27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

SCG Indonesia Luncurkan SCG Mortar & SCG Beton Instan

Ki-Ka: Sales & Marketing Director SCG CBM Indonesia, Thichet Srisuriyon; Marketing & Branding Manager SCG CBM Indonesia, Sandy Fitransah; dan Arsitek StudiotropiS, Ren Katili, pada Press Conference Peluncuran SCG Mortar dan Rebranding SCG Beton Instan, Selasa (24/08)

SCG, melalui salah satu unit bisnisnya di Indonesia yang merupakan produsen semen dan bahan bangunan, SCG – CBM (Cement-Building  Materials), meluncurkan secara resmi dua produk baru: SCG Mortar dan SCG Beton Instan.

Kedua produk itu merupakan bahan bangunan inovatif dengan karakteristik siap pakai, yang disuguhkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. SCG Mortar merupakan produk terbaru di portofolio produk CBM, sementara SCG Beton Instan merupakan rebranding product dari versi sebelumnya yang bernama Beton Instan Jayamix, masih di lini produk yang sama.

Sebagai pelaku industri yang sudah puluhan tahun melayani konsumen di tanah air, SCG Indonesia melihat tren konstruksi saat ini semakin berkembang, mulai dari perilaku dan selera konsumen hingga metode konstruksi bangunan yang diterapkan. Konsumen pun semakin kritis dalam mengambil keputusan terkait properti, termasuk ekspektasi terhadap kualitas bahan bangunan yang digunakan. Sementara, metode konstruksi yang meliputi biaya, kualitas, dan waktu juga bertransformasi ke arah yang lebih cepat, efektif dan efisien, serta berkelanjutan.

Karenanya, SCG menciptakan bahan bangunan inovatif seperti SCG Mortar dan SCG Beton Instan untuk merespon tuntutan tersebut. Kedua produk ini menawarkan tiga nilai tambah. Pertama, kenyamanan, produk mudah dipakai, dikelola, atau disimpan. Kedua, inklusivitas, memungkinkan semua orang termasuk mereka yang awam dengan material bangunan untuk swadaya menggunakan produk ini. Ketiga, aksesibilitas ketersediaan produk yang menjangkau area dengan permintaan tinggi seperti kota besar, baik untuk proyek residensial maupun komersial.

Sales and Marketing Director SCG CBM Indonesia, Thichet Srisuriyon, mengungkapkan alasan dan tujuan perusahaan di balik peluncuran ini. “Kami percaya inovasi adalah kunci menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang. Terobosan segar ini merupakan langkah proaktif kami dalam membantu masyarakat beradaptasi dengan perkembangan zaman,” ungkapnya saat meluncurkan kedua produk tersebut, Selasa (24/8).

Dia melanjutkan, di sisi lain, ini juga komitmen perusahaan untuk memperkuat posisi sebagai one-stop solution, penyedia bahan baku bangunan yang terintegrasi. “Secara satu pintu, para pelanggan bisa memenuhi kebutuhan beragam bahan baku bangunan dengan ragam spesifikasi dari kami,” tambah Thichet.

Produk SCG Mortar hadir dalam dua jenis sesuai kegunaan untuk melengkapi lini produk SCG CBM lainnya, yakni bata ringan SCG Smartblock. Yang pertama, SCG Mortar “Perekat Bata Ringan” untuk pemasangan dinding bata ringan, dan kedua, SCG Mortar “Pasangan Bata dan Plesteran” untuk pemasangan bata dan plesteran dinding. Keduanya dibuat dari formula unggulan, terdiri dari semen portland, pasir silika, dan material pengisi dan aditif. Formula tersebut menekan risiko penyusutan sehingga meminimalisir retak rambut pada dinding yang berdampak pada ketahanan bangunan. Karenanya, produk ini memiliki daya rekat dan elastisitas tinggi sehingga mampu memberikan hasil yang lebih rapi dan kuat.

SCG Beton Instan terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi, yaitu semen portland, pasir, split, dan aditif. Formula ini menghasilkan mutu yang konsisten, dan mendukung hasil bangunan yang kokoh. Seluruh material yang dibutuhkan tersedia dalam satu kemasan, memudahkan proses pengolahan hingga siap digunakan. Produk ini esensial digunakan untuk renovasi dan konstruksi berbagai struktur bangunan seperti pondasi rumah dan lantai atas pada gedung.

“Daya tarik produk ini memang terletak pada kepraktisan penggunaannya. Para konsumen dapat merasakan kemudahan mencampur air dengan semen sesuai takaran yang direkomendasikan. Produk kami menawarkan prinsip value for money. Kemudahan itu tidak akan mengurangi kualitas daya tahan material, sehingga tidak kalah dengan bahan baku konvensional,” kata Marketing & Branding Manager SCG CBM Indonesia, Sandy Fitransah.

Dia menambahkan, sesuai spirit SCG dalam mengupayakan pembangunan berkelanjutan, kedua produk tersebut didesain untuk meminimalisir limbah bangunan atau sisa pemakaian bahan. Volume penggunaan lebih efisien. Hal ini diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan.

Menurut Arsitek dari Studio ArsitektropiS, Ren Katili, referensi masyarakat dalam memiliki hunian idaman dengan desain yang menarik di Indonesia saat ini semakin luas. Hal ini meningkatkan tantangan penggunaan material bangunan yang berkualitas untuk menunjang kreatifitas desain bangunan yang estetik, baik interior maupun eksterior.

“Bahan mendasar seperti semen dan blok beton memainkan peran besar dalam konstruksi. Material seperti bata ringan dan beton instan menjadi salah satu opsi terbaik untuk mewujudkan kebutuhan tersebut,” ujarnya.

SCG sendiri menilai kondisi pandemi saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menghadirkan inovasi ini ke pasar. Kebutuhan proyek konstruksi terus tumbuh mulai dari proyek infrastruktur nasional sampai pembangunan industri. Sementara dari tataran mikro, kebutuhan masyarakat untuk memiliki hunian cenderung stabil bahkan berpotensi meningkat seiring berbagai stimulus pembelian rumah yang diberikan pemerintah.

SCG Indonesia optimistis bahwa ke depannya, minat serta tingkat literasi masyarakat terhadap bahan bangunan inovatif akan semakin meningkat. Peluncuran produk ini diharapkan dapat menuai penerimaan yang baik di masyarakat.

Related posts