Equipment APP.
Technology Top News

Menunggu debut teknologi hidrogen JCB pada ConExpo 2023

Engine pembakaran hydrogen dari JCB diluncurkan baru-baru ini di Inggris. Sumber: JCB

JCB akan menampilkan Hydrogen Combustion Engine (mesin pembakar hidrogen) pada ConExpo 2023 yang akan diselenggarakan di Las Vegas AS, pada perganahan Maret 2023. Ini penampilan perdana Hydrogen Combustion Engine di ajang pameran internasional. Adapun Hydrogen Combustion Engine adalah solusi JCB untuk menciptakan nol emisi atau zero emission pada alat-alat konstruksi dan pertanian produk-produk JCB.

Selama ConExpo 2023 berlangsung, JCB akan menampilkan Hydrogen Combustion Engine yang baru di booth-nya. 

Dalam rilisnya, JCB mengatakan bahwa semula pabrikan itu mendesain sebuah excavator yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Setelah menjalani tes, tim kemudian memutuskan bahwa teknologi bahan akar hidrogen bukanlah pilihan terbaik bagi pelanggan-pelanggannya. Karena itu, tim kemudian memutuskan untuk menawarkan solusi yang mereka sebut Hydrogen Combustion.

Chairman JCB, Lord Bamford memimpin sendiri proyek pengembangan teknologi hidrogen ini. “Tim insinyur JCB sangat tertantang untuk mengembangkan sebuah hydrogen internal combustion engine atau mesin pembakaran hidrogen internal dan itu kemudian mampu menggerakan produk-produk prototipe JCB seperti backhoe loader dan telescopic handler,” ujarnya.

Dia  meneruskan, “Sebagai perusahaan alat konstruksi pertama yang mengembangkan secara penuh Combustion Engine berbahan bakar hidrogen, saya sangat senang karena sekarang kami bisa memperlihatkan teknologi ini di pentas internasional.”

JCB sendiri berambisi menjadi pemimpin pasar di sektor alat-alat konstruksi yang bersahabat dengan lingkungan, sosial, dan pemerintah. Karena itu, mereka sangat bertanggung jawab dalam menemukan sejumlah inovasi guna mewujudkan visi zero emission.

Excavator kelas 20 ton JCB yang menggunakan bahan bakar hidrogen. Sumber: JCB

JCB sudah mengembangkan mini excavator berbasis baterai listrik pertama dan dengan e-tech-nya, JCB juga mengembangkan produk-produk nol karbon. JCB sudah memiliki banyak alat konstruksi berbasis elektrik. Dan, alat-alat ini juga akan dipamerkan pada ConExpo 2023. Sumber: Sumber: JCB

Baca Juga :  Kemenperin Genjot Peran Industri Smelter Nikel

Berita Terkait