Equipment APP.
Business Mining Press Release Technology Top News

Liebherr dan Fortescue Ubah Sumber Tenaga Excavator R 9400 Menjadi Konfigurasi Elektrik

Liebherr Mining dan Fortescue sudah berhasil mengubah excavator R 9400 dari mesin bertenaga diesel menjadi powertrain listrik. Pembangunan kembali sistem tenaga alat ini dilakukan di lokasi tambang Christmas Creek milik Fortescue di Australia Barat.

Excavator Liebherr R 9400 E yang diubah sumber tenaganya di tambang Christmas Creek milik Fortescue. Foto: Liebherr Mining

Untuk pertama kalinya, Liebherr mengubah salah satu excavator tambangnya, R 9400, dari konfigurasi diesel ke listrik. Sebuah Offboard Power Unit (OPU) hidrogen yang dirancang dan dikembangkan oleh Fortescue akan digunakan untuk mentenagai R 9400 E yang baru dikonversi dan saat ini sedang menjalani uji coba di area pengujian nol emisi yang dibangun khusus oleh Fortescue di Christmas Creek.

Perubahan sumber tenaga pada R 9400 E mencerminkan upaya bersama Liebherr dan Fortescue untuk mengembangkan solusi-solusi nol emisi dalam operasi tambang. Para ahli dari kedua perusahaan itu terlibat dalam proyek ini, yang berlangsung di cabang Liebherr-Australia di Perth, Australia Barat.

“Liebherr gembira karena Fortescue memilih untuk berkolaborasi dengan Liebherr dalam upaya bersama kami untuk mempercepat tercapainya masa depan pertambangan tanpa bahan bakar fosil. Proyek repower ini menunjukkan bahwa dekarbonisasi juga dapat dilakukan dengan mesin-mesin Liebherr yang sebelumnya ditenagai dengan engine diesel,” kata Oliver Weiss, Wakil Presiden Eksekutif bidang R&D, Engineering, dan Manufacturing Liebherr Mining, dikutip Rabu (24/1/2024).

Weiss melanjutkan, “Desain modular peralatan Liebherr memungkinkan untuk mengubah sumber power dari unit-unit excavator diesel yang ada ke konfigurasi nol emisi baru, seperti powertrain elektrik.”

Pada masa mendatang, kata dia, mesin-mesin diesel yang dibeli para pelanggan saat ini juga dapat diubah konfigruasinya menjadi alat listrik. “Fakta bahwa kami dapat memudahkan transisi dari armada tambang tradisional ke armada tambang tanpa emisi bagi pelanggan-pelanggan kami adalah salah satu strategi utama Program Tambang Nol Emisi Liebherr.”

Baca Juga :  Volvo dan SSAB kembangkan kendaraan baja bebas fosil

“Ini merupakan tonggak sejarah yang menarik bagi Fortescue dan Liebherr seiring kami bekerja sama untuk mengembangkan solusi- solusi nol emisi yang dibutuhkan dunia untuk melangkah melampaui bahan bakar fosil,” kata Chief Executive Officer Fortescue Metals, Dino Otranto.

“Kemitraan kami dengan Liebherr adalah contoh kolaborasi sejati dan bagaimana industri berat dapat bekerja sama untuk melakukan dekarbonisasi dan menyingkirkan bahan bakar fosil,” pungkasnya. Sumber: Liebherr

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy