Alat Berat
Business Press Release Top News Truck

Yang pertama di dunia: Volvo CE kirim mesin konstruksi yang dibuat menggunakan baja bebas fosil

Dalam upaya terbaru menuju netralitas karbon, Volvo Construction Equipment (Volvo CE) menjadi produsen pertama yang mengirimkan alat berat  yang dibuat menggunakan baja bebas fosil kepada pelanggan. Hal ini menunjukkan kecepatan inovasi untuk solusi-solusi dunia nyata saat perusahaan-perusahaan di seluruh rantai nilai bersatu untuk mendorong perubahan.

Alat angkut artikulasi A30G yang dibuat menggunakan baja bebas fosil diserahkan oleh presiden Volvo CE, Melker Jernberg, kepada pelanggan lama NCC, 1 Juni 2022, pada upacara yang diselenggarakan oleh LeadIt – Grup Kepemimpinan untuk Transisi Industri – bekerja sama dengan pertemuan lingkungan PBB Stockholm +50. Turut hadir John Kerry, utusan khusus presiden AS untuk iklim dan Annika Strandhäll, menteri Swedia untuk urusan iklim.

Langkah ini dilakukan hanya sembilan bulan setelah perusahaan ini meluncurkan konsep kendaraan pertama di dunia yang menggunakan baja bebas fosil, sebagai bagian dari pengujian implementasi dalam pengaturan produksi biasa.

Meski peluncuran secara komersial diperkirakan akan dilakukan secara bertahap dengan pelanggan-pelanggan terpilih, serah terima pertama yang cepat ini merupakan tonggak penting dalam ambisi Grup ini untuk mendorong transformasi industri menuju tujuan-tujuan iklim global.

Truk artikulasi Volvo A30G dibuat menggunakan baja bebas fosil. Foto: Volvo Trucks

Truk artikulasi A30G diproduksi di fasilitas Braås Volvo CE di Swedia, menggunakan proses manufaktur yang ada, dengan baja bebas fosil dari perusahaan baja Swedia SSAB.

“Kami yakin bahwa untuk berhasil mendekarbonisasi industri konstruksi, para pelaku dalam rantai nilai perlu berkolaborasi dan bertindak,” kata Melker Jernberg.

“Berkat kemitraan-kemitraan kuat kami dengan perusahaan-perusahaan lain yang berpikiran maju, kami sekarang dapat memimpin perubahan menuju konstruksi bebas fosil dan menjadi yang pertama yang mengirimkan mesin yang dibuat menggunakan baja bebas fosil kepada pelanggan. Mengubah komitmen menjadi tindakan adalah kunci untuk membangun dunia yang ingin kita tinggali.”

Sebagai bagian dari komitmen Target Berbasis Ilmu Pengetahuan, Volvo CE akan mencapai emisi gas rumah kaca nol bersih pada tahun 2040. Selain elektrifikasi mesin-mesinnya, pabriakn ini menyadari pentingnya mengurangi jejak karbon di seluruh rantai nilainya. Ini termasuk bahan-bahan baku yang digunakan dalam produknya, di mana baja merupakan komponen utama. Produksi menggunakan baja bebas fosil pada mesin-mesin dan komponen-komponen Volvo CE akan bertahap dan bergantung pada aspek seperti ketersediaan baja. Sumber: Volvo CE

Berita Terkait