Carrier Kalmar sedang beroperasi di Maher Terminals Port Elizabeth New Jersey AS. Foto: Kalmar

Kalmar memiliki komitmen yang tinggi pada keamanan. Bahkan, faktor keamanan menjadi salah satu nilai utama pabrikan itu dalam penanganan kontainer di pelabuhan. Karena itu, Kalmar memperkenalkan Collision Warning System (Sistem Peringatan Tabrakan) untuk peralatan Straddle Carrier (peralatan penanganan kontainer) yang masih dioperasikan secara manual. Sistem ini bisa menjadi salah satu pilihan tambahan baik untuk mesin-mesin baru maupun mesin-mesin lama tetapi harus melakukan upgrade.

Bagaimana cara kerja Collision Warning System Kalmar ini? Dikutip dari rilis Cargotec Copration, Rabu (31/5/2023), para pengemudi akan diberi peringatan (alert) baik lewat penglihatan maupun notifikasi ketika ada risiko terjadi tabrakan. Dengan peringatan itu, maka para pengemudi masih memiliki waktu untuk menghindari terjadinya benturan.

Notifikasi itu sangat membantu mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya tabrakan dan juga mengurangi tingkat stres bagi para operator. Dengan peringatan itu pula, para pengemudi selalu waspada dan fokus setiap saat. Selain itu, sistem ini juga dapat membantu mendeteksi objek yang berada di depan mesin atau di posisi yang tidak terjangkau oleh mesin. Sistem yang sama juga dapat mengingatkan para pengemudi jika jarak antara alat dengan kontainer – baik yang bermuatan penuh maupun yang kosong – terlalu dekat. Dengan peringatan itu, maka pengemudi tetap mampu mengontrol secara penuh alat yang dikemudikan sehingga tidak terjadi benturan.

Dengan mengurangi risiko tabrakan, pada akhirnya sistem ini akan sangat membantu  menghemat biaya perbaikan yang tidak terduga atau tidak terencana. Selain itu, sistem itu bisa juga memperpanjang umur alat dan mengurangi biaya asuransi.

“Keselamatan adalah salah satu prinsip penting yang didesain di Kalmar. Dan, kami sangat konsisten memperkenalkan fitur-fitur dan fungsi-fungsi baru yang sangat membantu para pelanggan dalam meningkatkan keselamatan operasional mereka. Collision Warning System akan membantu dan memastikan kepada para pelanggan kami bahwa mesin-mesin mereka bisa bekerja dengan lebih aman. Lebih dari itu, sistem ini pada akhirnya dapat menghemat biaya perbaikan dan memperpanjang umur alat,” kata Senior Manager Product Management Kalmar, Jeroka Alanko. Sumber: Cargotec Corporation

Baca Juga :  Kelangkaan Ban Alat Berat Ancam Produksi Batubara

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy