26.2 C
Jakarta
25 Okt, 2021.

Volvo CE luncurkan dua excavator 50 ton baru

Volvo memperkenalkan dua excavator terbesar yang baru di kelas 50 ton, EC530E and EC550E.

Volvo Contruction Equipment beberapa waktu lalu meluncurkan dua excavator baru kelas 50 ton,  EC530E dan EC550E. Mesin-mesin anyar  ini memiliki tenaga gali dan kemampuan angkat yang biasanya ditemukan pada excavator 60 ton serta memiliki tenaga engine paling besar di kelasnya (340kW pada 1.600 putaran/menit), menghasilkan tenaga traksi dan torsi ayun yang tinggi.

Jika menggunakan bucket besar (kapasitas berkisar antara 2,4 hingga 4,2 m3), EC530E dan EC550E sangat cocok untuk pemuatan articulated hauler 30–40 ton, yang menawarkan peningkatan produktivitas hingga 20%.

Kedua excavator ini memiliki kerangka bawah yang super-rigid yang memiliki daya tahan dan kekuatan yang biasanya dikaitkan dengan excavator kelas 60 ton. Hal ini didukung oleh rangka bawah dan atas yang sama kokohnya, dengan undercarriage EC550E yang memiliki rangka bawah yang panjang dan lebar untuk stabilitas ekstra saat bekerja dengan beban yang lebih berat.

Ditenagai oleh engine Volvo D13J yang rendah emisi di jantung EC530E dan EC550E, efisiensi bahan bakar meningkat hingga 25% karena penggunaan sistem elektro-hidrolik terbaru.

Dibekali teknologi Independent Metering Valve Technology (IMVT) dengan kontrol elektronik cerdas memungkinkan mesin-mesin ini menawarkan operasi yang lebih presisi dan efisiensi yang lebih besar daripada sistem hidrolik gabungan secara mekanis. Efisiensi makin tinggi berkat optimalisasi pompa engine dan tata letak pipa hidrolik yang semakin baik.

Sistem baru ini menawarkan serangkaian fungsi cerdas, termasuk mode creep (berguna untuk pekerjaan angkat dan angkut yang presisi) dan Comfort Drive Control (CDC) opsional, yang membantu mengurangi kelelahan operator dengan memungkinkan excavator dikemudikan menggunakan rol joystick, bukan pedal.

Para operator dapat memilih beberapa fungsi tergantung pada pekerjaan yang ada dan preferensi mereka. Ini termasuk prioritas boom/swing dan boom/travel, yang memungkinkan satu fungsi memimpin di atas yang lain.

Kecepatan boom-down juga dapat disesuaikan, memberikan kontrol optimal untuk pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan presisi ekstra, sementara teknologi reduksi boom dan arm yang baru mengurangi guncangan alat dan meningkatkan kenyamanan operator.

Selanjutnya operator dibantu dalam pekerjaan-pekerjaan mereka dengan aplikasi Dig Assist opsional – yang didukung oleh tablet Volvo Co-Pilot 10in. Ini termasuk paket perangkat lunak 2D, In-Field Design dan 3D. Fitur yang berguna lainnya adalah adalah penimbangan di dalam kabin, yang memberikan informasi real-time tentang beban bucket (untuk memastikan pengisian yang optimal) serta merekam material yang dipindahkan per pass, per shift, atau per hari.

Akses ke Volvo Care Cab aman dan mudah, berkat anak-anak tangga anti-selip yang dibaut dan pegangan tangan dengan visibilitas tinggi. Untuk transportasi yang lebih mudah, tangga-tangga dan jalan masuk opsional dapat dilipat.

Setelah duduk, operator merasakan kenyamanan yang tiada bandingannya karena level kebisingan dan getaran yang rendah, serta terlindungi oleh struktur ROPS yang melebihi standar industri untuk kelas berat ini. Operator juga diberikan visibilitas terbaik di kelasnya, yang dapat lebih ditingkatkan dengan jendela depan satu bagian opsional. Teknologi juga berperan, dengan kamera tampak belakang dan samping, bersama dengan Volvo Smart View serba opsional.

EC530E dan EC550E telah dirancang dengan daya tahan tinggi dan andal. Waktu henti dan biaya perawatan semakin berkurang dengan akses dari permukaan tanah ke filter yang dikelompokkan dan interval penggantian oli engine dan filter diperpanjang hingga 1.000 jam. Selain itu, akses sisi kanan tiga titik ke struktur atas memberikan akses mudah ke tangki Urea/DEF, yang juga dilengkapi pelindung percikan untuk menghindari tumpahan (dan risiko korosi).

Sayangnya, mesin-mesin anyar Volvo ini baru tersedia untuk pasar Eropa dan pasar-pasar yang sudah maju lainnya. Sejauh ini belum diketahui ketersediaannya di pasar Asia Tenggara. (Sumber: Volvo CE)

 

Related posts