27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Apa Yang Menjadi Fokus Operator Pengangkutan di Sektor Tambang dan Quarry?

Operator-operator tambang dan quarry terus mencari mesin-mesin yang saling terhubung yang memungkinkan mereka memantau secara real-time dan membantu mengendalikan biaya per ton.

Volvo CE mengatakan operator-operator truk-truk pengangkut (hauler) seperti A30G memberikan penekanan pada control biaya per ton. Foto: VCE

Yang selalu dicari oleh para operator kendaraan-kendaraan pengangkut material di tambang dan quarry dari alat-alat yang mereka operasikan adalah produktivitas tinggi dan efisiensi bahan bakar. Selain itu, belakangan mereka meminta para produsen untuk membuat mesin-mesin yang semakin terhubung satu sama lain.

Demikian pandangan Trozell Per, produck manager Volvo CE, yang menambahkan bahwa total biaya kepemilikan (TCO) juga merupakan kunci bagi pelanggan-pelanggan tambang. “Mereka ingin tetap mengontrol biaya per ton,” ujarnya.

Per mengatakan mesin-mesin yang saling terhubung menarik bagi para operator yang mengerjakan pengangkutan karena mereka dapat memonitor muatan secara real-time, misalnya dengan menggunakan sistem LoadAssist Volvo CE.

LoadAssist bekerja dalam kombinasi dengan aplikasi Maps, sistem manajemen lalu lintas yang memungkinkan para operator menghubungkan semua alat berat di tambang besar untuk memeriksa secara tepat lokasi wheel loader dan excavator saat ini. “Anda juga dapat melihat ke mana Anda pergi untuk membongkar muatan dan dengan itu Anda dapat melacak di mana Anda telah membongkar berbagai material berdasarkan jenisnya,” terang Per.

Dia menambahkan, Volvo CE terus berupaya melakukan inovasi-inovasi pengangkutan. Mulai Juni tahun ini, pemantauan tekanan ban, yang sudah tersedia pada wheel loader Volvo CE, kini telah diperluas ke mesin-mesin rigid dump truck (RDT) dan articulated dump truck (ADT).

Solusi pengangkutan otonom TARA dari Volvo CE menggunakan pengangkut TA15. Foto: VCE

Volvo CE terus mengembangkan sistem Automatic Traction Control (ATC) dengan sebuah fungsi yang disebut Terrain Memory. Teknologi ini mempelajari lokasi-lokasi tambang seperti lereng-lereng di mana terjadi slip roda sebelumnya dan melibatkan ATC untuk mendapatkan traksi yang lebih baik dan mencegah hal ini terjadi.

Volvo CE juga terus memperbarui perangkat Site Simulation, yang memasukkan data-data tentang tambang untuk memberikan rekomendasi konfigurasi armada terbaik kepada para operator, dan pengaturan lokasi untuk mengurangi biaya per ton serta memaksimalkan keuntungan. Perangkat ini dapat melakukan perbandingan-perbandingan armada campuran, dan mempertimbangkan faktor-faktor termasuk ukuran alat berat, kuantitas, konfigurasi armada, dan ukuran attachment yang optimal seperti bucket.

“Isu-isu emisi dan jejak karbon menjadi semakin penting,” kata Per. “Para pelanggan operator tambang dituntut untuk menunjukkan jejak karbon dari material-material yang dihancurkan, misalnya. Mereka datang kepada kami sebagai OEM dan menanyakan jejak karbon yang dihasilkan oleh produk-produk kami. Hal itu menjadi fokus utama kami sekarang ini,” ia menerangkan.

Masalah lain yang menjadi prioritas tinggi di kalangan pelanggan-pelanggan di sektor pengangkutan adalah keselamatan. Volvo CE telah terhubung dengan Hexagon untuk proximity detection system (PDS) yang terakhir yang dapat dipasang pada truk pengangkut dalam aplikasi penggalian dan penambangan untuk mendeteksi jika ada orang-orang di sekitar area operasi. Perangkat ini tersedia sebagai opsi pada alat-alat pengangkut buatan Volvo CE, yang memasok antarmuka untuk sistem Hexagon.

