26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Prototipe Alat Angkut HX1 Volvo CE Raih Penghargaan Global

Alat angkut konsep bertenaga bateri-elektrik dan beroperasi otonom yang dikembangkan Volvo Construction Equipment (VCE) diganjar dua penghargaan bergengsi: International Quality Innovation Award dan Innovation of Innovations Award

Volvo CE Maret 1
Dari kiri: Johan Sjöberg, Joakim Unnebäck dan Rikard Mäki dari Volvo CE memegang beberapa penghargaan prestisius untuk mesin protipe HX1 (Sumber: Volvoce)

 

Prototipe alat angkut otonom bertenaga bateri-elektrik dari Volvo Construction Equipment (Volvo CE) memborong berbagai penghargaan. Baru-baru ini, mesin konsep itu merebut dua penghargaan sekaligus: International Quality Innovation Award dan Innovation of Innovations Award. Desember tahun lalu, HX1 dianugerahi Quality Innovation of the Year Award dalam kategori Potential Innovations dari Swedish Institute for Quality (SIQ).

Dengan memenangkan penghargaan tersebut, mesin prototipe ini memenuhi syarat untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional bersama-sama dengan sekitar 100 finalis yang lain. Setelah tampil cemerlang juga di ajang ini, HX1 menjadi pesaing untuk merebut Innovation of Innovations Award yang juga berhasil dimenangkannya.

Quality Innovation Award adalah kompetisi internasional setiap tahun yang mengakui inovasi-inovasi yang baru, relevan, revolusioner dan praktis. Inovasi-inovasi yang potensial untuk mengikuti kompetisi ini adalah yang digolongkan sebagai inovasi-inovasi yang belum dikomersialkan tetapi sangat menjanjikan dan diprediksikan menjadi gamechanger saat mereka diperkenalkan ke pasar.

 

Mengubah industri

Volvo CE Maret 2
Prototipe alat angkut otomatis bertenaga bateri-elektrik yang memenangkan berbagai penghargaan global yang prestisius (Foto: EI)

 

HX1 adalah suatu elemen dari sebuah electric site research project yang diprediksikan menekan emisi karbon hingga 95% dan menurunkan biaya keseluruhan kepemilikan (total cost of ownership) hingga 25%. Proyek ini bermaksud untuk mengelektrifikasikan satu tahap pengangkutan pada operasi quarry – dari penggalian hingga penghancuran primer dan pengangkutan ke penghancuran sekunder.

“Volvo CE berkomitmen untuk mengembangkan teknologi masa depan, sehingga kami sangat bangga untuk memenangkan penghargaan-penghargaan ini yang mengakui kemampuan-kemampuan inovatif kami,” kata Patrik Lundblad, chief technology officer Volvo CE.

“HX1 adalah bagian dari suatu solusi site yang komplit yang mengombinasikan electromobility, otomasi dan mesin-mesin pintar dan membentuk bagian dari ambisi jangka panjang Volvo CE untuk mencapai solusi-solusi pengangkutan yang sustainable. Penghargaan-penghargaan ini merupakan suatu penghormatan terhadap kerja keras dan visi karyawan-karyawan Volvo CE yang secara terus-menerus mendobrak batas-batas teknologi dan inovasi.”

 

Inovasi yang memenangkan penghargaan

 

Semenjak tahun 2011, Quality Innovation Award sudah mengakui organisasi-organisasi yang ada tidak hanya mempresentasikan solusi-solusi inovatif, tetapi inovasi-inovasi yang sudah dibuat dengan menggunakan suatu pendekatan yang sistematis untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan customer yang terindentifikasi dengan jelas.

Berbicara mengenai kemenangan Volvo CE dalam berbagai kontes ini, Karl Schultz, ketua Swedish Examination Board of the Quality Innovation Award, mengatakan bahwa konsep HX1 menunjukkan hasil-hasil yang mengesankan dan menjanjikan dalam pengurangan CO2 dan biaya total kepemilikan. “Dengan mengembangkan kombinasi tenaga penggerak elektrik dan operasi yang otonom, HX1 memberikan kepada kami suatu gambaran sekilas mengenai seperti apa sistem transportasi dan tempat-tempat konstruksi pada masa mendatang,” ungkapnya.

Volvo CE dipresentasikan bersama dengan Swedish Quality Innovation Award pada 30 Januari di Stockholm. Pabrikan ini menerima International Quality Innovation Award dan Innovation of Innovations Award pada  2 Februari di Praha.  (Sumber: volvoce.com)

Related posts

Apa Kelebihan Probesco Kanamoto Rental?

William Syukur

Kerjasama GE – Microsoft Dorong Transformasi Digital Bagi Industri

Volvo EC210D Jadi Ujung Tombak Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit

William Syukur