27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Daya Kobelco Dua Dekade di Era Normal Baru

Tanpa terasa PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia telah 20 tahun berkiprah di bumi Indonesia, berkontribusi untuk membangun negeri tercinta ini di berbagai sektor industri.

PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (Daya Kobelco) sudah berdiri sejak 7 November 2000 yang awalnya berlokasi di Cilandak Commercial Estate, Jakarta Selatan. Hingga kini perusahaan ini sudah memiliki ribuan pelanggan dengan berbagai latar belakang kegiatan industri yang tersebar luas di banyak kota di Indonesia. DKCMI telah memiliki 25 Cabang dan Service Station yang tersebar di seluruh Indonesia dengan Kantor Pusat yang kini terletak di Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Saat ini, beragam produk hydraulic excavator dan crawler excavator dengan berbagai tipe unit telah dipasarkan oleh Daya Kobelco, dari kelas Mini, Midi hingga Heavy. Selain itu, perusahaan ini memasarkan alat angkat jenis Crawler Crane.

Untuk menjamin para pelanggan mendapatkan alat berat terbaik Kobelco, DKCMI fokus pada empat hal: daya tahan (durability), kenyamanan operator (operator comfort), perawatan (maintainability), dan konsumsi bahan bakar yang rendah (low fuel consumption). Perusahaan ini memastikan Anda mendapatkan unit yang tangguh, kenyamanan bagi operator Anda untuk hasil kerja yang lebih baik dalam jangka waktu lama, dan kemudahan untuk melakukan perawatan unit.

Selain itu, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dari tipe sebelumnya, tentunya biaya operasional akan menjadi lebih rendah dan memberikan keuntungan yang lebih besar dari bisnis yang Anda jalankan. Seiring dengan kampanye pengurangan penggunaan bahan bakar di seluruh dunia, Kobelco juga selalu memberikan fokus utama pada penurunan atau penghematan penggunaan bahan bakar fosil pada setiap unit yang dikembangkan dan diproduksinya.

Sejak awal berdirinya, PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan-pelanggannya. Salah satu caranya adalah dengan tidak hanya mendistribusikan alat-alat berat Kobelco (Excavator dan Crawler Crane), namun juga menyediakan layanan purna jual (after sales service) seperti penyediaan suku cadang dan perbaikan (service) khusus Kobelco dan juga tersedia used machine department.

Untuk memberikan pelayanan terbaik dalam segi service, DKCMI memiliki Training Center untuk pengembangan mekanik agar bisa menjadi mekanik yang handal dan profesional. Hasil ini dibuktikan saat Kontes Mekanik Asia yang diselenggarakan setiap tahun dimana mekanik dari DKCMI selalu menjuarai Kontes Mekanik tingkat Asia tersebut dan menjadi wakil Asia di tingkat Kontes Dunia. Mengirimkan peserta kontes yang selalu berbeda setiap tahunnya membuat kualitas mekanik DKCMI merata, baik dalam sisi teknikal maupun non teknikal.

Untuk mendukung kelancaran bisnis para pelanggan, DKCMI juga memberikan edukasi berupa User Training (Pelatihan untuk para pelanggan). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengoperasian dan pemeliharaan unit-unit Kobelco dengan cara mendatangkan pelatih dari Kobelco yang kompeten untuk memberikan pelatihan langsung di tempat pelanggan ataupun di site.

Tawarkan beragam model excavator

Berbagai model excavator Kobelco yang dipasarkan oleh PT Daya Kobelco (Foto: DKCMI)

Daya Kobelco menawarkan beragam model excavator dari kelas yang kecil (mini dan midi) hingga model heavy duty. Untuk kelas yang kecil (Mini), perusahaan ini menyediakan tipe SK35SR dan SK50P. Sebagai pionir Mini Excavator di Indonesia, Daya Kobelco telah berkomitmen untuk tetap menyediakan unit Mini dengan standar terbaik untuk berbagai macam jenis pekerjaan di lahan atau area kerja yang sempit. Kedua tipe tersebut menggunakan teknologi yang didesain dengan menyesuaikan kondisi iklim tropis seperti di Indonesia, yaitu dengan penyematan sistem INDr (Integrated Noise Reduction Cooling system) sebagai pengaman dan penyaring kotoran untuk membantu memaksimalkan sistem pendinginan pada engine.

Kedua mini excavator Kobelco tersebut juga mempunyai desain bodi Short Tail Swing, yaitu bagian ekor (belakang) didesain tidak jauh melewati lebar crawler unit itu sendiri (0 mm pada SK35SR dan 190 mm pada SK50P). Dengan desain itu, unit-unit mini ini bisa digunakan untuk pekerjaan di area yang sempit.

