33.4 C
Jakarta
16 Jan, 2021.

Industri Mesin Pertanian Italia Mulai Pulih

FederUnacoma melaporkan kenaikan double-digit untuk penjualan mesin-mesin traktor, tercatat naik 20,7% pada September 2020.

Ilustrasi traktor buatan Italia (Foto: FederUnacoma)

Untuk pertama kalinya sejak awal tahun, pasar mesin-mesin pertanian pada September menunjukkan tanda-tanda positif di Italia. Data tersebut disiapkan oleh FederUnacoma, asosiasi produsen-produsen alat-alat pertanian Italia, berdasarkan jumlah mesin yang tercatat pada Kementerian Transportasi, yang menunjukkan peningkatan penjualan untuk semua jenis mesin utama selama bulan tersebut.

Melansir rilis FederUnacoma (26/10), segmen traktor berkinerja sangat baik, mencatat peningkatan yang mengesankan sebesar 20,7% dibandingkan September 2019, dengan peningkatan 260 unit (1.512 mesin terdaftar dibandingkan 1.252 tahun sebelumnya). Meskipun terjadi lonjakan pada bulan September, secara keseluruhan untuk 9 bulan pertama tahun ini masih tergolong merah untuk traktor (-11,8% pada 2019), sekalipun defisitnya lebih rendah dibandingkan dengan 6 bulan pertama, tercatat turun 18% karena penghentian bisnis yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Menurut perkiraan FederUnacoma, kuartal terakhir tahun ini dapat mengkonfirmasi peningkatan, dengan pemulihan lebih lanjut dalam volume penjualan. CEMA, asosiasi produsen-produsen mesin pertanian Eropa, memperkirakan konsolidasi tren ini. Survei iklim baru-baru ini memasukkan Italia di antara negara-negara Eropa dengan peluang terbesar untuk pemulihan di sektor mesin pertanian. Sampai saat ini, perkiraan dari FederUnacoma menunjukkan penurunan (penjualan) traktor sekitar 9% pada akhir tahun.

Meski catatan penjualan mesin-mesin pemanen (combine harvester) pada dasarnya memegang level yang sama pada September 2019 dengan 33 mesin (angka penjualan 9 bulan mencatat penurunan 12,8%), mesin-mesin trailer mencatat peningkatan di 3,9% pada bulan tersebut, dengan 834 mesin tercatat. Masih terkait dengan trailer, angka penjualan selama 9 bulan pertama tahun ini (-17% dibandingkan 2019) menunjukkan tren yang sama yang diamati untuk traktor: suatu kemunduran yang kuat dalam 6 bulan pertama (-22,6% dibandingkan 2019), diikuti dengan pengurangan penurunan dalam 3 bulan berikutnya, dengan pemulihan poin persentase 5.

Pemulihan juga memengaruhi penjualan traktor-traktor yang sudah dilengkapi dengan platform pemuatan (loading platform): 56 mesin terdaftar pada  September (mencapai 40 unit pada periode yang sama tahun 2019), sehingga total 9 bulan menjadi 418 mesin, dengan defisit hanya sembilan unit dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

Kenaikan pada September ini pada dasarnya mengkompensasi penurunan pada awal tahun yang disebabkan oleh lockdown. Tren penjualan mesin-mesin telescopic handler sangat mirip, dengan 88 mesin terdaftar pada September (65 pada periode yang sama tahun 2019), mencapai total 648 unit sejak awal tahun (-4,8% dibandingkan 2019). Dalam kasus ini juga, tren menunjukkan pemulihan sebagian dari penjualan yang hilang selama minggu-minggu saat produksi dan kegiatan-kegiatan bisnis ditangguhkan karena pandemi.

Related posts