Alat Berat
Top News Press Release Technology

Komatsu Kembangkan Teknologi untuk Konstruksi di Luar Angkasa

Komatsu telah mengajukan permohonan proposal mengenai Proyek untuk Mempromosikan Pengembangan Teknologi Inovatif untuk Konstruksi Otonom Luar Angkasa (dikelola oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, mengutip laporan Heavy Equipment Guide, Senin (6/12).

Melalui kolaborasi ini, Komatsu akan menyumbangkan pekerjaannya untuk konstruksi dan penelitian lanjutan yang akan difokuskan pada pengembangan teknologi konstruksi untuk misi luar angkasa, seperti di Bulan. Dalam rangka kerja sama tersebut, Komatsu mengusulkan pengembangan teknologi kembar digital (digital twin technology) untuk peralatan konstruksi di bulan.

Melalui program tiga tahun, Komatsu akan bekerja untuk mencapai tempat kerja yang aman, sangat produktif, cerdas, dan bersih dengan memajukan otomatisasi dan produk-produk  otonomi mesin untuk mengoptimalkan operasi-operasi konstruksi. Teknologi kembar digital bermanfaat untuk operasi-operasi di lingkungan luar angkasa – rumit untuk mendekati objek-objek yang sebenarnya di permukaan Bulan, sehingga sangat penting untuk menciptakan kembali kondisi-kondisi lokasi dan mesin-mesin secara tepat.

Komatsu bermaksud melakukan studi kelayakan untuk menguji kemungkinan mengembangkan teknologi kembar digital presisi tinggi, teknologi dasar peralatan konstruksi di bulan. Secara khusus, Komatsu akan membuat dan mengoperasikan hydraulic excavator di dunia maya dan membandingkan pergerakannya dengan peralatan nyata di Bumi untuk menguji presisi simulator.

Komatsu juga akan mengatur kondisi permukaan Bulan secara digital, dan memeriksa pergerakan excavator pada simulator untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi peralatan di bulan.

Berita Terkait