Dari segi keamanan, SK50P ditopang dukung dengan Cabin Unit yang sudah didukung fitur-fitur ROPS (Roll Over Protective Structure), TOPS (Tip Over Protective Structure) maupun FOPS (Falling Object Protective Structure). Sedangkan mini excavator SK35SR sudah dilengkapi dengan TOPS (Tip Over Protective Structure).

Untuk kelas Midi Excavator tersedia SK75-11, SK130-8, dan SK130HDL-8. SK130-8 adalah peningkatan dari generasi sebelumnya untuk pekerjaan di bidang industri konstruksi dengan tenaga yang lebih besar namun dengan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien dan emisi gas buang yang lebih rendah. Dengan postur yang tidak terlalu besar mesin ini lincah beroperasi, namun tetap menghasilkan volume kerja yang tinggi. Itu sebabnya unit-unit pada kelas ini menjadi favorit di berbagai bidang yang membutuhkan hasil produksi besar dalam waktu yang singkat.

Sementara tipe SK130HDL-8 adalah unit khusus dengan “Logging Spec” yang mempunyai ground clearance tinggi dan ground pressure rendah untuk mendukung produktivitas pekerjaan di lahan basah. Upgrade juga dilakukan dengan penambahan ketebalan rangka dan undercarriage untuk menjaga durabilitas alat selama bekerja.

Pengembangan pada tipe SK130-8 dan SK130HDL-8 berfokus pada “3E”, yaitu Enhancement, Economy & Environment. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, terdapat peningkatan pada sisi performa dan efisiensi yang dilakukan dengan menggunakan mesin berbasis sistem Common Rail. Penggunaan mesin Common Rail membuat penggunaan bahan bakar lebih hemat dan efisien. Hal tersebut juga membuat unit Midi Excavator Kobelco ini memenuhi regulasi dunia yang menuntut perkembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

SK75-11 adalah unit pertama dari generasi ke-11 excavator Kobelco. Unit yang rancangan utamanya adalah untuk penggunaan di sektor konstruksi ini didesain dengan konsep “Performance X Design” yang benar-benar baru. Desainnya  menyelaraskan kinerja, efisiensi, dan produktivitas yang lebih besar melalui peningkatan daya dan kecepatan unit dalam beroperasi. Desain yang berbasis pada operator, untuk pengoperasian dan kenyamanan bekerja sambil terus menciptakan kemampuan unit yang tak tertandingi, dan tak terlupakan setelah Anda menggunakannya.

Dari Excavator Kelas Heavy hingga Crawler Crane

Untuk kelas Heavy, Daya Kobelco menyediakan SK200-10, SK210LC-10, SK330-10, SK350DLC-10, SK520XDLC-10 dan 80-ton, yaitu SK850. SK200-10 dan SK210LC-10 adalah unit kelas 20-ton yang paling banyak peminatnya karena tipe unit ini adalah all around atau bisa dipergunakan hampir di seluruh bidang industri yang membutuhkan alat berat. Dengan operating weight dan tenaga yang berada di atas kelas Midi, unit kelas 20-ton siap mengerjakan semua tugas dan tentunya dengan pilihan attachment yang beragam.

SK210LC-10 dengan Long Reach Attachment memberikan jangkauan lengan lebih jauh hingga 15.820 mm (standar 9.900 mm), dan kedalaman penggalian hingga 12.010 mm (standar 6.700 mm). Kelas 30-ton dan 50-ton seperti SK330-10, SK350DLC-10, SK520XDLC-10 dan SK850 juga masih sangat dibutuhkan mengingat potensi sumber daya alam Indonesia yang melimpah, terutama pada bidang pertambangan.

SK350DLC-10 dikhususkan untuk aplikasi “log loader” (pemuatan batang kayu) dengan ukuran batang kayu yang besar. Tipe ini mempunyai beberapa kelebihan, yaitu kekuatan mesin dan grapple yang lebih besar, serta arm (lengan) yang lebih panjang (dibandingkan dengan tipe SK350LC), yang membuat tipe ini sangat cocok untuk proses pemuatan batang-batang kayu besar ke dalam truk pengangkut. Proses kerja alat ini pun dibantu dengan sistem elevating cab, dimana kabin operator dapat dinaikan posisinya hingga 2,6 m dari posisi standar dan dengan sudut pandang hingga lebih dari 5 m dari permukaan tanah. Dengan sistem ini, maka operator dapat melihat posisi peletakan batang kayu di dalam bak truk pengangkut dengan lebih baik.