Ada dua pasar terbesar untuk mesin-mesin pengangkut Volvo CE, tetapi Per mengakui bahwa Cina sedang berkembang pesat. Dia menambahkan, Volvo CE tidak melihat dampak besar pandemi Covid-19 pada bisnis pengangkutan.

“Kami berasal dari posisi yang kuat (pra-COVID) di mana pabrik-pabrik berjalan dengan kapasitas penuh,” katanya. “Permintaan mesin-mesin rigid dump truck dan articulated dump truck Volvo masih sangat tinggi.”

Per menambahkan paket-paket stimulus besar yang dibuat untuk infrastruktur di AS, Cina, dan UE setelah pandemi menawarkan lebih banyak peluang untuk penjualan peralatan pengangkutan dan penggalian serta konstruksi lainnya. “Mereka berinvestasi dalam infrastruktur untuk mencoba dan menghindari resesi dan itu positif bagi kami,” tambahnya.

Volvo CE juga fokus pada pengembangan solusi-solusi tambang otonom bertenaga listrik, setelah mengetes konsep tersebut dalam uji coba tahun 2018 di tambang Vikan Kross dekat Gothenburg dengan pelanggannya Skanska.

Setelah uji coba ini, kini telah dikembangkan solusi transportasi otonom TARA yang menampilkan pengangkut otonom bertenega listrik TA15 – yang memiliki kapasitas angkut 15 ton – sebagai bagian penting dari penawaran itu. Sistem TARA saat ini sedang diuji coba dengan pelanggan yang tidak disebutkan namanya di Swedia.

“Kami sedang mengerjakan industrialisasi sistem TARA/TA15,” kata Per. “Kami berencana untuk membuatnya tersedia secara komersial dengan implementasi pelanggan pertama di Eropa pada akhir 2021. Itu targetnya tetapi akan dalam skala kecil.”

Dia menambahkan bahwa sulit untuk memprediksi potensi solusi pengangkutan otonom di pasar quarry, tetapi mengatakan: “Kami akan melihat peningkatan dalam sistem ini setelah kami membuktikan bahwa mereka hemat biaya, ramah lingkungan, dan berfungsi sebagaimana yang diinginkan.

“Kami tertarik dengan sistem ini di seluruh Eropa, termasuk dari Swiss dan Jerman. Biaya pengaturan awal sedikit lebih tinggi, tetapi setelah semuanya dipasang, pengangkutan material dengan sistem ini benar-benar hemat biaya.”

Per mengatakan bahwa semakin banyak pelanggan sekarang yang bertanya kapan mereka dapat melihat pengangkut-pengangkut bertenaga listrik tersebut. “Alat penggali yang meliputi mesin-mesin crusher dan conveyor semakin banyak yang bertenaga listrik dan para operator mengharapkan kami melakukan hal yang sama dengan mesin-mesin pengangkut.”

Inovasi-inovasi terbaru lainnya pada mesin-mesin pengangkut Volvo CE termasuk kontrol kecepatan menuruni bukit, dan fitur OptiShift yang memungkinkan operator memundurkan kendaraan tanpa menyentuh pedal apa pun.

Doosan kembangkan artic DA30 & DA45 baru

Artic Doosan DA30 yang baru memiliki payload 28 ton

Doosan telah meluncurkan ADT DA30 dan DA45 baru untuk pasar di Timur Tengah dan Afrika (MEA). Artic DA30 memiliki payload 28 ton, sedangkan artic DA45 dapat mengangkut 41 ton.

Versi ADT DA30 sebelumnya diperbarui pada tahun 2018 dengan berbagai fitur termasuk kabin baru, suspensi depan self-levelling baru, serta sistem bogie tandem baru, dan semua ini tergabung dalam model DA30 baru. Proses serupa telah diterapkan pada DA45 baru, dengan kabin baru dan suspensi depan semi-level yang menyesuaikan sendiri secara independen tergantung pada kondisi operasi untuk memastikan lingkungan kerja yang nyaman bagi operator. Kabin pada ADT ini memiliki pegangan tangan dan sandaran kaki baru yang nyaman dan tata letak yang lebih baik untuk tampilan yang dirancang agar lebih mudah digunakan bahkan untuk pengemudi yang penglihatannya sudah mulai kabur.

