34.8 C
Jakarta
Nov 26, 2020.
Equipment Agriculture Construction EQ Industry Press Release Top News

Komitmen Cepat dan Pasti Trakindo Untuk Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Trakindo menghadirkan layanan dan produk-produk unggulan yang dapat berkontribusi positif pada kemajuan bisnis pelanggan dengan meluncurkan komitmen Cepat & Pasti, juga dozer dan minihex terbaru.

Dozer Cat D6GC didesain untuk memberikan berbagai kemudahan mulai dari akses perawatan, melakukan diagnosa hingga kabin yang nyaman dan mudah dioperasikan. Produk ini juga dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga 10% berkat kombinasi horsepower, kapasitas blade dan operating weight yang lebih besar.

Perekonomian Indonesia mencapai titik nadirnya pada kuartal kedua tahun 2020. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan karena adanya kekhwatiran meluasnya penularan Covid-19. Kebijakan itu memaksa sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja dari rumah. Mereka takut tertular oleh virus yang mematikan itu.

Akibatnya, aktivitas-aktivitas ekonomi nyaris berhenti total. Kondisi ini terefleksikan dalam kinerja ekonomi makro Indonesia pada periode April-Juni yang mengalami kontraksi sebesar 5,32%. Sebagian besar sektor termasuk pertambangan dan konstruksi mengalami pertumbuhan negatif.

Memasuki kuartal ketiga, perekonomian Indonesia secara perlahan-lahan mengalami pemulihan, meski pertumbuhannya masih negatif. Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020 ini berada di rentang -0,6% hingga -1,7%. Pemerintah terus mengupayakan percepatan pemulihan ekonomi sehingga diharapkan pada kuartal keempat ini pertumbuhannya semakin mendekati teritori positif. Tentu upaya pemerintah ini tak akan berhasil apabila tanpa dukungan dari masyarakat, termasuk dunia usaha.

Memasuki kuartal ke-4 tahun 2020, arah kebijakan nasional semakin terfokus pada meminimalisir dampak pandemi dan percepatan pemulihan ekonomi. PT Trakindo Utama, penyedia solusi alat berat Cat®, terus beradaptasi dan berinovasi untuk menghadirkan layanan dan produk unggulan yang dapat berkontribusi positif pada kemajuan bisnis pelanggan dengan meluncurkan komitmen layanan Cepat & Pasti, juga produk-produk generasi terbaru dozer Cat® D6GC dan mini hydraulic excavator (minihex) Cat® 305E2 CR.

Peluncuran solusi-solusi tersebut sebagai bentuk komitmen Trakindo untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. “Dalam perjalanan Trakindo mulai tahun 1970, tentu kami mengerti apa yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan kami. Bahkan dalam situasi pandemi seperti saat ini kami juga tetap berkomitmen untuk tetap melakukan inovasi dan memberikan yang terbaik bagi para customer supaya dalam situasi yang sangat challenging ini kita semua bisa bertumbuh dan juga mendukung program-program pemerintah dalam hal meminimalisir dampak pandemi dan juga mendorong percepatan pemulihan perekonomian,” ungkap David Freddynanto, Chief Marketing Officer Trakindo saat konferensi pers, Rabu (27/10). EI

Empat Komitmen Cepat & Pasti Trakindo

Peluncuran komitmen Cepat & Pasti dan produk-produk terbaru Dozer Cat® D6GC dan Minihex Cat® 305E2 CR, Selasa (27/10/2020)

Komitmen Cepat & Pasti Trakindo mencakup beberapa hal. Pertama, komitmen untuk memberikan respons kepada para customer kurang dari satu jam. “Apabila customer butuh bantuan, butuh support, kami berkomitmen bahwa kurang dari satu jam Trakindo akan memberikan respons,” ujar David meyakinkan.

Kedua, komitmen ketersediaan critical parts (suku cadang penting) yang akan tersedia dalam waktu 24 jam. David mengatakan Trakindo sangat memahami  dampaknya akan sangat besar apabila unit yang dimiliki oleh pelanggan tidak bisa beroperasi karena ketidaktersdiaan parts. “Karena itu, untuk critical parts kami berkomitmen customer mendapatkan dalam waktu 24 jam,” ujar David.

Ketiga, Trakindo berkomitmen untuk mengirimkan teknisi pada hari yang sama ke site pelanggan. David mengatakan dalam situasi trouble, Trakindo tidak mau alat-alat pelanggan tak bisa digunakan dalam waktu yang lama karena hal itu bisa berdampak pada keterlambatan penyelesian proyek. “Karena itu, komitmen Trakindo adalah mengirimkan teknisi pada hari yang sama,” imbuhnya.

Kemudian, yang tak kalah penting, sebagai bentuk dari komitmen Cepat & Pasti ini, pada akhir pekan Trakindo tetap melayani pelanggan. “Di hari Sabtu dan Minggu kami berkomitmen untuk tetap melayani para pelanggan,” ujar David.

Sebagai bagian dari komitmen Cepat & Pasti ini, pada Juni lalu Trakindo sudah meluncurkan aplikasi Trakindo Customer App (TCA), ini sekaligus menjadi jawaban Trakindo untuk beradaptasi dengan kondisi New Normal di tengah pandemi Covid-19.

Aplikasi Trakindo Customer App dilengkapi beragam fitur mulai dari status transaksi, permintaan servis, status pengiriman suku cadang, hingga pemantauan operasional alat berat pelanggan. “Kami berharap dengan adanya aplikasi ini, maka semua akses informasi dapat dilakukan dengan cepat dan mudah,” ujar David. EI

Dukungan teknisi handal

Minihex Cat® 305E2 CR memiliki titik servis yang mudah diakses dari permukaan tanah

David mengatakan komitmen Cepat & Pasti Trakindo didukung oleh teknisi-teknisi yang handal. Sebagai dealer Caterpillar, ia menjelaskan, tentunya semua kapabilitas dan kemampuan para teknisi Trakindo memiliki sertifikasi dengan menggunakan standar global Caterpillar.

“Saya dengan sangat yakin mengatakan bahwa Trakindo saat ini memiliki lebih dari 2.700 teknisi kelas dunia yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap memberikan yang  terbaik dalam mendukung program komitmen Cepat & Pasti Trakindo,” kata David.

Komitmen Cepat & Pasti ini tentu juga menghadapi tantangan karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang mengharuskan jaga jarak. Untuk itu, para teknisi yang turun ke lapangan akan dibekali peralatan yang memadai guna mencegah penularan Covid-19. Protokol kesehatan dijalankan secara ketat.

Ia menambahkan, sebelum mengirim teknisi ke lapangan, bila customer mengalami permasalahan dengan unitnya, terlebih dahulu konsultasi dilakukan via telepon. Karena bisa saja permasalahannya bisa diselesaikan hanya dengan konsultasi tanpa tatap muka. Teknisi bisa memberikan rekomendasi melalui telepon. “Apabila memang tidak bisa dilakukan, maka kami akan mengirim teknisi,” ujarnya.

Teknisi-teknisi yang ke lapangan dipastikan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat. “Kami sangat concern terhadap keselamatan dan kesehatan para customer dan juga teknisi-teknisi kami,” tutupnya. EI

 

117 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Related posts