27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Pasar semen campuran Asia-Pasifik bersiap-siap untuk tumbuh

Semua pasar untuk semen campuran di kawasan Asia-Pasifik akan mengalami kenaikan penjualan, menurut sebuah laporan terbaru.

Hasil penelitian yang dilakukan perusahaan riset industri Freedonia Group yang dirilis baru-baru ini menyimpulkan bahwa migrasi perkotaan yang terus meningkat yang dikombinasikan dengan pertambahan populasi akan menghasilkan kota-kota yang berkembang pesat, memacu kemajuan dalam pembangunan perumahan dan mendongkrak permintaan semen.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat juga diperkirakan akan terjadi di negara-negara berkembang di kawasan Asia/Pasifik, sehingga mendorong permintaan semen untuk pembangunan fasilitas-fasilitas komersial, industri, dan ritel, dilaporkan Freedonia Group seperti dikutip Aggbusiness.com, Selasa (10/8).

Laporan tersebut menyatakan bahwa permintaan di pasar infrastruktur akan tumbuh, karena negara-negara seperti India dan Indonesia diperkirakan akan mengalokasikan dana besar-besaran untuk pembangunan jalan, jembatan, kereta api, bendungan, dan infrastruktur transportasi dan energi lainnya.

China sejauh ini merupakan pasar terbesar untuk semen campuran global pada tahun 2020, dengan permintaan sebesar 2,2 miliar metrik ton, mewakili 73% pangsa pasar global dan 85% pangsa permintaan regional.

China adalah konsumen semen terkemuka di dunia karena ekonominya yang besar, infrastruktur publik, dan industri konstruksinya. Negara ini juga telah mengalami industrialisasi dan urbanisasi yang pesat sejak tahun 2000. Akibatnya, intensitas penggunaan semen di Cina – diukur berdasarkan ukuran populasi – sangat tinggi menurut standar global.

Permintaan semen campuran di India mencapai 194 juta metrik ton pada tahun 2020, menyumbang 8% dari permintaan regional.

“Populasi besar India memberikan dasar yang besar untuk permintaan semen, dan perkembangan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan peningkatan pesat dalam penggunaan semen. Terlepas dari kenaikan ini, pasar semen India masih mengandung potensi yang belum dimanfaatkan secara signifikan,” menurut Freedonia.

Semen campuran diproduksi dari campuran semen Portland biasa (ordinary Portland cement/OPC) yang dikombinasikan dengan batu kapur, asap silika, fly ash atau terak. Produk ini dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan beton. (Sumber: www.aggbusiness.com)

 

Related posts