26.1 C
Jakarta
Nov 21, 2019.
Image default

Solusi Sandvik Turunkan Kebisingan di Quarry

Sandvik memperkenalkan dua solusi baru untuk mengurangi emisi kebisingan dalam pengeboran top-hammer permukaan.

Mesin bor Sandvik Dino seri DC400R dalam aksi demo produk pada salah satu tambang batu di daerah Bandung, Jawa Barat jelang akhir 2018 (Dok. EI)

Banyak kontraktor dan operator tambang batu (quarry) menghadapi semakin ketatnya batas kebisingan, terutama yang bekerja di atau dekat dengan daerah perkotaan. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang efektif untuk mengurangi kebisingan yang mengganggu untuk meningkatkan keselamatan kerja dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat di sekitar lokasi operasi.

Sandvik Mining dan Rock Technology telah meluncurkan dua opsi low-noise baru untuk Ranger DXi-series dan mesin bor permukaan Dino DC410Ri top-hammer. Solusi baru ini tidak hanya bermanfaat bagi daerah-daerah sekitar site, tetapi juga mengurangi paparan suara-suara bising yang merusak pendengaran para operator rig dan pekerja-pekerja lain di lokasi. Opsi alat yang kurang bising ini menawarkan lingkungan kerja yang lebih nyaman.

Sumber kebisingan utama dari mesin bor top-hammer adalah bor batu itu sendiri, yang menyumbang hingga 75% dari total level suara dari unit. Kedua solusi yang ditrawarkan Sandvik dirancang untuk mengurangi tingkat kebisingan di sekitar lubang pengeboran dengan mengisolasi rock drill dan sistem penanganan batang-batang bor di dalam struktur penekan kebisingan.

Solusi ini sangat efektif dalam menekan frekuensi kebisingan pengeboran yang luar tingginya, antara 2.500 dan 10.000Hz. NoiseGuard-DXi mengurangi emisi kebisingan dari mesin bor seri-Ranger DXi yang dirancang untuk aplikasi konstruksi dan penggalian. Sistem ini adalah struktur tertutup sepenuhnya yang menyediakan pengurangan kebisingan hingga 12,9dB dalam tekanan suara berbobot A dalam radius 16m dari rig.

Dalam jarak tersebut,  Sandvik mengatakan pengurangan kebisingan, dibandingkan dengan tekanan suara yang tidak berkurang, mencapai 95%. Opsi NoiseGuard-DXi juga dilengkapi dengan sistem kamera yang menyediakan pengeboran yang dibantu secara visual begitu pintu struktur ditutup. Selain itu, ia memiliki desain pembongkaran baut tunggal yang inovatif untuk perawatan sistem umpan yang cepat dan mudah.

Opsi Sandvik lainnya, NoiseShield-DC, adalah solusi sederhana dan ringkas untuk mesin bor Dino DC410Ri yang lebih kecil dan tanpa kabin yang telah terbukti sukses di tempat kerja perkotaan.

Meskipun tidak sepenuhnya tertutup, NoiseShield-DC menawarkan pengurangan tekanan suara berbobot A hingga 7,5dB dengan mengarahkan kebisingan pengeboran ke atas melalui open top – jauh dari operator dan area sekitarnya. Pengurangan ini diterjemahkan menjadi mitigasi 82% dalam tekanan kebisingan dalam radius 16m dari lubang pengeboran. (Sumber: Sandvik)

 

Related posts

INDOBUILDTECH EXPO 2018 Dukung Pembangunan Kota Berkelanjutan

William Syukur

Produk pelapis Kedap Air SILCOR

William Syukur

CAT® EM Solutions