Model-model baru ini menawarkan sejumlah fitur lain termasuk desain baru untuk rangka depan dan komponen-komponen kap, yang menurut Doosan, telah dibuat oleh tim desainnya sesuai dengan tren pasar terbaru. Tampilan baru yang dinamis yang diterapkan  pada mesin-mesin ADT ini mencerminkan kinerja tinggi, kekuatan, dan kekokohan rangkaian mesin-mesin pengangkut Doosan tersebut.

Sejumlah perubahan fungsional pada mesin-mesin ADT baru tersebut dirancang untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan servis. Termasuk di dalamnya posisi baru tangki diesel. Posisinya tangki sekarang jauh lebih rendah dari sebelumnya, yang memungkinkan operator untuk mengisi bahan bakar sambil berdiri di samping alat (pengisian dari permukaan tanah).

Alat-alat pengangkut baru ini dilengkapi dengan sistem pengukuran muatan secara real-time sebagai standar dengan indikasi cahaya untuk para operator excavator, yang akan membantu mereka menempatkan muatan secara optimal pada  ADT untuk memastikan produktivitas yang sangat baik dan konsumsi bahan bakar yang rendah.

Sistem pelumasan juga telah dipindahkan agar mudah diakses dari permukaan tanah. Ruang telah disediakan di atas sistem pelumasan otomatis (yang merupakan standar) untuk kartrid gemuk tambahan dan pompa pengisian.

Selain itu, filter-filter transmisi telah dipasang di dekat sistem pelumasan, yang juga sangat mudah diakses. Semua sistem ini dilindungi untuk memastikan bahwa tetesan oli/gemuk berlebih dikumpulkan dan dapat dibuang selama servis dan pemeliharaan.

Kedua truk berat ini dilengkapi dengan pegangan tangan berbentuk bundar di sebelah luarnya untuk mencegah kecelakaan dan situasi berbahaya. Di dalam kabin, tersedia pegangan tambahan baru di sisi kanan untuk meningkatkan keselamatan bagi operator. Sistem elektronik dan hidraulik di truk-truk baru ini juga telah ditingkatkan untuk menawarkan peningkatan kinerja dengan fungsionalitas yang diperluas dan teknologi baru.

Doosan mengatakan pengembangan ADT DA30 dan DA45 yang baru ini berdasarkan hasil analisis pasar yang intensif, kunjungan-kunjungan para pelanggan, berbagai wawancara dengan para operator, dan umpan balik tambahan yang dikumpulkan oleh tim produk dan R&D Doosan ADT di pabrik ADT perusahaan di Elnesvågen, dekat Molde di Norwegia.

“Dengan menggabungkan semua fitur canggih ini, mesin-mesin ADT Doosan yang baru ini baru menetapkan tolok ukur unik dalam kinerja pengangkutan beban, efisiensi bahan bakar, peningkatan kemampuan kontrol, dan kenyamanan operator yang tinggi, bersama dengan peningkatan keandalan, daya tahan, dan pengurangan biaya perawatan dan servis,” kata pabrikan itu. (Sumber: Aggbusiness.com)

Artic TA 230 Litronic baru Liebherr

Artic TA 230 Litronic baru Liebherr memenangkan Red Dot Award: Product Design 2021. (Foto: Liebherr)

Liebherr baru saja memperkenalkan TA 230 Litronic –articulated dump truck (ADT) generasi baru yang pertama. Dikembangkan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi off-road yang menantang, mesin segala medan yang kuat dan bertenaga ini menggunakan front-end yang didesain ulang untuk menghasilkan ground clearance maksimal demi performa off-road yang unggul.

Misalnya, transmisi powershift yang ukurannya ringkas dipasang di bawah kabin operator sehingga benar-benar aman, sementara sistem aftertreatment gas buang telah ditempatkan di belakang kabin untuk menghemat ruang.

Ditenagai oleh engine 6 silinder yang sesuai dengan Stage V, TA 230 Litronic menghasilkan tenaga 265kW (360hp) melalui transmisi powershift otomatis delapan kecepatan, menghasilkan kecepatan maju maksimum 57 km/jam (16 km/jam saat mundur).

