Equipment APP.
Business Mining Top News Truck

Hardox 500 Tuf, Baja Tahan Abrasi Generasi Terbaru

SSAB, produsen special steel terbaik di dunia, memperkenalkan baja tahan abrasi terbaru yang sangat cocok untuk industri pertambangan, karoseri, quarry serta Pulp & Paper di Indonesia.

Yoanita Dirnanto, Regional Sales Manager PT. SSAB Swedish Steel Indonesia saat berbincang-bincang dengan Majalah Equipment Indonesia di kantornya, Senin (3/6/2024). Kredit foto: EI

Pertumbuhan industri pertambangan di Indonesia harus ditopang oleh investasi peralatan berat yang produktif, efisien, dan memiliki durabilitas tinggi agar mampu memenuhi target produksi yang tinggi. Ada banyak faktor yang memengaruhi produkvitas dan daya tahan mesin-mesin tambang. Salah satunya adalah material baja yang digunakan baik untuk pembuatan dump body maupun berbagai attachment peralatan berat. Pemakaian plat baja yang tebal dan berat serta tidak tahan abrasi justru kontra produktif untuk operasi barang-barang modal tersebut. Sebaliknya, penggunaan plat baja yang tipis, ringan, dan tahan abrasi menjamin operasi mesin-mesin tambang, karoseri, dan alat berat memiliki produktivitas yang tinggi, tahan lama, dan biaya operasional yang lebih efisien.  

Untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasi alat berat di Tanah Air, pabrikan baja asal Swedia, SSAB, memperkenalkan Hardox 500 Tuf sebagai baja tahan abrasi dan benturan (impact) terbaik di dunia. “Kekerasan yang ditawarkan Hardox 500 Tuf sesuai dengan namanya, yakni 500 brinnel (HBW). Abrasi atau gesekan terjadi hampir di semua segmen dan industri. Hardox 500 Tuf sangat cocok untuk industri-industri yang mengalami berbagai tantangan abrasi seperti di industri pertambangan, karoseri, quarry serta Pulp & Paper. Material-material yang keras cocok berhadapan dengan baja yang keras. Semakin tinggi kekerasan, plat baja akan semakin tahan abrasi. Baja yang tahan abrasi memberikan life time yang lebih lama,” kata Yoanita Dirnanto, Regional Sales Manager PT. SSAB Swedish Steel Indonesia dalam perbincangan dengan Majalah Equipment Indonesia di kantor perwakilan SSAB di Indonesia baru-baru ini.

Yoanita memastikan terdapat  banyak industri yang memerlukan baja tahan abrasi seperti industri pertambangan, karoseri, quarry, pulp & paper, kelapa sawit, dan lain-lain. Alat-alat berat, dump body, attachment, & mesin-mesin yang bekerja di industri-industri tersebut akan berbenturan secara langsung dengan material-material keras. Biaya operasional untuk repair, maintenance, dan pembelian baja yang baru akan sangat mahal jika grade baja yang digunakan pada mesin-mesin, dump body, dan attachment di industri-industri tersebut tidak tahan abrasi.

Baca Juga :  Liebherr R 9800 - "The Giant Digger" Beraksi di Lokasi Tambang Batu Hijau

Grade baja Hardox 500 Tuf sangat cocok untuk pembuatan dump body atau attachment yang mengalami abrasi dan gesekan. Mesin-mesin yang menggunakan baja Hardox 500 Tuf akan sangat tahan abrasi dan benturan sekaligus,” ujar Yoanita.

Dia menyebut beberapa contoh alat berat yang sangat cocok menggunakan Hardox 500 Tuf, di antaranya, chute, hopper, liner, dump truck, shovel, bulldozer, excavator, loader, feeder, screener, jaw crusher, conveyor, hammer crusher, tipper/dump body dan sebagainya. “Bucket dan berbagai attachment bisa terkikis karena abrasi dan benturan (tumbukan). Hardox 500 Tuf memungkinkan customer untuk mengoptimalkan produktivitas dan masa pakai,” ujarnya.

