Equipment APP.
Mining Top News

Berkunjung ke Pabrik Alat Tambang LGMG di Jinan

Seiring dengan semakin meningkatnya pangsa pasarnya di Indonesia, LGMG memboyong pelanggan-pelanggannya untuk melihat langsung fasilitas-fasilitas produksinya di kota Jinan, Propinsi Shandong, Cina.

PT LGMG Machinery Indonesia mengajak beberapa pelanggannya untuk mengunjungi pabrik LGMG di Jinan, Provinsi Shandong, Cina (Foto: EI)

Lingong Heavy Machinery Co.,Ltd. atau yang lebih tenar dengan LGMG mengundang beberapa pelanggannya dari Indonesia untuk mengunjungi pabriknya di kota Jinan, Provinsi Shandong, Cina.  Kunjungan ini berlangsung selama enam hari, 9 hingga 14 Juli 2023, yang dilakukan saat hawa panas sedang menerjang daratan Cina, termasuk Kota Jinan yang merupakan markas Lingong Machinery Group, induk dari LGMG. Rombongan kami yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, sesuai persebaran pelanggan-pelanggan LGMG, menempuh perjalanan cukup panjang mulai dari Jakarta, kemudian transit di Guangzhou selama beberapa jam sebelum mendarat jelang tengah malam di Jinan Yaoqiang International Airport.

Hawa panas menyembur sejak pagi pada hari Senin, 10 Juli 2023. Pagi itu kami meluncur dengan bus menuju beberapa pabrik LGMG yang letaknya relatif berdekatan. Kami langsung digiring menuju pabrik MEWP (mobile elevating work platform). Produk-produk aerial work platform sudah mengukir nama besar di pasar global. Saat ini peralatan skses LGMG sudah masuk ke pasar Indonesia. Selain MEWP, pabrik ini juga menjadi lokasi pembuatan mesin-mesin tambang yang terdiri dari loader dan dump truck untuk operasi tambang bawah tanah, dan mesin-mesin drilling rigs (vertikal dan horisontal). Kedua tipe produk yang disebutkan terakhir ini adalah hasil kerja sama LGMG dengan Sandvik Group yang terjalin sejak lama.

Kemudian kami beralih ke pabrik berikutnya yang memproduksi mesin-mesin tambang besar LGMG, yang terdiri dari dump trucks dan excavator. LGMG termasuk produsen alat-alat tambang besar dunia dewasa ini karena produk-produknya sudah tersebar ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Truk-truk tambang LGMG sudah beroperasi di banyak lokasi tambang di Indonesia, terutama di tambang batubara. Ukurannya mulai dari yang medium hingga besar, bahkan sangat besar – truk-truk dengan muatan mulai dari 30 ton hingga 70 ton.. Kedua jenis mesin tambang inilah yang menjadi target utama dari acara kunjungan pabrik kami kali ini.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Motor Grader Baru Cat
Rombongan pelanggan dari Indonesia melihat dari dekat jalur-jalur produksi di dalam pabrik LGMG.
Rombongan pelanggan dari Indonesia melihat dari dekat jalur-jalur produksi di dalam pabrik LGMG.

LGMG memproduksi solusi peralatan tambang yang lengkap untuk dump truck: MT50 dan CMT60A (35 ton), CMT66 dan MT60 (45 ton), MT86H (55 ton), CMT96  dan MT96H (60 ton), MT106 dan CMT106 (70 ton), serta RT90 dan CMT136 (90 ton). Bahkan bukan hanya tipenya yang beragam tetapi juga sumber energinya. Semua model yang disebutkan di atas menggunakan bahan bakar minyak (diesel). Saat ini LGMG sudah mengeluarkan dump truck tambang yang mengkonsumsi energi baru (elektrik), yakni MTE86H (60 ton), CMTE106H (70 ton) dengan sumber energi baterai dan RTH126 (80 ton) untuk jenis hibrid (menggunakan mesin diesel dan motor listrik).

Setelah berhasil mengembangkan dan memasarkan truk-truk tambang, pada tahun 2021, LGMG memproduksi excavator tambang kelas 100 ton ke atas. Pabrik excavator LGMG di Jinan memiliki 11 jalur produksi utama dan 13 stasiun sub-perakitan. Jalur produksi ini bisa mencapai kapasitas produksi 1.000 excavator setahun. Ada dua model excavator tambang LGMG yang tersedia di pasar, termasuk di Indonesia, saat ini yakni ME105 (105 ton) dan ME130 (125 ton).

Model ME105 ditenagai oleh mesin Perkins (model 2806C), sedangkan ME130 digerakkan oleh mesin Cummins (model QSK23-C). Kapasitas bucket masing-masing 6/7 m3 untuk ME105 dan 7,5/8 m3 untuk ME130. Sementara tenaga penggalian maksimal 470 kN untuk ME 105 dan 610 kN untuk ME130. Kecepatan jalan  2,1/3,5 km/jam untuk ME105 dan 2,2/3,3 km/jam untuk ME130.

Dump truck baru LGMG, RT90

Rombongan pelanggan-pelanggan dari Indonesia berpose bersama RT90 di area pabrik LGMG di Jinan, Propinsi Shandong, Cina (Foto: EI)

Menyusul keberhasilannya memasarkan truk-truk dengan muatan mulai dari 35 ton hingga 70 ton, yang sebagian besar bekerja di sektor tambang batubara, LGMG memperkenalkan dump truck baru, RT90. LGMG mengklaim produk ini menawarkan kapasitas angkut yang besar tetapi dengan biaya operasi yang lebih rendah dibandingkan truk-truk kelas serupa dari merek-merek lain. Khabar baiknya adalah, RT90 sudah diproduksi secara massal dan siap dipesan oleh pelanggan-pelanggan dari Indonesia.

Baca Juga :  Mengenal lebih dekat produk-produk Generator JCB

LGMG menyebut RT90 sebagai truk yang sangat cocok dengan medan di Indonesia karena didesain berdasarkan masukan-masukan dari para pelanggan dan sudah melewati proses uji kualitas yang ketat. “Pekerjaan yang berkualitas dimulai dengan desain dan rekayasa di pabrik. Kami memberikan umpan balik dan bekerja sama dengan tim desain serta teknik untuk memasukkan situasi-situasi aplikasi kerja yang spesifik Indonesia ke dalam spesifikasi-spesifikasi truk. Produksi truk akan mematuhi proses kualitas yang paling ketat. Setelah truk diproduksi, alat itu akan melewati uji kualitas yang ketat sebelum dikirim keluar. Setibanya di Indonesia, akan ada serangkaian pemeriksaan kualitas lainnya,” kata Clarence Lim GS, Direktor PT LGMG Machinery Indonesia yang memimpin rombongan pelanggan dari Indonesia.

Menurut Sales Manager PT LGMG Machinery Indonesia, Doddy Sitompul, dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang terdahulu seperti MT86H dan CMT 96, RT90 memiliki banyak kelebihan mulai dari kapasitas angkut yang lebih besar, tenaga yang lebih kuat hingga spesifikasi yang lebih bagus. “RT90 hadir untuk mendukung pelanggan dengan kpasitas produksi yang lebih besar. “ujarnya seraya menambahkan bahwa RT90 memiliki daya angkut yang sama dengan truk-truk dari brand-brand lain seperti HD785 (Komatsu), CAT 777 (Caterpillar), dan R100 (Volvo CE).

Saat ini stok RT90 sudah tersedia di Indonesia, silahkan menghubungi PT LGMG Machinery Indonesia untuk penjelasan lebih lanjut, penawaran harga maupun test drive. EI

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy