30.2 C
Jakarta
Okt 23, 2020.
Aftermarket Top News

HiMATE – HYUNDAI Remote Management System

Hyundai R850LC-9 dengan Teknology HiMATE sedang beroperasi di salah satu lokasi tambang batu bara di Kalimantan (Foto: HCEA)

HiMATE Remote Management System adalah teknologi sistem manajemen jarak jauh yang telah diperkenalkan dan dikembangan oleh Hyundai Construction Equipment sejak tahun 2002, dan terus menerus dilakukan improvement sesuai dengan kemajuan teknologi IT serta disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Aplikasi teknologi HiMATE ini memungkinkan customer untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai kondisi alat-alat berat yang digunakan dari jarak jauh secara online melalui akses website di komputer desktop maupun melalui aplikasi HP Android atau Gadget lainnya.

Nyaman, mudah, dan sangat bermanfaat, HiMATE Remote Management System yang baru, dikembangkan oleh Hyundai dengan memanfaatkan teknologi Satellite serta GSM Mobile untuk menyediakan layanan terbaik bagi para pelanggan dengan tingkat layanan tertinggi dan ketersedian product support yang sangat baik.

“HiMATE menyediakan banyak sekali fitur yang sangat bermanfaat dan memungkinkan para pengguna untuk mengevaluasi kinerja mesin dari jarak jauh, mengakses informasi, melakukan diagnosis dan analisa data, mengontrol serta memantau lokasi mesin dengan satu sentuhan tombol pada perangkat hand phone, laptop, atau pun gadget lainnya dengan mudah,” kata Yonathan Karyanto, Regional Sales Manager PT Hyundai Construction Equipment Asia.

Teknologi HiMATE sudah merupakan kelengkapan standar Alat Berat Hyundai mulai dari Hyundai Excavator kelas 10 ton hingga125 ton ( R140, R140, HX210, R330, R480, R850, dan R1250 ) juga Hyundai Wheel Loader dan Hyundai Forklift.

Yonathan menyebut dua sistem teknologi HiMATE – HYUNDAI Remote Management System, yaitu sistem Satellite – GPS dan sistem GSM Mobile – GPS.

Keuntungan menggunakan Hi MATE

Yonathan menyebut tujuh (7) manfaat utama HiMATE bagi para pengguna Alat Berat Hyundai.

Operation History – Melalui fitur ini customer dapat memperoleh informasi operasi alat berat Hyundai secara terperinci, baik laporan harian, mingguan, maupun bulanan, seperti data jam putaran mesin RPM, jam kerja, track record perjalanan, konsumsi bahan bakar, sisa bahan bakar, Key On – Key Off, dan sebagainya. Dengan HiMATE akan lebih mempermudah pelanggan untuk melihat ringkasan laporan dari satu unit maupun beberapa unit sekaligus, sehingga mereka dapat mengetahui seberapa produktif alat bekerja.

Fleet Report – HiMATE dapat memberikan laporan armada bulanan dari alat berat Hyundai, seperti konsumsi bahan bakar dan kondisi kerja peralatan, apakah peralatan itu bekerja secara efektif dan produktif, atau lebih banyak travelling atau hanya idle saja, atau mungkin hanya stand by saja. Selain itu, HiMATE dapat memberikan laporan mengenai kondisi ECO Operation pada alat berat Hyundai, yang dapat disesuaikan dengan kondisi kerja alat berat, apakah itu kerja berat, sedang, atau ringan, sehingga dapat memandu operator atau site manager untuk menghemat biaya produksi dan tetap ramah lingkungan.

Fuel Management

Sistem Teknologi HiMATE – HYUNDAI Remote Management System, yaitu sistem Satellite – GPS dan sistem GSM Mobile – GPS (Gambar ilustrasi )

Konsumsi bahan bakar sangatlah penting untuk dimonitor. Dalam hal ini HiMATE memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memantau pemakaian bahan bakar, baik itu rata-rata pemakaian per jam, per minggu, maupun per bulan, serta dapat memberikan informasi berapa sisa bahan bakar di dalam Fuel Tank, sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengetahui kapan mereka harus mengirimkan dan mengisi bahan bakar. Hal itu memudahkan mereka menghitung budget serta melakukan analisa biaya produksi mesin.

Maintenance Schedule & Service Status

Hyundai sangat concern terhadap product support dan pemeliharaan alat berat. Melalui HiMATE customer dapat mengetahui secara tepat jadwal Periodical Service atau perawatan berkala, seperti penggantian oli, baik di Engine, Hydraulic System, Swing Machinery dan Final Drive pada alat berat Hyundai Excavator, juga penggantian oli pada Transmission System dan Differential Axle pada alat berat Hyundai wheel Loader, Penggantian Air filter udara, Engine Oil, Hydraulic Oil, Water separator, Corrosion Resistor, dan lain-lain.

