27 C
Jakarta
21 Sep, 2021.

Volvo Trucks Pasang Suara Unik pada Truk-Truk Listrik

Dunia sedang beralih ke era kendaraan-kendaraan bertenaga listrik. Selain mobil-mobil penumpang, kendaraan-kendaraan niaga, baik untuk aplikasi ringan maupun heavy-duty, sudah memanfaatkan energi yang ramah lingkungan ini. Salah satu produsen yang giat mengembangkan truk-truk bertenaga listrik  adalah Volvo Trucks. Pabrikan ini sudah memiliki beberapa lini produk truk bertenaga listrik.  

Salah satu tantangan pengembangan kendaraan-kendaraan listrik adalah memastikan keselamatan para pengguna jalan lain seperti para pejalan kaki dan pengayuh sepeda. Problemnya, engine truk-truk listrik tidak mengeluarkan suara yang menderu-deru seperti kendaraan-kendaraan konvensional. Bahkan unit-unit ini bisa tanpa suara.

Untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya, Volvo Trucks sudah melakukan terobosan dengan mengembangkan sistem peringatan akustik lewat suara-suara unik untuk model-model truknya yang bertenaga listrik. Dikutip dari rilis Volvo Trucks (27/5), alert yang dirancang Volvo ini akan meningkatkan keselamatan dengan membuat para pejalan kaki, para pengendara sepeda, dan pengguna-pengguna jalan lainnya sadar akan truk-truk yang mendekat, yang jika tidak, hampir tidak ada suara. Pada saat yang sama, suara-suara itu dirancang untuk menyenangkan dan tidak mengganggu, baik untuk pengemudi maupun orang-orang lain di dekatnya.

Mulai 1 Juli 2021, semua kendaraan listrik baru di UE akan diminta mengeluarkan tingkat suara tertentu saat melaju dengan kecepatan di bawah 20 kpj. Tingkat suara yang dibutuhkan tergantung pada kecepatan dan semakin tinggi seiring dengan laju kecepatannya. Pada kecepatan maksimum 20 kpj setidaknya harus 56 desibel.

AS memiliki peraturan serupa untuk kendaraan-kendaraan yang melaju dengan kecepatan 30 kpj atau lebih lambat. Jika kendaraan-kendaraan terlalu senyap saat melintas, maka perlu ditambahkan sistem peringatan kendaraan akustik eksternal (acoustic vehicle alerting system – AVAS).

Untuk memenuhi tuntutan-tuntutan baru itu, dan pada saat yang sama mempertahankan manfaat tingkat kebisingan yang lebih rendah yang menyertai kendaraan-kendaraan listrik, Volvo Trucks telah mengembangkan serangkaian suara premium yang unik untuk model-model truk listriknya.

“Kami sangat menyambut baik undang-undang baru ini. Sejak kami masih anak-anak, kami telah belajar untuk tidak hanya mengandalkan apa yang kami lihat, tetapi juga apa yang kami dengar di lalu lintas – terkadang sedemikian rupa sehingga kami bahkan tidak melihat sebelum menyeberang jalan! Dengan sistem peringatan baru kami, kami ingin membantu memastikan bahwa para pejalan kaki dan pengendara-pengendara sepeda memperhatikan ketika mereka berada di dekat truk listrik,” jelas Anna Wrige Berling, Direktur Keamanan Lalu Lintas dan Produk di Volvo Trucks.

Berbagai suara yang dikeluarkan truk-truk listrik itu merupakan hasil penelitian dan pengujian yang cermat yang dilakukan oleh para ahli akustik Volvo Group sendiri.

“Kami sangat bangga telah mengembangkan suara-suara premium yang berkualitas tinggi, yang cukup mencolok untuk memperingatkan orang-orang di dekat truk, namun tetap menyenangkan bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya,” kata Anna Wrige Berling.

Penting untuk dicatat bahwa meski mengeluarkan suara-suara akustik, truk-truk listrik ini masih akan jauh lebih tenang daripada truk-truk konvensional.

“Suara dirancang untuk tidak menembus dinding. Truk-truk listrik kami masih akan memungkinkan untuk melakukan pengiriman pada malam hari yang tenang dan berkontribusi pada kondisi kerja yang lebih baik bagi para pengemudi dan lingkungan yang lebih tenang dan bersih,” promosi Anna Wrige Berling.

Sistem peringatan akustik yang dikembangkan Volvo untuk kendaraan-kendaraan listrik sebenarnya bukan hanya satu tetapi empat suara berbeda, menginformasikan orang-orang di sekitar tentang apa yang sedang dilakukan truk: bergerak maju, berhenti, mundur, dll. Suara-suara truk itu akan bervariasi dalam intensitas, berdasarkan kecepatan truk dan frekuensinya akan akan bergeser selama truk-truk itu memacu kecepatan dan ketika melakukan pengereman (melambat).

Dengan dimulainya penjualan tiga model truk listrik heavy-duty yang baru-baru ini diumumkan – Volvo FH, FM dan FMX – Volvo Trucks kini memiliki line-up enam truk listrik ukuran medium dan heavy-duty  yang mengesankan. Saat ini, produk-produk yang dimiliki Volvo Group merupakan rangkaian truk-truk listrik komersial terlengkap di industri ini.

“Truk-truk listrik akan semakin umum di jalan raya, dan dengan menambahkan sistem suara peringatan akustik pada kendaraan-kendaraan listrik ini, kami bangga dapat menggabungkan perjalanan kami yang mengasyikkan menuju nol emisi dengan ambisi nol kecelakaan yang sudah lama ada,” tutup Anna Wrige Berling. (Sumber: Volvo Trucks)

Related posts