Alat Berat
Business Agriculture Construction EQ Top News

PT Altrak 1978: Agen Baru Mini Excavator Yanmar

Yanmar menunjuk distributor baru untuk produk Mini Excavator di Indonesia, yaitu PT Altrak 1978.

PT Altrak 1978 ditunjuk menjadi distributor baru Mini Excavator Yanmar di Indonesia. Foto: Altrak

Mesin-mesin Mini Excavator Yanmar tidak hanya hadir dengan wajah baru di pasar Indonesia mulai tahun ini, tetapi perusahaan yang mengageninya pun merupakan wajah baru, yaitu PT Altrak 1978. Terhitung sejak Juli 2022, perusahaan ini resmi menjadi distributor tunggal produk-produk Yanmar Compact Equipment. Dengan kehadiran mesin-mesin compact Yanmar ini, lini produk Altrak di segmen peralatan konstruksi semakin bertambah.

Sebagaimana diketahui, Yanmar Compact Equipment sudah melakukan transformasi warna dari kuning ke Merah Premium yang mencolok sejak tahun 2020. Perubahan itu dilakukan secara bertahap mulai dari pasar Amerika Utara, berlanjut ke pasar Eropa, Timur Tengah dan Afrika, serta yang terakhir di pasar Asia (tidak termasuk Jepang, Oseania dan Amerika Latin). Pasar Jepang sudah terlebih dahulu menyelesaikan metamorfosis itu. Warna cat Merah Premium itu membawa Yanmar Mini Excavator sejalan dengan citra Yanmar Group.

Bagi Altrak, kehadiran Mini Excavator Yanmar semakin memperkuat posisinya dalam menggempur pasar infrastruktur maupun plantation. Sebab, mesin-mesin kecil Yanmar ini merupakan jagoan di kedua sektor tersebut. Yanmar Compact Equipment diakui sebagai market leader di segmen mini excavator, dan Altrak sendiri sudah memiliki pengalaman panjang dalam bisnis distribusi alat berat.

Khusus di sektor plantation, PT Altrak 1978 memiliki basis pelanggan yang kuat karena beberapa brand produk yang diageninya selama ini sudah menjadi market leader di industri tersebut. Kehadiran mini excavator Yanmar diyakini akan semakin memperkuat posisi perusahaan ini dalam menggarap pasar perkebunan.

Siman Fadil, COO PT Altrak 1978, mengatakan perpaduan kedua kekuatan itu membangkitkan optimisme bahwa produk-produk Yanmar akan diterima dengan baik oleh pasar, dan memperkuat dominasi Altrak di sektor pertanian, meski ada tantangan berat di depan mata mengingat makin ramainya brand-brand pendatang baru di segmen mini excavator tanah air.

“Kami sangat optimis produk-produk Mini Excavator Yanmar akan diterima dengan baik oleh pasar karena berasal dari brand terkemuka dunia dan mendapat dukungan kuat dari jaringan servis PT Altrak 1978 yang tersebar luas di berbagai daerah,” ungkapnya dalam perbincangan dengan Majalah Equipment Indonesia, Selasa (28/6/2022).

Siman bercerita, ceruk pasar mini excavator di Indonesia masih sangat luas. Pasalnya, pertumbuhan pasar di segmen mesin-mesin kecil ini terus melesat. Bahkan pasar mini excavator, teristimewa yang kelas 4,5 ton, sekarang menjadi terbesar nomor dua setelah excavator kelas 20 ton. “Dengan pertumbuhan pasar yang semakin bagus seperti itu, Yanmar hadir pada waktu yang sangat tepat,” ujarnya meyakinkan.

Dalam peta persaingan pasar yang semakin ketat itu, posisi Mini Excavator Yanmar akan semakin kuat karena bermitra dengan PT Altrak 1978. Perusahaan ini sudah memiliki pengalaman yang sangat panjang di sektor ini. Bayangkan, selama 44 tahun. Belum lagi kekuatan finansial yang dimiliki, jaringan yang luas dan terus bertumbuh akan menjadi senjata penakluk pasar dari sisi Altrak.

Menurut Hendryk Siswanto, Construction Div. Head PT Altrak 1978, kekuatan-kekuatan itu masih didukung pula oleh kualitas dan keunggulan mesin-mesin Yanmar itu sendiri. Sebagaimana produk-produk Jepang pada umumnya, Yanmar sangat memperhatikan kualitas, plus fitur-fitur teknologi tinggi yang disematkan pada mesin-mesin kecil ini. Ini menjadi jaminan mutu. 

“Produknya bagus, terus product support dari sisi kami juga kuat. Jadi, kombinasinya semakin bagus. Dengan produk yang bagus, product support yang bagus, mestinya kita bisa mendapat market yang lebih bagus. Kita didukung oleh jaringan yang ada, juga tenaga-tenaga teknis sudah tersedia di Altrak. Kita tinggal advance untuk Yanmar ini saja. Artinya, kombinasi ini harusnya satu tambah satu jadi tiga,” kata Hendryk mengumpamakan.

