25.9 C
Jakarta
Apr 2, 2020.
Aftermarket Top News

Anda mau beli GPS, coba ajukan 9 pertanyaan berikut ini

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak proyek berhenti. Tidak hanya di sektor konstruksi, pekerjaan-pekerjaan tambang  juga  banyak yang berhenti. Ketika para pekerja pulang ke rumah, atau diisolasi supaya terhindar dari serangan virus corona, bagaimana nasib alat-alat berat yang ada di lokasi? Bagaimana cara mengontrol kondisi alat-alat yang ditinggal begitu saja di daerah terpencil?

Solusi  untuk  persoalan tersebut adalah aplikasi teknologi GPS (Global Positioning System). Teknologi ini memberi Anda data yang cepat dan akurat yang memungkinkan Anda selalu mengontrol kondisi alat-alat itu dan dapat membuat keputusan secara real time.

Namun, supaya penggunaan GPS benar-benar bermanfaat bagi bisnis Anda, ada sembilan (9) pertanyaan yang harus diajukan saat Anda membeli dan mengimplementasikan GPS.

  • Apakah ada konfigurasi ulang satelit? Pastikan perangkat GPS Anda memiliki kemampuan untuk memperbarui ke satelit-satelit dan pemrograman. Satelit-satelit baru bertambah setiap tahun, sementara software yang lama dapat mendistorsi sinyal GPS, yang menghasilkan informasi GPS yang kurang akurat.
  • Konstelasi mana yang menggunakan teknologi ini? GPS hanyalah satu set satelit. Istilah GNSS (Global Navigation Satellite System) digunakan untuk menggambarkan semua konstelasi, termasuk GLONASS, Galileo, dan lainnya. Menurut Cook, penerima GNSS yang dapat menggunakan lebih dari satu konstelasi sangat bermanfaat, karena jika beberapa satelit yang terkait dengan satu konstelasi tidak dapat dibaca, biasanya ada yang lain yang dapat digunakan untuk mendapatkan posisi yang lebih akurat.
  • Apakah software itu bisa menggunakan banyak jenis data? Pilih teknologi yang memiliki kemampuan untuk mengimpor dan mengekspor berbagai format, karena perusahaan GPS yang berbeda menjalankan format yang berbeda. Teknologi Anda harus dapat bekerja di antara berbagai format untuk fleksibilitas di lokasi kerja.
  • Seberapa luas jangkauan operasi Anda? Stasiun-stasiun induk GPS memiliki jangkauan yang terbatas, dan akurasinya berkurang seiring dengan semakin jauh jarak ke stasiun induk. Anda mungkin perlu mendapatkan repeater (pengulang) untuk memperkuat sinyal GPS untuk menjangkau semua bagian lokasi kerja.
  • Seberapa baru modelnya? Pastikan Anda membandingkan secara apple to apple. Ada banyak level GPS yang berbeda. Jika Anda memulai dengan GPS yang lebih murah, perangkat itu mungkin tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan lebih banyaki data. Atau, teknologinya lekas kedaluwarsa setelah tiga hingga empat tahun ketika perusahaan GPS tidak lagi mendukung model itu. Ketahui apa yang Anda beli sehingga Anda tidak akan berakhir dengan model yang hanya memiliki masa pakai yang singkat. Lebih baik menghabiskan lebih banyak uang di muka dan membeli model yang lebih baru tetapi masa pakainya 10 hingga 15 tahun plus dukungan purna jual yang bagus. Yang paling ditakutkan tentang GPS adalah teknologi ini berubah dengan cepat, jadi pastikan Anda dapat memperbaruinya.
  • Pelatihan apa yang diperlukan? Para pengguna pertama kali GPS pasti memerlukan pelatihan. Tentukan, pelatihan apa yang Anda perlukan. Kalau Anda sama sekali awam dengan teknologi itu, lebih baik Anda mengikuti semua program yang ditawarkan suplier GPS. Kalau hanya untuk meng-update informasi, pelatihan bisa dilakukan secara  online sehingga lebih menghemat waktu. Opsi lain, Anda bisa meminta teknisi supplier untuk memasang perangkat itu pada unit Anda, dan memastikan cara operasi yang benar. 
  • Siapa yang Anda panggil ketika GPS bermasalah? Sangat baik kalau Anda bermitra dengan penyedia teknologi GPS yang dapat menjalin komunikasi yang baik dengan Anda dan menawarkan dukungan teknis yang baik. Begitu GPS terpasang dan berjalan, penting sekali untuk mendapatkan dukungan teknis yang baik selama Anda menggunakan GPS itu. Bisakah Anda menelepon seseorang melalui telepon ketika ada masalah? Seberapa bagus mereka dalam mengatasi masalah?
  • Bagaimana dengan ketersediaan suku cadang? Pastikan Anda tahu dimana Anda bisa membeli suku cadang pengganti dan berapa lama Anda menunggu kedatangan suku cadang itu setelah dipesan.
  • Apakah teknologi GPS bisa mengirim gambar teknik? Menurut Cook, ini yang paling penting karena memungkinkan Anda melihat gambar-gambar teknik di layar secara real time. Semua merek besar memiliki fitur ini, jadi hanya model lama yang tidak memilikinya. (Sumber: conexpoconagg.com)

52 total views, 1 views today

Related posts