Contoh lainnya adalah tipper body atau dump body yang bobotnya bisa dioptimalkan tanpa plat-plat stiffener (penguat) di bagian side wall dan floor. Dengan memanfaatkan Hardox 500 Tuf, maka kapasitas muat, masa pakai dan efisiensi bahan bakar dapat ditingkatkan untuk setiap ton material yang dimuat.

“SSAB yakin Hardox 500 Tuf paling sesuai dengan kondisi menantang di industri-industri tambang, karoseri, quarry serta Pulp & Paper di Indonesia karena karena rentan mengalami gesekan dan benturan dengan level yang ekstrem. Hardox 500 Tuf didesain untuk tahan abrasi dan benturan sekaligus sehingga menjadi primadona untuk industri-industri tersebut,” imbuhnya.

SSAB mengeluarkan beberapa brand baja. Hardox 500 Tuf hanya salah satu di antaranya. Masing-masing brand memiliki grade yang berbeda sesuai dengan aplikasinya. Hardox pun memiliki beberapa grade. Tetapi baja Hardox yang memiliki high value atau paling cocok untuk pasar Indonesia adalah Hardox 500 Tuf.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Baja Hardox 500 Tuf, silahkan mengunjungi website www.ssab.com atau menghubungi M +62 817 0303 4545

Keunggulan Hardox 500 Tuf

Contoh baja Hardox 500 Tuf (Foto: EI)

Menjelaskan keunggulan-keunggulan Hardox 500 Tuf, Yoanita menegaskan yang paling utama adalah tingkat kekerasannya yang lebih tinggi, yaitu 500 brinell (HBW). “Tingkat kekerasan baja dari produsen-produsen lain seperti dari Jepang atau China masih di kisaran 400-450 brinell (HBW),” ujarnya.

Untuk memastikan mutu Hardox 500 Tuf, SSAB memberikan garansi kekerasan (hardness) pada material baja ini. “SSAB menjamin kekerasan bajanya mulai dari bagian permukaan (surface) hingga bagian tengah dari plat (core), nilainya kami jamin 90 persen sama. Dari surface hingga ke bagian bawah (bottom), level kekerasannya akan sama sehingga memungkinkan para pengguna mendapatkan lifetime yang lebih tinggi pada peralatan atau mesin-mesin mereka,” tambah Yoanita. 

Baca Juga :  EPN Bangun PLTS Off-Grid di PAMA MTBU Sumatera Selatan

Menurut Yoanita, banyak customer SSAB yang sudah mencoba produk-produk baja tahan abrasi dari merek-merek lain, tetapi akhirnya kembali lagi ke Hardox 500 Tuf karena mereka tahu SSAB menggaransi kekerasan, thickness, flatness, length, widht, & bendability bajanya.

Selain kekerasan, SSAB juga menggaransi dimensi bajanya mulai dari ketebalan, lebar hingga panjang. “Saat membeli baja Hardox, para pelanggan tidak akan merasa bahwa mereka membeli plat ‘banci’ karena ukuran plat baja Hardox benar-benar akurat. Ukuran yang akurat sangat dibutuhkan oleh aplikator atau end user saat mereka menggunakannya. Jika ukuran baja Hardox yang Anda beli dari SSAB tidak sesuai dengan pesanan, Anda berhak dan diperbolehkan mengajukan klaim ke SSAB.”

Kelebihan lain Hardox 500 Tuf adalah fleksibilitasnya yang tinggi yang memungkinkan material ini dapat dibentuk atau dibengkokkan sesuai keinginan customer. Menurut Yoanita, SSAB selalu menjelaskan hal-hal teknis mengenai produk-produk bajanya kepada para pelanggan agar mereka dapat memproses dan memanfaatkannya seoptimal mungkin sesuai kebutuhan mereka.