Smart Assist Yanmar

Wajah baru Mini Excavator Yanmar: Premium Red. Foto: Altrak

Lebih jauh tentang keunggulan-keunggulan Yanmar, Nugroho Kristianto selaku Sales Section Head untuk peralatan konstruksi ringan PT ALtrak 1978, menjelaskan bahwa Yanmar merupakan merek dagang asal Jepang yang sudah sangat kuat dan terkenal di pasar. Dari sudut mesin, ia mengklaim, Mini Excavator Yanmar tidak ada tandingannya. Selama ini, Altrak sendiri sudah beberapa kali menggunakan mesin Yanmar. Performanya sangat oke. Artinya, dari sudut kualitas produk, dengan menyebut Yanmar saja, konsumen tidak akan berpikir dua kali tentang kualitas barang.

“Khusus untuk engine, Yanmar ini memang sama semua. Tipenya beda-beda sedikit saja. Namun di pasar, semuanya disambut dengan welcome sekali. Jadi, banyak unsur yang nota bene sudah punya Yanmar dan mereka cukup puas dengan perfoma engine tersebut. Selain efisien, mesin-mesin Yanmar bandel,” paparnya.

Selain itu, Yanmar masih punya keunggulan lain yang sangat membantu para pengguna alat. “Produk-produk mini excavator Yanmar sudah dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan dan memanjakan para penggunanya. Dari sisi teknologi, alat-alat ini sudah bisa dikontrol secara remote. Yanmar menggunakan Smart Assist, sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Yanmar sendiri,” kata Nugroho.

Smart Assist merupakan sebuah solusi dukungan total bagi para pengguna alat dengan menggunakan GPS dan terminal komunikasi. Perangkat ini akan mengumpulkan data-data secara ekstensif tentang lokasi dan kondisi operasi mesin-mesin Yanmar secara real-time. Kemudian data ini digunakan untuk melindungi peralatan para pelanggan dan mengoptimalkan kondisi operasional, sekaligus mencegah kerusakan yang merugikan. Teknologi hemat tenaga kerja ini memudahkan manajemen peralatan dan berkontribusi pada pengurangan biaya siklus hidup peralatan mereka.

“Dengan memantau kondisi alat para pelanggan secara real-time, system akan dengan cepat mendeteksi masalah-masalah alat berat, termasuk informasi mengenai jadwal perawatan rutin. Tugas kami adalah memberikan dukungan yang tepat dan layanan berkualitas kepada para pelanggan,” terang Nugroho sembari menambahkan bahwa kontrol mesin jarak jauh secara real-time ini dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar (atau komputer). Hal ini memungkinkan para pemilik alat dapat dengan mudah memeriksa status mesin saat ini di lokasi kerja dan area operasi dari lokasi yang jauh.

Built-up dari Jepang

Siman Fadil, COO PT Altrak 1978. Foto: EI

Semua mesin Mini Excavator Yanmar yang akan dipasok PT Altrak 1978 merupakan 100 persen produk built-up dari Jepang, dan belum ada konten lokalnya. Karena diproduksi di Jepang, Hendryk memastikan mesin-mesin ini bermutu tinggi. Meski demikian, perusahaan ini sudah siap untuk melakukan lokalisasi beberapa konten. Adalah PT Cipta Andalan Teknindo, salah satu anak usaha PT Altrak 1978, yang memproduksi komponen-komponen aftermarket, akan menyuplai bucket, kanopi dan beberapa item lainnya untuk mesin-mesin Yanmar tersebut.

“PT Cipta Andalan Teknindo merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang membuat bucket yang diawasi robot. Konten lokal lain yang sudah disiapkan Altrak adalah kanopi dan beberapa item lain lagi. Intinya, PT Altrak 1978 sudah sangat siap menambahkan konten-konten lokal pada produk-produk Mini Excavator Yanmar ini,” kata Hendryk bersemangat. Penambahan berbagai item konten lokal tersebut diyakini akan membuat harga mesin-mesin Yanmar makin kompetitif.

Siman menambahkan beberapa alasan mengapa customer harus memilih produk Yanmar dibandingkan yang lain. “Biasanya pertama-tama para pelanggan melihat siapa yang menjual produk-produk tersebut. Lewat kerja sama dengan PT Altrak 1978 yang memiliki pengalaman panjang di bisnis distribusi alat berat plus dukungan finansial yang memadai, serta jaringan yang kuat dan luas, para pelanggan dipastikan akan mendapatkan layanan-layanan terbaik,” ungkapnya.

Alasan kedua, lanjut Siman, dari segi kualitas, produk-produk mini excavator Yanmar yang dipasarkan PT Altrak 1978 memiliki mutu yang baik karena diproduksi dan diekspor langsung dari Jepang. “Yang kami jual merupakan produk premium dan PT Altrak 1978 memiliki basis pelanggan yang kuat dan jaringan bisnis yang luas untuk mendukung penjualan dan layanan purna jual terhadap mesin-mesin ini. Kombinasi kedua sisi positif ini merupakan perpaduan yang tepat,” kata Siman.

Sementara soal harga, Siman menjamin akan sangat kompetitif plus kualitas yang berani diadu. “Kami jamin harganya akan sangat kompetitif. Jadi, mestinya tidak ada alasan untuk tidak membeli mini excavator Yanmar,” pungkasnya sembari memastikan bahwa semua mesin mini excavator Yanmar yang dijual PT Altrak 1978 akan hadir dengan cat Merah Premium, warna yang tampil berbeda di tengah lautan produk-produk alat berat yang didominasi warna kuning. #

 

Berita Terkait