27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Mengintip Fasilitas Reman Liebherr di Balikpapan Saat Pandemi

Salah satu solusi inovatif yang ditawarkan Liebherr Indonesia bagi pelanggan-pelanggannya adalah memproduksi berbagai komponen dan suku cadang secara lokal yang dikerjakan oleh teknisi-teknisi yang terlatih dan berpengalaman. Dengan memproduksi sendiri di dalam negeri, Liebherr mampu menyediakan berbagai komponen dan suku cadang dengan kualitas yang sama dengan standar Eropa tetapi dengan harga yang kompetitif.

Proses dis-assembly (pembongkaran) hydraulic cylinder. Foto: PTL

PT Liebherr Indonesia Perkasa (PTL) yang bermarkas di Balikpapan, Kalimantan Timur didirikan pada Februari 1997. Sejak awal, Liebherr Indonesia mewakili Grup Liebherr dan portofolio produk-produk pertambangannya di pasar Indonesia. Perusahaan ini fokus pada distribusi dan layanan mesin-mesin hydraulic excavator, dozer, dan off-road truck, serta menyediakan berbagai layanan lain seperti remanufaktur (reman) berbagai komponen dan produksi komponen-komponen utama.

Ada tiga bidang usaha yang digarap Liebherr Indonesia di Balikpapan, yaitu manufacturingremanufacturing (reman), dan production house plus warehouse. Divisi reman me-rebuild komponen-komponen Liebherr, yang dibuat mengikuti standar-standar pabrik Liebherr, sehingga mendapat garansi dari pabrik.

Bisnis reman sudah dirintis Liebherr sejak awal berdirinya pada tahun 1997. Gagasan di balik pembentukan fasilitas remanufaktur lokal, sebagai salah satu lini bisnis Liebherr Indonesia, adalah untuk meningkatkan dan memperluas layanan yang diusulkan untuk para pelanggan setelah penjualan unit-unit alat.

Program remanufaktur Liebherr Indonesia memungkinkan layanan rekondisi kotak splitter dan penyegelan kembali silinder. Pekerjaan-pekerjaan ini didukung oleh teknisi-teknisi lokal yang terlatih dan berpengalaman di bawah pengawasan Graeme Dalzell, General Manager Operations; Carter Byron, Maintenance Advisor; dan Rudi Hartono, Remanufacturing Supervisor.

Selain melakukan rekondisi, Divisi Reman Liebherr Indonesia juga memproduksi berbagai komponen dan spareparts. Strategi ini dilakukan untuk memudahkan tim lokal yang melakukan perbaikan (rekondisi). Mereka akan secara rutin memeriksa semua komponen dan mengganti komponen-komponen yang perlu diganti. Semua perbaikan dilakukan dengan standar pabrik Liebherr dan digaransi sebagai unit-unit baru.

Mengapa Liebherr Indonesia memproduksi berbagai komponen dan spareparts secara lokal supaya memudahkan pekerjaan tim servis. Sebab, kalau semuanya diimpor, proses servis akan terhambat karena butuh waktu lama untuk mengorder suku cadang maupun komponen dan harganya lebih mahal pula. Namun,  dengan memproduksi sendiri di dalam negeri, Liebherr Indonesia mampu menyediakan berbagai komponen dan suku cadang dengan kualitas yang sama dengan standar Eropa tetapi dengan harga yang kompetitif. Ini salah satu solusi inovatif yang ditawarkan Liebherr bagi pelanggan-pelanggannya di Indonesia.

Dengan pendekatan ini, Liebherr Indonesia mengintegrasikan ke dalam produk-produknya komponen-komponen dan spareparts buatan sendiri secara lokal dengan teknologi terbaik Liebherr mulai dari engine, elektronik, hidrolik, electric alternator, drive system, sistem suspensi, sistem kontrol, bahkan hingga injection system, yang semuanya  itu direkayasa dan dibuat sendiri oleh Liebherr Indonesia.

Tantangan baru saat pandemi

Proses machining. Foto: PTL

Saat Indonesia dilanda pandemi global COVID-19, terjadi lonjakan harga komoditas (batubara) dan kondisi ini mendorong meningkatnya permintaan komponen-komponen remanufaktur lokal untuk membantu commissioning kembali peralatan yang sebelumnya diparkir dan meningkatkan target produksi tambang.

Pandemi global itu menimbulkan tantangan baru bagi perusahaan ini. Gangguan rantai pasokan suku cadang internasional telah berdampak buruk pada kemampuan produksi ulang Liebherr Indonesia, karena ketersediaan suku cadang yang dibutuhkan tidak diberikan sesuai dengan tingkat seperti saat pra-pandemi.

Selain itu, juga terdampak oleh peraturan pengurangan tenaga kerja dari pemerintah daerah, yang membatasi jumlah total staf (25%) yang diizinkan bekerja fasilitas reman. Menghadapi situasi baru tersebut, perusahaan ini melakukan perubahan kebijakan.

“Menjadi prioritas kami untuk merencanakan perubahan komponen, meninjau persyaratan suku cadang, dan tingkat persediaan,” ungkap Graeme Dalzell. Dia menambahkan, “Kami mengalokasikan tenaga kerja hanya untuk komponen-komponen yang semua kebutuhan suku cadangnya tersedia atau pengiriman yang harus disegerakan berdasarkan permintaan.”

Strategi lain yang dilakukan Liebherr Indonesia selama masa pandemi adalah meningkatkan komunikasi dua arah dengan para pelanggan sebagai upaya untuk melakukan pertukaran komponen-komponen preventif sesuai dengan masa pakai yang diberikan. Hal ini ditempuh untuk menghindari kegagalan yang mungkin memerlukan penggantian komponen-komponen tambahan yang tidak biasanya harus diganti. Oleh karena itu, penting sekali memberikan laporan analisis oli kepada para pelanggan. Misalnya, memantau keausan yang tidak normal dalam sistem yang akan berdampak buruk pada umur komponen.

Untungnya, dengan tersedianya tim teknisi lokal yang profesional, kinerja kerja pasca-pandemi dapat dipertahankan sesuai level pra-pandemi. Semua tindakan kesehatan, keselamatan, dan lingkungan diterapkan untuk memastikan kesejahteraan teknisi Liebherr Indonesia selama pandemi ini.

Grup Liebherr memegang teguh nilai-nilai kekeluargaan dan nilai-nilai ini juga dimiliki oleh Liebherr Indonesia. Perusahaan ini bekerja dan bersinergi sebagai sebuah keluarga setiap saat dan dalam kondisi sesulit apapun.

Remanufacturing Supervisor Liebherr Indonesia, Rudi Hartono, berbagi cerita tentang perjalanannya selama bertahun-tahun bersama perusahaan. “Saya telah mengalami banyak hal, tetapi pandemi ini akan menjadi salah satu kisah yang tak terlupakan. Sangat menantang untuk bekerja dengan tenaga kerja dan jam kerja yang terbatas sambil berkembang untuk memberikan dukungan terbaik bagi para pelanggan dan menjaga kesejahteraan kami pada saat yang sama,” tuturnya.

Dia menambahkan, “Saya senang memiliki tim yang andal dan terima kasih kepada semua orang yang terlibat. Kami dapat mempertahankan hasil yang bagus dan memenuhi kebutuhan para pelanggan kami.”

Liebherr Indonesia selalu berupaya untuk mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman dan aman bagi setiap karyawannya, terutama pada masa pandemi seperti ini, guna mempertahankan standar kinerja yang baik dan memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan bagi pelanggan-pelanggannya. #

Related posts