26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Operasi Armada Volvo di Tambang Nikel Teluk Weda

Di proyek Nikel Teluk Weda yang terletak di Halmahera Tengah, sebuah armada Volvo Construction Equipment yang terdiri dari mesin-mesin articulated hauler dan excavator menawarkan stabilitas yang sangat baik pada tanah lunak kepada kontraktor jasa pertambangan yang sangat mengutamakan keselamatan, Samudera Mulia Abadi, sembari memberikan uptime, produktivitas dan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Sebuah articulated hauler Volvo menggasak dengan mudah tanah lunak di Proyek Nikel Teluk Weda di Halmahera Tengah. Foto: VCE

Samudera Mulia Abadi, yang berkantor pusat di Manado, Sulawesi Utara, merupakan salah satu kontraktor jasa pertambangan terkemuka di Indonesia, khususnya untuk pertambangan emas dan mineral lainnya. Perusahaan swasta ini mengkhususkan diri dalam persiapan tambang – termasuk infrastruktur dan pendirian lokasi, pekerjaan tanah dan pembersihan lahan, serta manajemen proyek – juga penggalian, pemuatan dan pengangkutan di tambang-tambang terbuka serta pengangkutan di jalan raya dan off-road.

Pekerjaan terbaru perusahaan itu adalah kontrak lima tahun pada sebuah proyek senilai USD 30 miliar untuk mengekstraksi bijih nikel dan mengangkutnya ke fasilitas smelter di Proyek Nikel Teluk Weda di Halmahera Tengah. Tantangan utama di sini adalah tanah yang lunak di lokasi tambang dan pada jalan angkut yang dilewati.

“Kami berusaha untuk tetap efisien dalam melakukan pekerjaan apapun untuk mencapai hasil yang terbaik dan keselamatan tetap menjadi nomor satu. Setiap lini pekerjaan harus mengutamakan keselamatan. Mengingat kondisi area tambang dan pengangkutan, mesin-mesin articulated hauler Volvo merupakan pilihan yang sempurna sebagai unit produksi kami. Unit-unit excavator Volvo juga cocok untuk menangani material bijih seperti ini,” kata Sastroamijoyo, dikutip dari rilis yang diterima Equipment Indonesia, Rabu (25/8).

Ketika proyek dimulai pada Agustus 2020, Samudera Mulia Abadi menurunkan 17 unit armada articulated hauler Volvo (enam model A40G dan 11 A60H) dan 12 crawler excavator Volvo (dua model EC200D, lima EC210D, dua EC300DL, serta tiga model EC480DL), yang akan tetap ada di lokasi kerja selama mungkin.

Saat pengiriman, dealer Volvo di Indonesia, PT Indotruck Utama, memberikan pelatihan kepada staf-staf Samudera Mulia Abadi untuk menjamin operasi yang aman dan membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari mesin-mesin yang dioperasikan. Sejak itu, dealer ini terus melakukan pelatihan penyegaran karena perilaku operator dan prosedur keselamatan di lokasi memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan di Indonesia bagian timur.

Stabil di tanah lunak

Volvo EC480DL dari Samudera Mulia Abadi menawarkan stabilitas yang tinggi, waktu siklus yang cepat dan konsumsi bahan bakar yang rendah sehingga menghasilkan operasi yang efisien dan menguntungkan.

A60H merupakan articulated hauler terbesar Volvo dengan volume bak 33,6 m3 dan kapasitas muatan 55.000 kg, sedangkan A40G adalah yang terbesar ketiga, yang menawarkan volume bak 24 m3 dan kapasitas muatan 39.000 kg.

Pada kedua model tersebut, drivetrain yang cocok, kombinasi-kombinasi penggerak otomatis yang meliputi 100% differential locks, all-terrain bogie, kemudi hidro-mekanis, dan suspensi aktif memastikan traksi yang sangat baik dan kenyamanan operator di medan yang paling sulit.

Alat-alat ini juga didesain untuk memiliki ketahanan ekstrem dan efisiensi bahan bakar yang tinggi sehingga para operator dapat dengan andal memindahkan lebih banyak ton per jam dengan biaya lebih rendah.

Sementara itu, untuk membantu meminimalisir risiko keselamatan di area kerja, alat-alat berat ini dilengkapi dengan perangkat Hill Assist, Dump Support System dan Rear View Camera.

Mesin-mesin wheel excavator Volvo, dengan kapasitas berkisar antara 20 hingga 50 ton, juga menawarkan stabilitas yang sangat baik, waktu siklus yang cepat, dan konsumsi bahan bakar yang rendah, mendorong operasi yang aman, produktif, dan menguntungkan.

“Operator-operator kami senang bekerja dengan alat-alat berat Volvo karena nyaman dan mudah digunakan. Kualitas, daya tahan, dan kenyamanan produk-produk ini telah menguntungkan kami dalam banyak hal,” ujar Sastroamijoyo.

Ketersediaan mesin yang tinggi

Armada alat-alat articulated hauler Volvo Samudera Mulia Abadi memungkinkan kontraktor jasa pertambangan itu mengangkut lebih banyak material dengan biaya lebih sedikit.

Samudera Mulia Abadi memanfaatkan mesin-mesin Volvo ini semaksimal mungkin. Unit-unit ini bekerja keras sepanjang hari, rata-rata 22 jam per hari dalam dua shift, tujuh hari seminggu – sehingga ketersediaan peralatan terkait erat dengan produktivitas dan profitabilitas. Hebatnya, alat-alat ini tangguh untuk menahan penggunaan yang begitu tinggi. Namun, pemeliharaan dan servis unit-unit ini simple, serta sangat didukung oleh dealer yang andal dan responsif. Dengan selalu siap bekerja, mesin-mesin ini membantu Samudera Mulia Abadi mencapai target-target produksi ton per jam dan biaya per ton.

Karena berbagai keunggulan tersebut, tidak heran perusahaan kontraktor ini  mengandalkan mesin-mesin Volvo Construction Equipment pada beberapa kontrak lainnya selama lima tahun terakhir, termasuk Proyek Nikel Pulau Gag di Papua Barat dan Proyek Tambang Emas Toka Tindung di Sulawesi Utara.

Di dua lokasi ini, Samudera Mulia Abadi mengoperasikan total 116 alat berat Volvo, yang terdiri dari 50 unit articulated hauler A40F, 17 unit articulated hauler A40G, lima unit articulated hauler A45G dan tiga unit articulated hauler A60H; satu unit crawler excavator EC200D, delapan unit crawler excavator EC210B, lima unit crawler excavator EC210D, 12 unit crawler excavator EC350DL, enam unit crawler excavator EC480DL, enam unit crawler excavator EC950EL; dan satu unit pemadat (compactor) SD110.

“Performa mesin-mesin ini secara keseluruhan bagus dan ketersediaan fisik di atas target. Tentu saja, kami menyadari bahwa peralatan kadang-kadang mengalami downtime, meskipun hal ini sangat memberatkan. Yang penting adalah bagaimana respon dealer ketika situasi-situasi yang tidak menguntungkan ini terjadi,” kata Sastroamijoyo memuji kesiagaan PT Indotruck Utama dalam memberikan dukungan purna jual.

“Kami memiliki hubungan kerja yang baik dengan dealer kami, Indotruck Utama. Tim layanan mereka yang cekatan  mempercepat waktu servis, sementara suku cadang yang dikirim di lokasi memastikan ketersediaan suku cadang yang tinggi. Secara keseluruhan, performa mesin-mesin dan kualitas product support meningkatkan profitabilitas kami,” pungkasnya.

 

Related posts