31.1 C
Jakarta
29 Nov, 2021.

Engine Hidrogen JCB Raih Penghargaan Engineering Otomotif Inggris

Inovasi JCB dalam mengembangkan engine bertenaga hidrogen sudah mulai menuai pengakuan. Mesin hidrogen super-efisien pabrikan itu telah memenangkan salah satu penghargaan tertua dan paling prestisius di bidang teknik mesin otomotif Inggris.

Chairman JCB, Anthony Bamford saat menerima penghargaan. Foto: JCB

Dalam suatu upacara di London baru-baru ini, Chairman JCB Lord Anthony Bamford dianugerahi Dewar Trophy dari Royal Automobile Club atas inovasi JCB dalam mengembangkan motor berbahan bakar hidrogen. Ini untuk ketiga kalinya inovasi JCB mendapat penghargaan Dewar Trophy.

“JCB telah menjadi pionir dalam pengembangan powertrain sejak mulai membangun engine-nya sendiri pada tahun 2004. Etos tersebut berlanjut dengan mesin-mesin berbahan bakar hidrogen terbaru, yang merupakan suatu kombinasi yang menginspirasi keahlian saat ini dan teknologi generasi masa depan,” komentar John Wood MBE, Ketua Komite Teknis Dewar.

Loader JCB bertenaga hidrogen. (Foto: JCB

“Kami sangat bangga bahwa Royal Automobile Club telah memilih untuk mempersembahkan Dewar Trophy kepada JCB untuk ketiga kalinya. Mesin berbahan bakar hidrogen kami yang baru dapat diproduksi dengan relatif cepat dan ini merupakan langkah penting menuju masa depan tanpa karbon, dan bukti kemampuan luar biasa dari para insinyur kami di Inggris.”

Motor berbahan bakar hidrogen yang nol CO² buatan JCB ini dirancang setelah mendapat tantangan dari para insinyur pabrikan itu. Motor yang dirancang baru ini memanfaatkan keahlian dan infrastruktur rantai pasokan yang sudah dimiliki JCB.

JCB menginvestasikan £100 juta dalam proyek tersebut dan memiliki dua prototipe mesin berbahan bakar hidrogen yang sedang diuji: sebuah backhoe loader dan sebuah telescopic handler Loadall.

Diberikan kepada Club itu pada tahun 1904 oleh Sir Thomas Dewar MP, dan sejak tahun 1957, Dewar Trophy telah diberikan sebagai pengakuan atas ‘prestasi yang luar biasa di bidang teknis di Inggris’.

Pada tahun 2019 JCB mendapat pengakuan atas peluncuran mini excavator  elektrik 19C-1E. Pada tahun 2007, JCB memenangkan Dewar Trophy setelah tim JCB Dieselmax mencatat Rekor Kecepatan Darat 350,092 mph di Bonneville Salt Flats, AS. (Sumber: JCB Press Office)

Related posts