26 C
Jakarta
11 Apr, 2021.

Solusi Jarak Sosial Yang Lebih Cerdas

Spesialis teknologi pemantauan Casella meluncurkan label pintar Orbi-Trace untuk mendukung jarak sosial di tempat kerja.

Menjaga jarak sosial menjadi keharusan pada masa pandemi COVID-19 ini. Hal ini termasuk salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi saat ini. Abai terhadap protokol kesehatan, taruhannya adalah keselamatan diri Anda dan juga keluarga Anda di rumah. Di mana pun Anda berada saat ini – entah dalam perjalan menuju tempat kerja, di tempat kerja dan bahkan selama berada di rumah – wajib hukumnya untuk menerapkan budaya hidup bersih dan menjaga jarak.

Semenjak pandemi COVID-19 menjalar di Indonesia, terjadi banyak perubahan perilaku sosial. Sebagai ganti bekerja di kantor, banyak perusahaan menerapkan work from home (WFH) hingga saat ini. Tidak sedikit perusahaan menerapkan sistem shift untuk mengurangi jumlah karyawan yang bekerja.

Setelah sekitar setahun berlalu, publik semakin menyadari bahwa pandemi ini tidak bisa teratasi dengan cepat, meski program vaksinasi sudah mulai dilaksanakan. Proses penyediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi itu sendiri butuh waktu. Dalam kondisi ini, kegiatan bisnis harus tetap berjalan.

Ketika kegiatan bisnis mulai semakin ramai karena kian banyak perusahaan  yang kembali beraktivitas, bagaimana menjamin tempat kerja yang aman dari COVID-19. Cara paling penting untuk melindungi orang-orang dari paparan COVID-19, di tempat kerja dan di dunia yang lebih luas, adalah menjaga jarak sosial. Namun, menjaga jarak 2m atau 1m sebagai upaya pencegahan ekstra merupakan sesuatu yang terbukti menantang di banyak perusahaan karena desain tempat kerja selama yang mengutamakan efisiensi, dan bukan untuk menjaga jarak antara para pekerja sejauh mungkin.

Merespon persoalan ini, Casella, yang dikenal sebagai pakar teknologi pemantauan cerdas, telah mengembangkan solusi inovatif untuk menyederhanakan jarak sosial di tempat kerja dengan peluncuran tag cerdas Orbi-Trace – perangkat jarak sosial fleksibel yang memberikan peringatan ketika jarak semakin dekat. Peringatan itu disampaikan secara mudah dan cepat hingga pelacakan kontak yang efektif secara penuh.

Sebagaimana dilaporkan Agg-Net, Sabtu (23/1), label pintar Orbi-Trace yang dikenakan di badan mudah dioperasikan, dengan input stop/start dan satu peringatan daya LED. Alert ini berupa getaran yang dapat dikonfigurasi sepenuhnya dan peringatan dapat didengar setiap kali jarak aman 2m dilanggar. Teknologi ini dapat beroperasi di dalam dan luar ruangan, dengan masa pakai baterai hingga tujuh hari.

Konektivitas ultra-wideband (UWB) akurat dan canggih dalam mendeteksi jarak hingga 10cm, menjadikannya 20 kali lebih akurat daripada Bluetooth. Selain itu, konektivitas ini tidak akan menyebabkan gangguan pada Wi-Fi atau teknologi RF lainnya.

Jika dikombinasikan dengan unit anchor yang dipasang di dinding dan perangkat lunak Infection Insights yang eksklusif dan bebas dimanfaatkan, Orbi-Trace dapat digunakan untuk menghasilkan grafik koneksi serta penilaian risiko dan kontak, jika seorang karyawan dinyatakan positif COVID-19.

Menambah unit-unit anchor tambahan ke sistem ini memperluas hal ini ke penelusuran secara real-time mereka yang terkena (Covid), memberikan para pengguna akses ke peta area-area yang terpapar di mana jarak sosial mungkin secara konsisten menantang dan riwayat penelusuran terkena Covid secara penuh, membuat penerapan kontrol jauh lebih mudah. Untuk mereka yang menengahi masalah-masalah pribadi karyawan, sistem Orbi-Trace sepenuhnya sesuai dengan GDPR.

“Pandemi COVID-19 telah menjadi waktu yang menantang bagi semua orang di level bisnis dan pribadi, tetapi di mana ada tantangan, ada solusi yang tak terhindarkan,” kata Tim Turney, manajer pemasaran global Casella.

Menurut dia, dunia bisnis telah membuktikan kemampuannya untuk bertahan dan beradaptasi yang memungkinkan para karyawan kembali bekerja dengan selamat melewati pandemi. “Sekarang, saat dunia bisnis melihat ke masa depan dengan keuntungan skala besar untuk bekerja, kami hadir di sini untuk mendukung mereka,” ujarnya

Dia menambahkan bahwa label pintar Orbi-Trace adalah solusi gabungan untuk tantangan-tantangan yang dihadapi para pengusaha dan karyawan dalam memastikan tempat kerja yang aman dan bebas dari Covid; menjaga jarak sosial, menegakkan langkah-langkah kontrol yang benar; pelacakan kontak jika diperlukan; dan, yang terpenting, memberikan ketenangan pikiran yang vital bagi para pekerja dan tempat kerja bahwa keselamatan mereka adalah prioritas utama.

Related posts

329749
Users Today : 954
This Year : 42209
Total Users : 329049
Views Today : 14280
Total views : 8373350
Who's Online : 19
Your IP Address : 34.204.185.54
Server Time : 2021-04-10