Dengan HiMATE para pelanggan dapat dengan mudah memonitor jadwal Periodical Service, melakukan Preventive Maintenance dan memonitor status pekerjaan perawatan berkala alat tersebut apakah sudah benar, tepat waktu, atau mungkin terlalu cepat atau bahkan mungkin terlambat service, sehingga dapat memudahkan mereka untuk melakukan analysis dan trouble shooting apabila terjadi masalah.

Notification Feature, Alarm Information & Machine Fault History

HiMATE menyediakan 4 jenis alarm (Fault, Boundary, Maintenance, Service Termination) dan pemberitahuan/notifikasi bisa dikirim melalui E-mail dan juga SMS. HiMATE dapat mengatur metoda pemberitahuan alarm tersebut, dan para customer dapat menerima informasi tadi melalui HP atau gadget tanpa harus membuka laptop/komputer.

Contohnya, apabila terjadi masalah pada saat alat beroperasi, maka secara otomatis HiMATE akan memberikan alarm peringatan, seperti Engine Overheat, Filter Clogging, System Error Code, Fuel Problem, Engine, Transmission & Hydraulic Oil Pressure, Engine, Transmission & Hydraulic Oil temperature, Coolant temperature dan sebagainya. Dengan demikian pelanggan dapat segera melakukan langkah Preventive untuk mengatasi masalah alat berat Hyundai tersebut. Selain itu, kita dapat dengan mudah memeriksa kembali informasi terperinci mengenai riwayat permasalahan pada alat berat itu, sehingga memudahkan tim teknis dalam melakukan trouble shooting.

Hyundai Fleet Monitoring & Machine Location

Laporan armada

Dengan teknologi GPS (Global Positioning System), HiMATE dapat memberikan informasi secara akurat mengenai lokasi Alat Berat Hyundai, baik satu unit atau beberapa unit sekaligus pada peta digital HiMATE. Data Lokasi ini dapat ditampilkan berupa peta digital, citra satelit, atau pun berupa koordinat GPS, termasuk garis lintang, garis bujur, kota, negara dan wilayah. Jika alat berat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain, kita dapat dengan mudah melacak lokasi alat berat Hyundai dimanapun dan kapanpun dengan mengklik menu Machine Travel pada HiMATE.

Geo-fencing & Theft Prevention

Melalui fitur keamanan ini HiMATE menawarkan manfaat yang sangat besar bagi perusahaan rental alat berat. Dengan mengaktifkan lokasi Geo-fencing, pengguna dapat mengetahui posisi serta dapat memprogram batasan area geometri secara virtual untuk mencegah alat berat Hyundai meninggalkan area geografis tertentu. Setelah Geo-fencing diatur, lingkaran akan terlihat di sekitar ikon alat berat Hyundai pada peta, jika mesin dipindahkan di luar batas Geo-fencing, maka alarm  akan dipicu dan peringatan akan disampaikan HiMATE kepada kita. Seluruh Fitur keamanan ini akan melindungi Alat Berat Hyundai dari pencurian ataupun penggunaan yang tidak sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Dengan semua fitur tersebut, Yonathan menyimpulkan, Hi-MATE sangat membantu para pemilik alat berat Hyundai untuk memonitor  seluruh armada alat berat mereka sepanjang waktu, kapan pun dan dimanapun mereka berada, dengan cukup mengklik ponsel atau laptop kita. Penggunaan yang sangat nyaman dan mudah, untuk memantau Alat Berat Hyundai cukup masuk ke situs web HiMATE atau aplikasi seluler di Android.

HiMATE memberikan informasi detail dan comprehensive mengenai Alat Berat Hyundai serta sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan dan meningkatkan efisiensi kerja mesin yang digunakan.

Untuk pasar di Indonesia, Hyundai Construction Equipment Asia (HCEA) memberikan layanan HiMATE Mobile System secara gratis selama 5 tahun, dan setelah masa 5 tahun selesai para pemilik alat dapat terus berlangganan dengan cara melakukan register berlangganan dengan beberapa paket tertentu untuk periode waktu sesuai dengan kebutuhan masing-masing. HiMATE adalah salah satu keunggulan alat berat Hyundai yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan bisnis di era teknologi digital khususnya pada masa revolusi industri 4.0 sekarang ini. @

351 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Related posts