Crawler Crane Kobelco CKL1000i & 7055-3F (Foto: EI)

Untuk unit Crawler Crane Kobelco, kelas terkecil (minimal) ada di kapasitas 55-ton, yaitu tipe 7055-3F. Crane Kobelco kelas 56 hingga 100-ton yaitu tipe CKS800, CKS900, BMS800, BMS1000, dan CKL1000i. Kelas 101 hingga 185-ton yaitu tipe CKS1100, CKS1350, 7120S, CKE1800-1F, CKL1350i, dan BMS1200HD. Kelas 248 hingga 299-ton yaitu tipe 7250S, CKS2500, dan CKL2600i. Kelas 300 hingga 399-ton yaitu tipe CKS3000. Kelas 400 hinggga 499-ton yaitu tipe SL4500S. Dan terakhir kelas 500 hingga 699-ton yaitu tipe SL6000S. Untuk membantu para pelanggan agar lebih mudah memenuhi kebutuhan-kebutuhan unit crane, maka saat ini PT DKCMI telah menyediakan stock unit crane di Indonesia, yaitu tipe unit 7055-3F dan CKL1000i.

Struktur dan Semangat Baru

Excavator SK130HDL-8 yang dirancang khusus dengan “Logging Spec” dengan ground clearance tinggi dan ground pressure rendah (Foto: EI)

Selain memasarkan berbagai produk excavator dan crane, Daya Kobelco juga selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk bumi pertiwi ini. Salah satunya adalah dengan membantu sesama melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Pada tahun 2005, misalnya, perusahaan ini turut berkontribusi secara nyata untuk korban bencana alam tsunami di Aceh dan pada tahun 2006 juga berinisiatif untuk mengulurkan bantuan sebagai upaya kepedulian atas bencana gempa di Yogyakarta.

Selain itu, DKCMI juga menyelenggarakan regular Blood Donation Day (donor darah) yang akhirnya acara ini dilakukan secara rutin setiap tahun. Yang terakhir, DKCMI juga turut serta dalam memberikan bantuan terhadap para korban bencana gempa dan tsunami yang terjadi di kota Palu tahun 2018.

Peringatan dua dekade berdirinya PT Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia yang jatuh pada 7 November 2020 silam menjadi momen yang istimewa sekaligus menantang bagi DKCMI. Hari bahagia itu dirayakan di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia dan dunia. Rasa syukur segenap karyawan dan pimpinan diwujudkan dengan terus menyatukan semangat dan energi optimis untuk Indonesia yang sedang membutuhkan banyak dukungan dari semua pihak dalam segala lini pembangunan. Oleh karena itu, peringatan dua dekade ini akan dijadikan sebagai momen dan langkah signifikan untuk menyediakan energi baru di era normal baru.

Bertepatan dengan ini, untuk menyambut dekade berikutnya, DKCMI juga melakukan perubahan dalam struktur organisasi perusahaan. Pada 1 April 2021, perusahaan ini melakukan peralihan kepemimpinan kepada Akifumi Yokomori sebagai President Director dan Masao Katsuki sebagai Vice President Director yang baru. Dengan semangat berevolusi untuk masa depan yang lebih baik (Evolving For Better Future), DKCMI menempatkan generasi muda dipucuk pimpinan dengan harapan bisa membawa angin perubahan baru dengan ide-ide dan semangat yang lebih segar dan mampu mengikuti perubahan jaman yang baru ini, dimana persaingan semakin ketat dan teknologi semakin berkembang dalam setiap lini kehidupan.

Untuk mengikuti perkembangan jaman itu, DKCMI mengambil langkah-langkah baru. Dari segi informasi, DKCMI telah melakukan beberapa perubahan pada website www.dayakobelco.com (coming soon) agar masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan informasi tentang DKCMI dan alat-alat berat Kobelco yang dipasarkannya, juga bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memilih alat-alat berat yang tepat untuk pemenuhan kebutuhan alat berat yang sesuai dengan aplikasi atau kegiatan yang akan dijalankannya.

DKCMI juga telah meluncurkan akun di beberapa media sosial seperti Instagram (@ptdayakobelcocmi), Facebook (Daya Kobelco CMI) dan Youtube (DAYA KOBELCO CMI) sebagai alat komunikasi dan berbagi informasi dan promosi antara DKCMI dengan para customer khususnya, dan dunia pada umumnya.

Selain itu, DKCMI juga telah mempersiapkan beberapa rencana dan teknologi baru untuk memenuhi kebutuhan unit yang bisa diandalkan bagi masyarakat Indonesia. Semangat ini diiringi juga dengan perubahan dan peningkatan pada internal DKCMI dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang juga akan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Indonesia. Harapannya, dengan semangat baru dan energi positif untuk berevolusi ini dapat menyatu dengan segenap elemen bangsa lainnya untuk Indonesia yang lebih baik dalam menyongsong era normal baru. #

Related posts