ADT TA 230 Litronic ini memiliki dump body yang besar dan kokoh yang dirancang untuk mengangkut muatan efektif 28 ton (18,1 m3). Pabrikan ini melakukan sejumlah perbaikan untuk mempercepat dan menjaga efisiensi selama proses bongkar – muat, serta untuk menjamin pengangkutan material yang aman. Truk berat ini menggunakan sistem timbang inovatif, yang dipasang sebagai fitur standar. Timbangan itu menunjukkan melalui tampilan pada layar di kabin operator bobot muatan saat pemuatan, sementara di bagian belakang terpasang lampu pemuatan (opsional) yang menunjukkan tingkat pemuatan dari luar.

Untuk mempercepat bongkar muatan, pinggir bagian dalam baknya diruncingkan, dan bak tersebut dipanaskan melalui pengaturan gas buang.

ADT ini menggunakan kabin yang luas, menciptakan kondisi kerja yang aman dan nyaman bagi operator. Kabin ini menggunakan jendela-jendela panoramik tanpa penyangga apa pun, serta kap mesin yang pendek dan miring. Desain seperti itu memungkinkan pengemudi selalu memiliki pandangan optimal saat berjalan dan ketika menurunkan bak.

Selain itu, tersedia layar sentuh dengan kamera belakang terintegrasi yang meningkatkan visibilitas ke area belakang, sementara elemen-elemen kontrol yang diatur secara ergonomis memudahkan operasi dump truck yang intuitif.

TA 230 Litronic mengaplikasikan sistem penerangan baru. Lampu-lampu depan LED memastikan peningkatan visibilitas dan keselamatan bagi operator dan para pejalan kaki. Tersedia lampu-lampu LED ekstra kuat (opsional) di bagian depan truk yang dapat menerangi seluruh area kerja. Penerangan di bagian belakang dump body dan paket lampu lain di bagian bumper menerangi area manuver pada  malam hari. Lampu multifungsi berbentuk L dengan fungsi lampu animasi adalah penghormatan untuk nama brand  Liebherr.

Sistem bantuan modern yang dipasang pada ADT ini membantu pengemudi,  meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama operasi. Selain sistem hill start dan speed assist, dengan fungsi hard stop, peredaman posisi akhir silinder pengangkat bak dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan satu sentuhan tombol. Ketinggian angkat juga dapat dibatasi untuk pekerjaan di area dengan ketinggian yang perlu diawasi.

Kemudi yang bergantung pada kecepatan memberikan kenyamanan berkendara tambahan, dengan sistem kemudi adaptif yang terus menyesuaikan rasio gerakan kemudi dengan kecepatan saat ini. Hal ini memungkinkan manuver yang mudah dan akurat pada kecepatan rendah serta pengemudian yang akurat pada kecepatan yang lebih tinggi, ditambah lebih sedikit koreksi kemudi saat menikung.

Dengan desain check-up kendaraan yang cerdas dan berorientasi pada servis, TA 230 Litronic menawarkan konsep perawatan yang optimal. Berkat teknologi sensor yang cerdas, pemeriksaan rutin dump truck ini dapat dilakukan sendiri secara otomatis. Tidak hanya itu, gangguan (kerusakan) yang terjadi pada mesin ini akan ditampilkan pada layar kabin operator. Dampaknya, waktu penyetelan harian dapat dikurangi, biaya dihemat, dan daya tahan komponen-komponen diperpanjang.

Kap mesin yang dapat dibuka secara elektro-hidraulik, serta tangga lipat terintegrasi dengan tangga anti selip, menyediakan akses yang aman dan mudah ke seluruh ruang engine. Semua titik servis dapat diakses dengan mudah. Pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan dengan aman dan nyaman dari platform, sementara pengisian bahan bakar dapat dilakukan dari permukaan tanah.

Artic TA 230 Litronic baru dari OEM Jerman ini telah memenangkan Red Dot Award: Product Design 2021. Juri dari penghargaan desain internasional itu memuji estetika dan fungsionalitas mesin Liebherr dan karya-karya dari pemenang lainnya. (Sumber: Liebherr)

 

Related posts