Karena kekerasan dan sifatnya yang tahan abrasi dan benturan (impact) sekaligus, masa pakai Hardox 500 Tuf dijamin lebih lama dari baja-baja buatan produsen-produsen lain. Namun, dia mengingatkan, ada banyak faktor yang memengaruhi life time produk secara keseluruhan. Dia mencontohkan pembuatan dump body yang sebelumnya menggunakan baja dari brand lain dengan ketebalan 10 mm, kemudian diturunkan menjadi 6 mm ketika menggunakan Hardox 500 Tuf, sehingga bobotnya semakin ringan, kapasitas muatnya lebih besar, dan penggunaan bahan bakarnya semakin irit dan efisien.

“Ketika ketebalan baja diturunkan, maka bobot kendaraan menjadi lebih ringan, kapasitas muatnya lebih besar, dan bahan bakarnya semakin efisien. Perubahan itu juga berdampak pada kondisi kaki-kaki, ban-ban dan mesin itu sendiri secara keseluruhan menjadi lebih durable,” ujarnya.

Yoanita memastikan setiap produk Hardox 500 Tuf yang dikirim ke lokasi-lokasi para pelanggan sudah melewati proses quality control yang ketat sehingga tidak akan ada baja dengan kualitas yang mengecewakan dari SSAB. “Baja-baja SSAB tidak hanya sangat keras dan tahan benturan tetapi juga sangat clean (clean steel) sehingga saat hendak didaurulang, nilainya masih tinggi. Bahkan karena kualitasnya yang terbukti bagus, kebanyakan klien kami menggunakan Hardox 500 hingga life time-nya meningkat hingga benar-benar maksimal. Dengan know-how yang kami miliki tentang bagaimana SSAB memproduksi baja Hardox 500 Tuf, kami berani memberikan garansi bahwa baja Hardox benar-benar kuat,” terangnya.

Baca Juga :  SDLG L956F Jadi Ujung Tombak Produksi Perusahaan Pakan Ternak di Jawa Timur
Contoh baja Hardox 500 Tuf (Foto: EI)

Yoanita menambahkan, tim ahli dari SSAB akan mendampingi para customer selama menggunakan produk Hardox 500 Tuf dalam bisnis mereka. “Mungkin ada pelanggan yang hendak menurunkan bobot karoseri truknya dari 10 ton menjadi 8 ton agar kapasitas muatnya lebih banyak dan pemakaian bahan bakar pada saat tidak bermuatan menjadi lebih efisien. Tim technical atau specialist yang datang langsung dari Swedia akan langsung membantu pelanggan membuat karoseri yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.”

Tim technical atau specialist SSAB juga bersedia memberikan review mengenai aplikasi baja Hardox 500 Tuf kepada para customer. Yoanita mencontohkan perusahaan karoseri yang membuat bodi dump truck dengan  menggunakan Hardox 500 Tuf. Tim technical dan specialist SSAB bisa menyarankan bagian-bagian mana saja dari bak truk tersebut yang bisa menggunakan baja yang lebih tipis. SSAB akan melakukan technical review dari desain-desain baru yang dibuat pelanggan. “Dengan cara kerja seperti ini SSAB hendak menunjukkan bahwa kami tidak hanya menjual produk baja tetapi berpartner dengan customer dan end user untuk mengoptimalkan pemanfaatan Hardox 500 Tuf. Itu salah satu added value yang disediakan SSAB,” jelasnya.

Produk-produk yang bermutu tinggi dan laris di pasaran rentan sekali untuk ditiru atau dipalsukan. Baja Hardox 500 Tuf menghadapi problem serupa. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi di berbagai belahan dunia. “Hardox 500 Tuf merupakan pionir baja anti abrasi di dunia, yang sudah diproduksi lebih dari 50 tahun. Sayangnya, saat ini banyak beredar baja serupa dengan kualitas sangat berbeda. Jika Anda membutuhkan baja yang benar-benar keras dan anti abrasi, silahkan datang langsung ke SSAB atau menghubungi alamat SSAB di bawah ini,” pungkas Yoanita. EI

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Baja Hardox 500 Tuf, silahkan mengunjungi website www.ssab.com atau menghubungi M +62 817 0303 4545

Berita Terkait

Our website uses cookies to improve your experience. Don't worry you are in safe browsing with us. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy