27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Komatsu & Honda Bermitra Kembangkan Micro Excavator Bertenaga Listrik

Sebuah prototipe micro electric excavator PCO1 Komatsu (foto sebelah kiri) yang menggunakan paket baterai Honda (foto sebelah kanan) – Foto: Komatsu

Honda dan Komatsu bersepakat untuk mengembangkan produk-produk yang berkontribusi untuk mengurangi dampak lingkungan. Honda telah memperluas rangkaian produk-produk yang ditenagai dengan Honda MPP. Kedua pabrikan asal Jepang itu, dikutip dari rilis Komatsu pada Kamis (10/6), mengumumkan dimulainya pengembangan bersama mesin-mesin Micro Electric Excavator Komatsu PC01 yang ditenagai dengan baterai Honda Mobile Power Pack dan pembentukan Sistem Berbagi Baterai (Battery-Sharing System) untuk industri-industri teknik sipil dan konstruksi.

Berdasarkan perjanjian pengembangan bersama itu, kedua belah pihak akan mengalirkan tenaga listrik pada micro excavator PC01 Komatsu dengan melengkapinya dengan MPP Honda dan unit daya listrik (eGX). Biasanya mesin seperti ini digunakan sangat dekat dengan orang-orang, pepohonan, dan bunga-bunga untuk pekerjaan pemasangan pipa, berkebun, pertanian, peternakan dan sejenisnya. Komatsu berencana untuk meluncurkan micro excavator bertenaga listrik PC01 ini pada akhir tahun 2021.

Menggunakan energi listrik memungkinkan level kebisingan mesin ini akan berkurang signifikan, dan PC01 akan dapat bekerja secara baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selain itu, MPP Honda menawarkan keuntungan penggunaan mesin listrik secara terus-menerus tanpa mengisi ulang baterai.

Setelah meluncurkan PC01, Honda dan Komatsu akan melakukan uji verifikasi untuk meningkatkan kenyamanan peralatan konstruksi listrik ini dengan memasok MPP Honda ke lokasi-lokasi teknik sipil dan konstruksi serta menawarkan layanan purna jual, termasuk sistem penggantian baterai.

Ke depannya, para mitra tidak hanya akan mengembangkan elektrifikasi bersama-sama untuk micro excavator bertenaga listrik dan mesin-mesin mini excavator lainnya hingga kelas 1 ton, tetapi juga melakukan studi-studi bersama tentang elektrifikasi berbasis MPP untuk berbagai peralatan yang digunakan pada lokasi-lokasi pekerjaan teknik sipil dan konstruksi, serta peluncuran bisnis di luar negeri.

Pengembangan mesin-mesin mini excavator yang bertenaga listrik bukan hal baru bagi Komatsu. Pada tahun 2008, pabrikan itu memperkenalkan mesin hybrid hydraulic excavator ke pasar dan disusul dengan peluncuran mini electric excavator PC30E-5 (penggerak hidraulik) yang menyasar pasar rental di Jepang pada April 2020. (Sumber: Komatsu)

Related posts